Bingung Nyari Peluang Usaha? Strategi Niche Market Jadi Jawaban Anda

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
Mencari-peluang-usaha-niche-market

Pernahkah Anda mendapat nasihat bisnis untuk memilih niche market saat sedang bingung mencari ide usaha? Apa sebenarnya yang dimaksud dengan niche market ini?

Jika kita bedah secara bahasa, market merujuk pada kondisi di mana permintaan konsumen bertemu dengan penawaran dari penyedia. Sementara niche berarti ceruk atau hanya sebagian kecil.

Memilih niche market berarti memilih pasar yang lebih kecil di dalam pasar yang lebih besar dalam suatu industri bisnis. Misalnya:

  • Aksesoris kulit handmade dalam industri fashion.
  • Restoran bintang lima dalam industri perhotelan.
  • Minuman serbuk untuk perawatan kulit dalam industri makanan dan minuman kemasan.

Apa yang membuat contoh-contoh tersebut termasuk dalam niche market? Produk-produk tersebut menyelesaikan masalah yang spesifik dibandingkan dengan masalah umum dalam pasar.

Keuntungan memilih niche market adalah Anda dapat menggunakan hal tersebut sebagai batu loncatan untuk memulai bisnis. Baik itu memulai bisnis yang sepenuhnya baru atau memulai bisnis baru dalam industri yang sama. 

Menentukan niche market otomatis harus membuat konten yang sesuai denga target, nah mengetahui cara menentukan niche konten ini penting karena bisa membantu brand lebih diketahui banyak orang sesuai dengan target yang sudah ditentukan.

Ketika bisnis Anda tumbuh lebih besar, Anda dapat memilih niche yang membuat Anda terlihat berbeda dari kompetitor. Meskipun jenis produk mungkin sama, namun Anda dapat menargetkan karakteristik pasar yang lebih unik.

Apa itu Niche Market?

niche market adalah segmen pasar yang lebih kecil dan spesifik di dalam pasar yang luas (mass market). Umumnya, niche market punya permintaan tinggi dan berkelanjutan atas suatu produk.

Artinya, niche market terdiri dari kelompok kecil yang sangat spesifik di dalam target pasar yang lebih luas yang mungkin Anda coba capai.

Sebagai contoh, orang-orang yang suka membuat kue bisa dianggap sebagai niche market bagi pedagang telur ayam.  

Alasannya karena orang-orang yang suka membuat kue ini punya permintaan tinggi, berkelanjutan, dan bagian kecil dari pasar produk telur ayam. Sehingga pedagang telur ayam bisa melakukan akuisisi ke niche orang yang suka membuat kue.

Apa itu Mass Market?

Bagian terbesar dari sebuah pasar adalah mass market atau pasar yang luas. Cakupan segmen mass market ini adalah konsumen yang umum dan luas.

Secara umum, pasar yang luas berlawanan dengan niche market. Pasar yang luas cenderung memiliki beberapa niche market.

Mass marketing adalah strategi di mana bisnis memutuskan untuk menargetkan seluruh segmen yang ada di pasar dengan produk atau layanan mereka.

Dengan menggunakan strategi pemasaran massal, perusahaan fokus pada apa yang dimiliki semua konsumen secara umum daripada perbedaan mereka.

Masalahnya hanya satu; sangat sulit untuk menarik semua orang di pasar berdasarkan 1 marketing campaign.

Sehingga, banyak perusahaan menggunakan strategi pemasaran berbasis niche sebagai alternatif utamanya.

Manfaat Mengidentifikasi Niche Market

Mengidentifikasi niche market dan mempelajari segala hal tentangnya memungkinkan bisnis Anda mendapat sejumlah manfaat serta keuntungan, seperti:

  • Mengembangkan produk yang memenuhi kebutuhan dan keinginan unik niche market Anda
  • Memberikan konten marketing yang penuh simpati dan empati sesuai problem niche market Anda
  • Membangun kepercayaan niche market pada produk bisnis Anda, yang pada akhirnya menuntun mereka jadi pelanggan setia
  • Produk Anda makin kredibel sehingga bisa menjadi rujukan atas solusi spesifik yang Anda berikan dan pada akhirnya menarik lebih banyak pelanggan
  • Bersaing dengan merek-merek besar

Dengan manfaat serta keuntungan signifikan tersebut, niche market memungkinkan bisnis Anda menjalin koneksi yang tepat dengan audiens.

Sebab, audiens yang lebih sedikit berarti lebih banyak peluang bagi bisnis Anda mengembangkan hubungan yang berharga dan intim. Lebih jauh lagi, konsumen yang berasal dari niche market akan menjadi konsumen setia.

Apalagi, semakin spesialis bisnis Anda, maka makin lebih sedikit kompetitor bisnis Anda tersebut. Alasannya karena bisnis Anda punya karakter unik tertentu yang mampu membedakan diri dengan kompetitor.

Keuntungan lain yang perlu dipertimbangkan adalah biaya marketing yang bisa ditekan. Karakteristik audiens yang khusus dan terbatas membuat marketing campaign jadi terfokus. Sehingga, marketing tidak perlu effort banyak, yang pada akhirnya bisa menekan biaya pemasaran.

3 Hal Dasar untuk Mengetahui Niche Market

Untuk bisa mengetahui niche market sebuah bisnis, ada 3 hal yang wajib banget Anda identifikasi pada kelompok audiens. Ketiga hal dasar identifikasi niche market bisnis adalah demografis, psikografis, dan firmografis. Mari kita bahas satu demi satu:

Demografi adalah data-data sosio-ekonomi yang spesifik seperti usia, etnis, atau tingkat pendapatan.

Psikografis adalah data-data perilaku, sikap, aspirasi, dan faktor psikologis lainnya.

Firmografis adalah data yang bisa menggambarkan operasional bisnis, seperti jenis industri, ukuran organisasi, dan profit tahunan.

Tentu saja, akan ada banyak data yang didapatkan dari identifikasi 3 kategori di atas. Apalagi, konsumen niche market memiliki preferensi atau kebutuhan spesifik dibanding pasarnya yang lebih luas.

Untuk bisa mendapat dan, sekaligus, membuat niche market, mau tidak mau, bisnis harus membagi audiensnya yang ada di sebuah market menjadi bagian-bagian kecil. Pembagian kategori audiens didasarkan pada 3 identifikasi dasar yang disebutkan di atas.

Sebagai contoh, Anda bisa lihat ilustrasi ala diagram venn di bawah ini:

Ilustrasi market niche pasar fashion yang luas

Dalam sebuah pasar fashion yang luas, Anda harus bisa membagi audiens ke dalam kategori yang lebih kecil, seperti sub kategori niche market fashion K-Pop dan niche market fashion Muslim. Kedua sub kategori tadi masih bisa dikerucutkan lagi.

Kategori fashion K-Pop bisa dikelompokkan lagi dalam sub kategori/niche market fashion ala BlackPink.

niche market fashion muslim bisa dipecah lagi menjadi sub kategori niche market fashion Muslim Timur Tengah.

Bahkan, pada kasus yang lebih unik lagi, Anda bisa membuat sub kategori market niche irisan antara fashion K-Pop dengan fashion Muslim.

Strategi Dasar Marketing dengan Target Niche Tertentu

Marketing berbasis niche mendukung Anda menguasai satu per satu kelompok audiens. Jadi, pada periode 1, Anda menggarap kelompok audiens A, periode 2 menggarap kelompok audiens B, dan begitu seterusnya.

Dengan begitu, secara pelan tapi pasti, Anda menguasai kelompok pasar yang luas. Sayangnya, walau teorinya terkesan mudah, praktiknya memang tidak semudah itu.

Karena itulah, Anda perlu menguasai  sejumlah strategi dasar marketing yang menarget niche. Strategi ini bisa dikembangkan dan disesuaikan menurut niche yang Anda garap. Ini dia empat strategi dasar marketing berbasis niche:

Kenali Pasar dan Kompetitor Anda

Membuat strategi marketing berbasis niche hanyalah omong kosong jika Anda tidak paham kompetitor dan ekosistem kompetisi bisnis Anda sendiri.

Dengan kata lain, lakukan riset pada ekosistem kompetisi atau industri Anda.  Dalam riset industri yang Anda lakukan, cek apakah:

Ada celah di target pasar Anda yang mungkin terlewatkan

Ada permintaan dari kelompok audiens tertentu yang sesuai dengan produk Anda.

Riset pasar sangat penting untuk mengembangkan penawaran dan penjualan unik produk Anda. Sebab dengan begitu, Anda bisa tahu di mana konsumen spesifik bisnis Anda.

Kenali Pelanggan Ideal Anda

Paralel dengan riset pasar, Anda juga harus menyempitkan dan mengidentifikasi pelanggan setia. Mereka adalah pelanggan ideal Anda. Sebab produk Anda cocok dengan mereka. Dan mereka cocok dengan produk Anda.

Riset, identifikasi, dan analisa apa yang konsumen inginkan serta butuhkan. Pahami masalah audiens Anda. Sehingga produk Anda dapat membantu atau menjadi solusi atas keinginan, kebutuhan, serta masalah audiens.

Pastikan juga Anda mengenali konsumen lebih banyak pakai media sosial apa. Misalnya, jika niche market Anda menghabiskan banyak waktunya di Instagram atau TikTok, maka jangan pernah membuat email marketing

Kenali pembeli produk Anda. Pahami bagaimana mereka menemukan produk Anda. Apa yang mendorong mereka akhirnya membuat keputusan pembelian. Dari situ, Anda dapat membuat marketing campaign berbasis niche dengan efektif.

Buat Identitas Brand yang Unik

Langkah berikutnya adalah membuat brand yang akan beresonansi dengan audiens. Sebab, Anda harus membentuk audiens merasa relevan dengan merek terlebih dulu.

Jika pelanggan ideal Anda adalah konsumen yang peduli anak, dunia parenting, dan tinggal di area urban, maka buatlah identitas merek yang mencerminkan sifat-sifat tersebut.

Brand yang didefinisikan dengan baik akan membantu bisnis Anda membedakan diri dari kompetitor. Tak hanya itu, Anda juga bisa membuat aktivitas pemasaran yang unik berdasar identitas tersebut.

Pada akhirnya, identitas brand Anda dianggap jadi bagian dari ceruk pasar target audiens. Sehingga, terjalin keterikatan yang kuat antara brand dengan konsumen di niche market tersebut.

Evaluasi, Sesuaikan, dan Ulangi

Bagian yang cukup melelahkan dai marketing berbasi niche adalah semuanya tidak bisa instan ala mie sachet.

Menggarap niche market adalah proses bertahap yang dibangun berdasarkan riset dan eksplorasi tiada henti. Sebab, audiens Anda adalah manusia pada umumnya, yang gampang berubah pikiran dan cenderung FOMO.

Anda tidak bisa membuat marketing campaign satu kali dan berasumsi langsung berhasil. Anda harus realistis. Anda harus menguji ide, menjalankan campaign, meninjau hasilnya, dan menyesuaikan sesuai kebutuhan.

Selalu sesuaikan strategi marketing Anda saat diperlukan. Sehingga, Anda tahu bagaimana karakter koneksi antara produk, iklan, dan audiens Anda di niche tersebut.

Dengan memfokuskan marketing produk ke pasar yang sempit, Anda akan menggunakan sumber daya dengan lebih baik, menghasilkan produk lebih sesuai kebutuhan konsumen, dan mengembangkan basis pelanggan yang loyal.

Pemasaran dan penjualan ke niche market bisa menjadi strategi jangka pendek, jangka menengah, sekaligus jangka panjang. Masalahnya adalah bagaimana menemukan audiens dan menyesuaikan semua elemen bisnis Anda hanya untuk niche market tersebut.

Berikan Jasa Ekpedisi yang Reliable

Salah satu daya tarik bisnis by default yang perlu Anda tunjukkan ke niche market adalah layanan ekspedisi. Karena salah satu kecenderungan perilaku konsumen saat check out barang adalah memastikan apakah tokonya menyediakan layanan ekpedisi yang efisien dan terpercaya.

Dengan menunjukkan bahwa bisnis Anda punya jasa ekspedisi reliable, maka Anda memberikan alasan tambahan kepada konsumen untuk memilih bisnis Anda itu. Para konsumen bisnis Anda ini tahu mereka mendapatkan layanan pengiriman yang baik dengan biaya terjangkau.

Untuk itulah, KiriminAja ada sebagai platform yang siap mendukung bisnis Anda dalam mengatur manajemen produk dan margin keuntungan dengan lebih efisien.

Artinya, Anda tak perlu lagi khawatir tentang berbagai permasalahan pengiriman, seperti paket hilang, telat datang, atau rusak. Bisnis jadi tenang dan hidup Anda lebih stress-free.

Jika ada hambatan, layanan pelanggan KiriminAja siap berada di garda terdepan membantu Anda.

Selain itu, KiriminAja juga menawarkan berbagai fitur inovatif, salah satunya adalah COD Advance. Dengan fitur tersebut, Anda bisa mencairkan dana COD hingga 50% begitu paket sudah berada di tangan kurir.

Jadi, Anda tidak perlu menunggu sampai paket sampai di tangan pelanggan untuk mencairkan dana. Tujuannya agar bisnis Anda dapat menjaga arus kas tetap stabil.

Karena, KiriminAja ingin membantu Anda memegang kendali penuh atas sistem logistik bisnis yang berjalan sambil tetap bisa mengatur margin keuntungan sendiri dan menjaga stabilitas arus kas.

Dengan dukungan KiriminAja, Anda punya lebih banyak peluang mengembangkan bisnis, meraih pelanggan baru, dan menjaga pelanggan lama tetap setia.

Kabar baiknya lagi, demi semua manfaat dan layanan premium di atas, Anda hanya perlu registrasi gratis di dashboard KiriminAja.

Setelah itu verifikasi data, dan langsung rasakan manfaat dari aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Jadi, apa yang Anda tunggu? Bergabunglah dengan KiriminAja sekarang demi menjaga #CashFlowAman, memberi servis logistik memuaskan, menjangkau konsumen baru, memaksimalkan keuntungan, serta menciptakan suasana bisnis jadi tenang dan terkendali.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.