Strategi Jitu Menanggapi Pelanggan dengan Ramah dan Cepat

Updated July 3, 2022 • Created 3 bulan yang lalu
Strategi Jitu Menanggapi Pelanggan dengan Ramah dan Cepat

Dalam bisnis online, Anda pasti akan bersinggungan dengan berbagai pertanyaan, komentar, hingga keluhan dari pelanggan. Hal ini umum terjadi, sehingga harus sesegera mungkin menanggapinya.

Keluhan hingga komentar negatif sekalipun, justru bisa menjadi evaluasi yang berharga untuk kemajuan bisnis sehingga Anda perlu menyikapinya dengan ramah. 

Lalu, bagaimana strategi yang tepat? Simak uraiannya berikut ini!

1. Menyapa pelanggan dengan ramah

Saat melakukan interaksi dengan pelanggan, baik melalui pesan maupun via telepon, pastikan untuk memberikan sapaan awal dengan sikap ramah. 

Berikan kesan pertama yang menyenangkan agar pelanggan merasa nyaman saat berinteraksi.  

Sebagai pembuka, ucapkan salam sapaan dan berikan pertanyaan tentang hal apa yang bisa Anda bantu.

2. Selalu responsif

Mendapatkan layanan dan respon yang cepat adalah keinginan setiap pelanggan. Untuk itu, sebisa mungkin Anda harus selalu responsif saat memberikan pelayanan dan informasi mengenai produk.

Hal ini akan menambah rasa kepercayaan konsumen terhadap bisnis yang Anda jalankan. Jika merasa terlalu kewalahan untuk mengurus segala kebutuhan bisnis, jangan ragu untuk mencari beberapa karyawan yang mampu membantu melayani pesanan hingga menjawab berbagai pertanyaan.

3. Memberikan jawaban dengan jelas

Setiap pelanggan tentunya memiliki pertanyaan yang berbeda-beda terkait dengan produk.

Jadi, pastikan Anda mampu menjawab setiap pertanyaan yang diajukan.  Berikan jawaban yang singkat dan jelas agar mudah dipahami para pelanggan.

Salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah dengan membuat kolom FAQ (Frequently Asked Questions) di situs bisnis.

Melalui kolom FAQ, Anda bisa menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan berikut jawabannya. Hal ini akan bisa membantu menjawab pertanyaan dengan lebih cepat dan jelas.

4. Membantu pelanggan memecahkan masalah

Sebagai pebisnis online, Anda perlu memiliki sikap aktif mendengarkan pelanggan, baik itu komentar, pertanyaan, maupun keluhan yang diajukan. Pastikan Anda tidak mudah marah saat menghadapinya.

Jika terjadi kendala yang dialami oleh pelanggan, bantu dengan memberikan solusi yang tepat untuk setiap keluhan.  Jawaban Anda nantinya akan berpengaruh terhadap keputusan pelanggan.

Setelah berhasil menyelesaikan berbagai pertanyaan maupun keluhan yang diajukan, tetaplah aktif dalam memberikan arahan untuk melakukan pemesanan, transaksi, atau informasi lainnya sesuai kebutuhan.

5. Memberikan bonus untuk pelanggan tertentu

Jika Anda memiliki pelanggan yang selalu aktif melakukan pembelian dan menjadi langganan, maka Anda bisa memberikan bonus tertentu untuk mereka.

Bonus tersebut bisa berupa layanan gratis ongkir, diskon, atau lainnya sebagai  ucapan terima kasih karena telah setia berbelanja di toko Anda.

6. Menerima kritik dan saran

Untuk kemajuan bisnis, Anda harus siap menerima segala kritik dan saran dari para pelanggan. Hal ini dapat dijadikan bahan evaluasi dalam menjawab segala kebutuhan target market dan membantu bisnis agar semakin berkembang.

7. Menutup interaksi layanan dengan ramah dan sopan

Tak hanya memberikan sapaan awal yang sopan, Anda juga perlu menutup setiap interaksi layanan dengan ramah dan sopan. Hal ini juga bisa memberikan kesan yang baik.

Tidak perlu segan meminta maaf atau berterima kasih jika pelanggan memberikan kritik atau saran. Hal ini diperlukan demi kemajuan bisnis Anda.

Strategi jitu menanggapi pelanggan dengan ramah dan cepat di atas perlu menjadi acuan dan pengingat bagi Anda agar tetap mengutamakan pelayanan prima.

Untuk menambah kepuasan pelanggan,  Anda juga bisa memberikan layanan pengiriman yang cepat dan terjangkau, bahkan memudahkan karena dilengkapi dengan sistem COD, yaitu sistem pembayaran yang dilakukan ketika barang sudah sampai.

Melalui aplikasi KiriminAja, Anda sebagai pelaku bisnis bisa mendapatkan benefit berupa pembayaran COD yang cair dalam waktu 15 menit hingga maksimal 24 jam saja.

Selain itu, dengan aplikasi KiriminAja pelanggan juga bisa menikmati berbagai kemudahan untuk mendapatkan ekspedisi yang sesuai dengan kebutuhan.

Tunggu apa lagi? Download Aplikasi KiriminAja.

Untuk pengguna Android anda bisa klik link disamping untuk install via Plystore.

Sedangkan untuk pengguna Iphone anda bisa klik link disamping untuk install via Appstore.

Related posts:
  1. Cara Mencari Distributor Skincare Terpercaya
  2. Menyiapkan Modal untuk Bisnis Skincare
  3. Keuntungan dan Tantangan Bisnis Menjadi Reseller Skincare
  4. Ini 5 Aktivitas Marketing Agar Customer Berpotensi Mau Beli
  5. 4 Langkah Dasar Sebelum Produk Diluncurkan di Market
Dwika
Author
Dwika
Tags No tags.
Bagikan