Tahapan Sales Funnel untuk Menjalankan Bisnis Online

Kinanthi Haksari
2 bulan yang lalu
185
Tahapan Sales Funnel untuk Menjalankan Bisnis Online

Tahapan dalam menjalankan bisnis online sangat berdampak terhadap keberlangsungan ketika berbisnis. Salah satu tahapannya yaitu sales funnel yang berfokus pada pengalaman belanja pelanggan. Tujuannya adalah untuk membantu untuk meningkatkan penjualan dengan cara memprioritaskan kepuasan pelanggan agar target pasar lebih luas.

 Pengertian Sales Funnel

Sales artinya penjualan atau pemasaran, sedangkan sales funnel yaitu strategi yang dilakukan dalam mempromosikan suatu produk dengan disandingkan dengan hasil akhir tetapi tetap berkelanjutan dengan perjalanan belanja yang dilakukan oleh pelanggan.

Tahapan pertama yaitu pelanggan belum mengenal produk Anda, tapi lama-kelamaan setelah Anda membuat konten menarik pelanggan tertarik untuk membeli produk. Jumlah pelanggan yang tertarik akan berubah seiring berjalannya waktu dan permintaan, bisa jadi pelanggan setia jumlahnya hanya sedikit.

Anda perlu mengetahui bagaimana cara membuat content marketing yang menarik agar pelanggan tertarik untuk membeli produk. Contohnya dengan menambah variasi, memberikan diskon, riset target pasar serta permintaan pasar, dan masih banyak lagi.

 Tujuan dari Sales Funnel

Sales funnel bertujuan untuk meningkatkan jumlah pelanggan yang berminat untuk melakukan pembelian terhadap suatu produk. Strateginya adalah dengan menyusun cara untuk memperkenalkan suatu produk kepada konsumen. Anda bisa menerapkan taktik yang dapat mengarahkan konsumen ke tahapan yang ada.

Tahapan Sales Funnel untuk Menjalankan Bisnis Online

1. Awareness

 Pertama kali Anda membuat iklan atau melakukan promosi, calon pembeli belum mengetahui tentang produk yang ditawarkan tersebut. Sehingga mereka harus mengenali produk tersebut lebih lama. Anda juga harus membuat konten yang menarik pembeli.

2. Interest atau Consideration

 Pada tahapan ini, konsumen atau pelanggan mulai mempertimbangkan untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Jangan terburu-buru, Anda harus tetap menerapkan cara membuat konten yang menarik, melakukan riset pasar serta perkembangan saingan bisnis.

3. Purchase atau Decision

 Jika konten yang Anda buat menarik, maka pelanggan akan membeli produk yang ditawarkan. Setiap promosi yang dilakukan, harus relevan dengan target pasar agar strategi marketing yang Anda buat tepat sasaran.

4. Retention

 Pada tahapan ini berarti konsumen membeli lagi. Jika pelanggan merasa puas dengan produk yang ditawarkan, kemungkinan mereka akan membeli lagi karena sudah merasa puas dengan manfaat produk yang Anda jual.

5. Advocacy

 Tahap ini muncul karena ada brand awareness dan rasa percaya yang tinggi pada produk dan pelayanan yang Anda berikan. Pelanggan menjadi pelanggan setia dan akan merekomendasikan produk Anda kepada orang lain.

Semoga ulasan mengenai sales funnel di atas bisa memberikan tambahan wawasan bagi Anda.