Aplikasi TikTok Shop Bikin Tetangga Bilang, Kok Gampang Nyari Duitnya?

Dwika
1 tahun lalu
Ecommerce
Cara berbelanja di Tiktok Shop

Aplikasi TikTok Shop saat ini memudahkan para pengguna TikTok untuk berbelanja langsung pada satu aplikasi saja. 

Sebagai salah satu aplikasi yang memiliki pengguna terbanyak, aplikasi video ini mempunyai total jumlah instal lebih dari 2 miliar kali per tiga bulan pertama tahun ini secara universal.

KiriminAja akan membahas bagaimana aplikasi TikTok Shop bisa merebut hati banyak orang. Salah satu contoh strategi yang akan dibahas adalah promo TikTok Shop.

Mengenal Aplikasi TikTok Shop

TikTok Shop adalah fitur baru yang diperkenalkan oleh TikTok pada tahun 2021. 

Fitur TikTok Shop memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual produk secara langsung di platform TikTok. 

Dengan menggunakan TikTok Shop, bisnis Anda dapat membuka toko online dan mempromosikan produk mereka melalui video pendek TikTok. 

Fitur ini memberikan kesempatan baru bagi bisnis untuk memanfaatkan potensi pasar yang besar di TikTok dan meningkatkan penjualan mereka secara signifikan.

Salah satu strategi TikTok Shop menggaet audiens adalah memberikan banyak promo besar-besaran. 

Salah satu contoh promosinya adalah memberikan promo pelanggan baru TikTok. Sehingga, orang lebih termotivasi untuk hadir dan terkenal di TikTok.

Fitur-fitur TikTok Shop

Secara umum, beberapa fitur di TikTok Shop antara lain:

  • Pembuatan toko online: pengguna dapat membuat toko online mereka sendiri di TikTok Shop dengan menambahkan produk, deskripsi, harga, dan lain-lain.
  • Promosi produk: pengguna dapat mempromosikan produk mereka melalui video pendek TikTok.
  • Transaksi langsung: pengguna dapat melakukan transaksi secara langsung di dalam aplikasi TikTok.
  • Keamanan transaksi: TikTok menjamin keamanan transaksi dengan mengatur pembayaran dan pengiriman produk melalui pihak ketiga.
  • Analisis data: pengguna dapat melacak penjualan dan kinerja toko mereka melalui fitur analisis data di TikTok Shop.
  • TikTok shop promo: konsumen bisa mendapatkan berbagai jenis promo TikTok setiap harinya. Pada masa-masa awal kemunculannya, Anda bisa melihat banyak promo di TikTok shop.

Dengan fitur-fitur di atas, TikTok Shop memberikan kesempatan bagi pengguna untuk memanfaatkan potensi pasar yang besar di TikTok dan meningkatkan penjualan mereka secara signifikan.

Cara Berbelanja Melalui TikTok Shop

Anda bisa berbelanja di aplikasi TikTok Shop dengan dua cara, yaitu melalui unggahan produk atau siaran langsung. Mari kita bahas satu per satu.

Melalui Unggahan Produk

  • Pertama, bukalah aplikasi TikTok kemudian masuk ke tab Discover. Lalu gunakanlah kolom pencari untuk mendapatkan toko yang diinginkan.
  • Kemudian, bukalah profil toko dengan mengetuk menu 'Shop' (ikon tas belanja). Lalu carilah dan bukalah produk yang ingin dibeli. Berikutnya, Anda bisa mengetik tombol 'Buy with coupon' ataupun 'Buy now'.
  • Lalu aturlah varian dan jumlah barang yang nantinya dibeli apabila dibutuhkan dengan menekan tombol 'Buy with coupon' atau 'Buy now' sekali lagi.
  • Kemudian, ketuklah pilihan 'Shipping address' dan isilah formulir alamat pengiriman secara benar. Lalu tekanlah 'Save' dan ketuk menu di bawah 'Payment method' tersebut.
  • Pilihlah metode pembayaran yang digunakan dengan menekan 'Continue'. Kemudian bisa tambahkan pesan dengan cara mengetuk bagian 'Message' apabila dibutuhkan.
  • Berikutnya, ketuklah tombol 'Place order' dan lakukanlah pembayaran sesuai dengan metode yang akan dipilih.

Melalui Siaran Langsung

  • Pertama, bukalah profil toko melalui cara sama seperti informasi di atas. Kemudian, ketuklah foto profil toko tersebut.
  • Apabila sudah ada produk yang dijual, maka akan muncul jendela khusus dengan mengklik tombol 'Buy' di dalamnya dan ketuklah tombol 'Buy now'.
  • Anda bisa mengatur varian dan jumlah barang apabila dibutuhkan. Kemudian, Kliklah 'Buy now' sekali lagi dan masukkanlah informasi untuk pengiriman barang secara benar pada formulir yang telah muncul.
  • Berikutnya, Kliklah tombol 'Next' dan ubahlah metode pembayaran pada bagian 'Payment method'.
  • Kemudian, Kliklah 'Continue' apabila telah memilih metode pembayaran dan tekanlah tombol 'Place order'. Kemudian bisa menyelesaikan transaksi sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih. 

Cara Melihat Order Melalui Aplikasi TikTok

Jika sudah melakukan pemesanan, Anda bisa mengetahui tracking barang yang telah dipesan. Di bawah ini cara untuk melihat tracking orderan yakni :

  • Anda bisa langsung masuk ke menu 'akun saya' dan kliklah pada titik tiga di pojok kanan atas.
  • Kemudian, bisa klik pada tulisan 'orders' maka akan ada tampilan pesanan yang sedang Anda lakukan. Seluruh pesanan yang ada pada aplikasi TikTok bisa dilihat melalui menu tersebut. 

Cara Mendaftar TikTok Shop

Untuk bisa mengetahui dan mendapatkan promo TikTok shop hari ini, maka Anda harus terdaftar sebagai user. Di bawah ini ada beberapa cara mendaftar TikTok shop, yakni:

  • Pertama, Anda bisa mendaftarkan akun milik sendiri ke TikTok Shop Seller agar mengisi beberapa informasi mengenai bisnis dan informasi pribadi.
  • Kemudian, jika sudah terdaftar sebagai pengguna, maka bisa cantumkan informasi pribadi misalnya nomor telepon, alamat, alamat email, dan detail lainnya.
  • Berikutnya, bisa memasukkan informasi mengenai bisnis, misalnya alamat store, nama online shop, jenis bisnis yang sudah dijalani, informasi produk, dan yang lainnya.
  • Hal ini memang dibutuhkan agar bisnis yang Anda miliki lebih mudah diingat oleh konsumen. Pada tahap terakhir Anda bisa mengisi informasi mengenai registrasi bisnis dan lainnya untuk memperoleh verifikasi dari TikTok shop.
  • Nantinya akan terkonfirmasi baru pada akun Anda secara resmi mempunyai fitur TikTok shop untuk berjualan.

Keunggulan dari TikTok Shop

Memiliki Banyak Pengguna

TikTok sudah mempunyai sekitar 800 juta pengguna aktif. Rata-rata dari pengguna TikTok sudah membuka aplikasi ini sebanyak 8 kali dalam sehari. Hal ini ditunjukkan bahwa TikTok merupakan sosial media yang sering dibuka.

Aplikasi Media Sosial dan Belanja

Saat ini Anda bisa mengabaikan marketplace karena sudah ada aplikasi TikTok Shop. Aplikasi ini dapat merupakan gabungan antara marketplace dengan aplikasi media sosial. Selain itu, ada dua fungsi dalam satu aplikasi. Sehingga lebih irit space di handphone, fitur ini juga lebih praktis dan menarik.

Lebih Banyak Promo dan Gratis Ongkir

Saat ini banyak pelanggan e-commerce yang merasa kesusahan terhadap besaran ongkir dan promo yang terbatas di e-commerce. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi karena sudah dapat menikmati promo besar-besaran di TikTok Shop. 

Ada beberapa barang mulai dari fashion, peralatan rumah tangga, pernak pernik, hingga kuliner, yang bisa Anda diperoleh dengan harga terjangkau dan jaminan gratis ongkir seluruh Indonesia.

Lalu, kapan promo TikTok shop? Untuk bisa mengetahui kapan waktu promo dan apa jenis promonya, Anda perlu jadi user TikTok Shop.

Menjangkau Konsumen Baru

TikTok Shop bisa menjadi peluang baru untuk brand memperluas pelanggan. Tentu saja, Anda juga perlu memberikan promo ke konsumen baru. Sebab, karakter penting TikTok Shop adalah adanya promo.

Promo TikTok

Seperti disebutkan di atas, TikTok promo adalah kunci tumbuhnya aplikasi TikTok Shop. Walau begitu, secara perlahan aktivitas promosi akan dikurangi.

Dibandingkan di tahun-tahun awal, TikTok promo di tahun ini semakin berkurang. Fenomena ini bisa dipahami mengingat strategi promo memang seharusnya bersifat jangka pendek saja.

Dengan jumlah pengguna yang makin tumbuh, promo di TikTok akan semakin berkurang.  

Harus disadari bahwa TikTok memang jadi salah satu media sosial yang potensial untuk memperluas bisnis di dunia digital. 

Karena itu, saat mulai aktif di TikTok Shop, maka Ana juga harus memikirkan bagaimana manajemen logistik dilakukan.

Tapi tenang aja, sekarang ada aplikasi KiriminAja, aplikasi kirim paket #1 Indonesia. Iya, KiriminAja permudah manajemen pengiriman paket Anda.

Anda bisa mengatur request pickup tanpa syarat, bebas pilih ekspedisi favorit, hingga fitur dashboard yang memudahkan pelacakan pengiriman.

Semua layanan manajemen kirim paket tersebut bisa Anda dapatkan secara gratis, tanpa biaya pendaftaran, tanpa biaya langganan.

Yuk, cobain KiriminAja untuk aplikasi TikTok Shop untuk menjaga #CashFlowAman, pengiriman aman, hingga membuat bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Dwika
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.