Anda Vs Jualan di Instagram: Yuk, Pecahkan Mitos Kesuksesan Biar Tajir

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
jualan-online-di-instagram

Ada banyak strategi jualan online di instagram yang bisa Anda cari di internet, bootcamp, atau pelatihan-pelatihan lain. Hanya saja, ada beberapa strategi dasar dan krusial yang sering dilupakan. 

Strategi dasar dan krusial ini jadi penting sebagai respon konsisten menanggapi tren belanja online masyarakat.

Nah, buat Anda yang ingin memulai usaha online bisa banget nih memanfaatkan platform Instagram untuk membuat lapak jualan. 

Cukup terapkan strategi yang relevan dengan algoritma Instagram agar akun jualan Anda memiliki insight yang besar sehingga lebih optimal untuk berjualan.

Tentu saja Anda bisa menambah dengan strategi lain untuk lebih menajamkan taktik promosi di Instagram. Sebagai contoh mudahnya, Anda bisa mempelajari strategi marketing khusus Reels Instagram di tautan ini.

Strategi promosi di Reels Instagram ini perlu Anda jalankan setelah Anda memahami strategi dasar jualan online di IG.

Karena itulah dalam artikel ini akan KiriminAja bahas peluang jualan di Instagram dan strategi apa saja yang diperlukan agar bisnis laku.Yuk simak penjelasannya sampai akhir!

Peluang Jualan Online di Instagram

Membuat online store memang memiliki peluang cukup besar karena masyarakat sekarang banyak yang lebih memilih belanja online daripada langsung ke toko.

Instagram menjadi salah satu platform jualan yang banyak digunakan untuk membuka lapak. Sebab, tampilan di Instagram cukup menarik dengan berbagai variasi konten yang cocok untuk mempromosikan produk.

Berikut beberapa peluang jualan di Instagram:

Membuka Toko Online di Instagram 

Instagram menyediakan fitur toko online yang memungkinkan pengguna untuk menjual produk secara langsung di platform tersebut. 

Dengan membuka toko online di Instagram, kamu dapat menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan penjualan.

Memanfaatkan Fitur Instagram Shopping 

Selain fitur toko online, Instagram juga menyediakan fitur Instagram Shopping yang memungkinkan pengguna menandai produk di foto atau video dan langsung mengarahkan konsumen ke halaman produk di situs web atau aplikasi.

Membuat Konten Kreatif dan Menarik 

Peluang selanjutnya adalah membuat konten yang menarik agar engagement meningkat dan audiens tertarik untuk membeli produk Anda. Pastikan juga konten memuat informasi produk dengan jelas. 

Mempromosikan Produk Melalui Program Afiliasi dan Endorse 

Untuk menerapkan program afiliasi dan endorse, perlu adanya kerja sama dengan influencer yang cocok dengan produk Anda.

Influencer sendiri adalah orang atau akun yang memiliki banyak pengikut, serta dapat memberikan pengaruh kepada audiensnya.

Baik afiliasi maupun endorse memiliki tujuan sama yaitu mempromosikan produk agar audiens influencer tertarik membeli.

Meningkatkan Interaksi dengan Konsumen 

Melalui Instagram, Anda dapat menjalin interaksi yang baik dengan konsumen agar meningkatkan kepercayaan dan loyalitas mereka. Caranya dengan membalas komentar atau pesan pelanggan dengan cepat dan memberikan pelayanan yang baik.

Strategi Jualan Online di Instagram

Selanjutnya, Anda dapat memaksimal beberapa peluang tersebut dengan maksimal. Gunakan berbagai strategi yang cocok diterapkan di platform Instagram.

Berikut beberapa strateginya yang telah KiriminAja rangkum untuk Anda:

Buat Akun Instagram yang Menarik dan Profesional 

Pertama, buatlah akun Instagram official dengan mencantumkan informasi yang lengkap. Buatlah nama akun yang mudah dicari konsumen dan sesuai dengan produk Anda.

Kemudian buat deskripsi profil yang singkat tap informative. Sertakan juga link ke situs web atau online store Anda di marketplace lainnya.

Posting Secara Konsisten dan Berkualitas 

Selanjutnya, buatlah posting secara teratur untuk membantu menarik perhatian audiens. Pastikan konten yang dibuat berkualitas dan sesuai dengan tema akun Instagram Anda. 

Konten yang dapat Anda buat bisa berupa foto produk, pamflet promosi, video reels, atau pun Instagram stories.

Nah, dari beberapa bentuk konten tersebut, Anda perlu mempertimbangkan untuk memaksimalkan fitur membuat video reels. Sebab, tampilan video yang menarik akan lebih mudah meningkatkan insight aku bisnis Anda.

Makannya tak heran jika banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan video reels untuk kepentingan strategi marketing mereka.

Gunakan Hashtag yang Relevan 

Hashtag membantu pengguna Instagram menemukan konten yang mereka minati. Pastikan Anda menggunakan hashtag yang relevan dengan brand atau produk untuk membantu meningkatkan visibilitas akun.

Berinteraksi dengan Pengikut dan Pelanggan Potensial 

Strategi selanjutnya adalah menjalin interaksi dengan pengikut dan pelanggan potensial. Hal ini dapat meningkatkan loyalitas dan kepercayaan pelanggan.

Balas komentar atau DM, tanyakan pendapat mereka tentang produk Anda, atau berikan penghargaan kepada pelanggan setia.

Gunakan Fitur-fitur Instagram seperti Stories dan Live 

Fitur-fitur Instagram seperti Stories dan Live dapat membantu Anda memperluas jangkauan brand dan produk Anda. Gunakan fitur ini untuk memberikan promo atau diskon, memperkenalkan produk baru, atau memberikan tips dan trik.

Gunakan Iklan Instagram 

Instagram memiliki fitur iklan berbayar yang dapat membantu mempromosikan produk atau jasa Anda kepada khalayak yang lebih luas. Anda bisa menargetkan iklan ke audiens yang spesifik untuk meningkatkan konversi dan ROI Anda.

Gunakan Influencer Marketing

Kerjasama dengan influencer dapat membantu memperluas jangkauan audiens dan menarik pengikut baru ke halaman Instagram bisnis Anda.

Carilah influencer yang memiliki value sama atau relevan dengan produk Anda. Sehingga hasil promosi akan lebih optimal. 

Berikan Promosi Khusus

Strategi selanjutnya adalah membuat promosi khusus. Buatlah promosi yang beragam dan menarik. Anda dapat menyebarkan informasi promosi tersebut melalui kerja sama dengan influencer.

Optimalkan Layanan Pengiriman

Aspek yang tak kalah penting dalam bisnis online adalah mengirimkan produk ke tangan pelanggan. Untuk itu, Anda perlu membuat manajemen pengiriman sebaik mungkin.

Anda dapat memberikan variasi pengiriman yang beragam agar pelanggan dapat memilih layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Kabar baiknya, Anda tidak perlu effort banyak untuk layanan optimal seperti itu. Cukup daftarkan bisnis Anda secara gratis di dashboard KiriminAja sekarang juga.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.