Etika dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan yang Harus Anda Ketahui

Pamungkas
1 tahun lalu
Bisnis
Tanggung jawab sosial perusahaan pada masyarakat

Memiliki sebuah bisnis tentunya tidak hanya mementingkan tentang keuntungan belaka. Namun juga harus memperhatikan etika di luar bisnis seperti tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan, yaitu masyarakat dan pelanggan.

Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan ini penting bagi bisnis maupun hal-hal di luar bisnis Anda. Perusahaan memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan sekitarnya sebagai upaya menjaga etika yang ada.

Nah sebagai penjual Anda juga mempunyai tanggung jawab kan misalnya mengirim paket pembeli dengan aman, nah jika Anda membutuhkan hal tersebut coba daftar langsung deh ke Dashboard KiriminAja, biar bisa kirim barang dengan aman.

Lalu bagaimana dan apa pentingnya tanggung jawab perusahaan ini? Untuk menemukan jawabannya mari kita simak uraiannya di bawah ini.

Pengertian Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR adalah bentuk komitmen perusahaan untuk bertindak secara etis terhadap dampak yang ditimbulkannya pada masyarakat dan lingkungan.

CSR ini meliputi berbagai macam aspek seperti kesejahteraan pekerja, lingkungan, keterlibatan masyarakat dan kode etik perusahaan.

Bahkan tanggung jawab sosial perusahaan ini diatur dalam UU no. 40 tahun 2007 tentang undang-undang perseroan terbatas (UUPT) pasal 1 ayat 3 yang berbunyi:

“Tanggung jawab sosial dan lingkungan adalah komitmen perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat baik bagi perseroan maupun masyarakat umum.”

Maka dari itu setiap perusahaan maupun bisnis mempunyai tanggung jawab sosialnya sendiri. Meliputi praktik pengelolaan sumberdaya, transparansi financial, dan keadilan terhadap konsumen.

Tujuan akhir dari CSR ini adalah untuk menciptakan nilai jangka panjang bagi perusahaan, masyarakat dan lingkungan.

Anda juga bisa melakukan charity sebagai tanggung jawab sosial dan kepedulian perusahaan terhadap sekitar. Charity adalah hal yang bisa membantu bisnis Anda dikenal baik di lingkungan.

Mengapa Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Itu Penting?

Tanggung jawab sosial perusahaan ini penting karena bisa memperkuat reputasi perusahaan, meningkatkan loyalitas konsumen, dan meningkatkan kinerja keuangan perusahaan.

Selain itu, dengan CSR perusahaan bisa mengidentifikasi dan menangani masalah sosial serta lingkungan yang muncul dan kemungkinan berpengaruh terhadap operasi perusahaan. 

Hal ini bisa membantu perusahaan memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat serta memenuhi kewajiban etis dari hukum yang berlaku.

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Lingkungan

Terdapat beberapa tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan meliputi berbagai aspek seperti:

Perlindungan Lingkungan

Perusahaan harus mengurangi dampak negatif dari bisnisnya terhadap lingkungan, seperti emisi gas rumah kaca, polusi air dan udara, dan pencemaran tanah.

Pengelolaan Sumber Daya

Perusahaan wajib mengelola sumber daya alam secara bertanggung jawab, seperti mengurangi pemakaian energi dan air, dan mempromosikan praktik-praktik pertanian yang ramah lingkungan.

Produk dan Layanan Ramah Lingkungan

Perusahaan harus memproduksi dan menyediakan produk serta layanan bersifat ramah lingkungan, seperti produk yang dapat didaur ulang atau yang dibuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan.

Edukasi dan Keterlibatan Masyarakat

Perusahaan harus bekerja sama dengan masyarakat dan pemerintah untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan dan bagaimana cara untuk menjaganya.

Kepatuhan Terhadap Peraturan Lingkungan

Perusahaan harus mematuhi semua peraturan lingkungan yang berlaku dan mengikuti standar industri yang ditetapkan untuk mengurangi dampak lingkungan.

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Masyarakat

Tanggung jawab terhadap masyarakat ini meliputi berbagai aspek seperti:

Kesejahteraan Pekerja

Perusahaan harus memastikan kondisi dan lingkungan kerja tetap aman dan sehat serta memperlakukan para pekerjanya dengan adil dan menghormati hak-hak yang ada.

Perlakuan Adil Terhadap Konsumen

Perusahaan harus memberikan produk dan layanan yang berkualitas, serta bertindak secara transparan dan jujur dalam melayani konsumen.

Keterlibatan Masyarakat

Perusahaan harus bekerja sama dengan masyarakat dan pemerintah dalam membuat keputusan yang mempengaruhi masyarakat dan mempromosikan kesejahteraan masyarakat.

Pendidikan Dan Kesehatan

Perusahaan harus membantu dalam meningkatkan akses masyarakat terhadap pendidikan dan kesehatan.

Kemitraan Dan Program Sosial

Perusahaan harus menjalin kemitraan dengan pihak lain dan melakukan program-program sosial untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

Tanggung Jawab Perusahaan Terhadap Pelanggan atau Konsumen

Konsumen merupakan elemen penting sehingga perusahaan harus bertanggung jawab secara sosial kepada pelanggan, Bentuk tanggung jawab itu berupa:

Transparansi

Perusahaan harus bertindak secara jujur dan transparan ketika memberikan informasi tentang produk dan layanan mereka kepada pelanggan.

Perlakuan Adil Terhadap Konsumen

Perusahaan atau bisnis harus memberikan produk dan layanan yang berkualitas secara maksimal, serta melindungi hak-hak konsumen dari praktik-praktik yang merugikan mereka.

Kepuasan Konsumen

Perusahaan wajib berusaha untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen serta selalu bersedia menangani keluhan atau masalah yang muncul dari produk maupun layanannya.

Produk Dan Layanan Yang Aman Dan Berkualitas

Perusahaan harus menjamin produk dan layanan yang aman untuk digunakan dan sesuai dengan standar industri yang berlaku serta menciptakan produk etis sesuai aturan.

Respons Terhadap Perubahan Konsumen

Perusahaan harus mampu mengidentifikasi dan merespons perubahan dalam kebutuhan dan harapan konsumen, serta mengikuti perkembangan teknologi dan trend yang berlaku. Selain itu perusahaan harus bisa beradaptasi dengan perubahan zaman serta selera konsumen.

Semua hal di atas merupakan bentuk-bentuk tanggung jawab sosial perusahaan yang harus dipenuhi demi kebaikan bersama.

Perusahaan tidak boleh egois atau bertindak sewenang-wenang dei mendapatkan keuntungan saja. Hal lain seperti konsumen harus diperhatikan.

Salah satu hal terpenting yang harus dilakkan terhadap pelanggan adalah memberikan kepuasan kepada mereka.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk hal ini. Jika Anda bingung, Anda bisa memulainya dari hal terkecil namun sangat penting dalam zaman digital seperti ini, yaitu pengiriman paket yang praktis dan cepat.

Kenapa begitu? Sebab dengan pengiriman cepat pelanggan akan sangat merasa puas. Karenanya, Anda bisa mulai mendaftar gratis Dashboard KiriminAja untuk bisa menikmati berbagai layanan di atas..

KiriminAja adalah platform pengiriman multi ekspedisi yang membuat manajemen order jadi praktis dan pengiriman barang Anda jadi cepat. Jadi, Anda bisa mendapatkan berbagai layanan jasa kurir terbaik Indonesia hanya dengan mengakses KiriminAja.

Apa untungnya memakai KiriminAja? Tentu saja, artikel ini tidak akan cukup menampungnya dan juga justru membuat Anda bosan membaca.

Karena itu, secara singkat, KiriminAja akan membantu Anda memilih dan membandingkan layanan jasa kurir di 1 platform. Jadi, Anda tidak perlu ribet membuka berbagai website atau aplikasi perusahaan ekspedisi hanya untuk mengecek harga.

KiriminAja juga menawarkan transaksi COD dengan dukungan customer service yang selalu ready mencari solusi jika ada kendala di lapangan.

Anda juga bisa mendapatkan konsultasi bisnis, membuka toko online, mendapatkan voucher atau diskon khusus member, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya, poin utamanya adalah sebagai aggregator logistik, KiriminAja selalu berusaha mendukung bisnis Anda dimulai dengan memuaskan para pelanggan. Sebab, saat bisnis Anda tumbuh, maka bisnis kami pun tumbuh.

Karena itulah, KiriminAja selalu berani memberikan pelayanan prima dengan dukungan penuh komitmen agar bisnis Anda tetap mampu menjaga #CashFlowAman, sehingga bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.