Ibarat Pacaran, Times Interest Earned Ratio Adalah Bibit, Bebet, & Bobot

Pamungkas
1 tahun lalu
Keuangan
Rumus times interest earned ratio

Pernahkah Anda mendengar tentang times interest earned ratio? Sebuah rasio keuangan yang menjadi pertimbangan bagi para investor untuk menyumbangkan modal.

Perhitungan rasio ini perlu dilakukan untuk mengukur kesehatan bisnis Anda. Serta juga dapat untuk pertimbangan dalam mengambil keputusan investasi.

Sebagai partner bisnis Anda, KiriminAja berkomitmen untuk membahagiakan wawasan seputar bisnis kepada para pelaku usaha. 

Untuk itu, KiriminAja telah merangkum pembahasan lengkap tentang times interest earned ratio. Yuk simak penjelasannya!

Apa Itu Times Interest Earned Ratio?

Times interest earned ratio (TIE) adalah rasio keuangan yang mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar bunga atas hutang jangka pendek dan jangka panjang.

TIE ini dihitung dengan membagi earnings before interest and taxes (EBIT) dengan total bunga yang harus dibayar setiap tahun. Semakin tinggi hasilnya, maka semakin baik kemampuan perusahaan untuk membayar bunga.

Batas ideal nilai TIE adalah di angka 1. Jika nilainya lebih dari 1 berarti perusahaan memiliki cukup dana untuk membayar bunga pada hutang mereka. 

Hal tersebut dapat menjadi indikasi bahwa perusahaan memperoleh keuntungan lebih besar dari nilai bunga atas hutangnya.

Jika nilai TIE di bawah angka 1, maka perusahaan dinilai tidak mampu membayar bunga atas hutangnya. Sehingga membutuhkan tambahan modal atau bantuan dari kreditor.

Di samping itu, perhitungan TIE juga bermanfaat untuk kreditor dan investor untuk menilai keadaan finansial perusahaan. Apakah mereka memiliki kemampuan finansial yang memadai untuk membayar hutangnya atau tidak.

Untuk perusahaan sendiri, perhitungan TIE dapat digunakan untuk pertimbangan sebelum berinvestasi atau memberikan pinjaman kepada pihak lain.

Bagaimana Rumus Menghitung Times Interest Earned?

Setelah memahami definisinya, mari kita lanjut pembahasan ke cara menghitung times interest earned untuk analisis keuangan bisnis Anda.

Untuk menghitung nilai TIE, diperlukan rumus sebagai berikut.

TIE = Earning Before Interest and Taxes (EBIT) / Total Interest Expense

EBIT adalah laba yang diperoleh perusahaan dalam periode tertentu sebelum dipotong bunga hutang dan pajak. Sedangkan Total Interest Expense merupakan total biaya bunga yang harus dibayar perusahaan. Baik itu hutang jangka pendek maupun panjang.

Untuk lebih memahaminya, KiriminAja kasih contoh perhitungannya nyatanya, ya.

Misalnya, bisnis Anda memperoleh keuntungan sebesar Rp. 100.000.000 dalam satu periode. Kemudian total bunga yang harus dibayarkan sebesar Rp. 50.000.000.

Maka perhitungan TIE-nya sebagai berikut:

TIE = Rp. 100.000.000/Rp.50.000.000

= 2%

Perhitungan tersebut menunjukkan bahwa bisnis Anda memiliki kemampuan lebih untuk membayar hutang bunga. Sebab, hasil perhitungan TIE-nya melebihi nilai ideal.

Perlu Anda ketahui juga, bahwa nilai TIE yang rendah tidak selalu mengindikasikan bahwa perusahaan tidak mampu membayar bunga hutangnya. Sebab, nilai TIE juga terkadang dipengaruhi oleh faktor lain.

Faktor-faktor tersebut seperti tingkat bunga hutang yang terlalu tinggi, atau juga karena perubahan bisnis yang signifikan.

Oleh karenanya, perhitungan TIE juga harus dianalisis bersama dengan rasio lain dan faktor-faktor eksternal. Apalagi jika digunakan untuk mengambil keputusan investasi atau memberikan hutang.

Apa Saja Manfaat Times Interest Earned (TIE)?

Berikut beberapa manfaat dari perhitungan times interest earned (TIE):

Mengukur Kemampuan Bayar Utang

Manfaat perhitungan TIE yang pertama ialah memberikan gambaran mengenai kemampuan perusahaan untuk membayar bunga jangka pendek dan jangka panjang.

Menilai Kredit Berkelanjutan

Bagi kreditor dan investor, TIE digunakan sebagai indikator kemampuan perusahaan untuk membayar utang secara berkelanjutan. 

Jika nilai TIE tinggi maka menunjukkan laba yang dimiliki perusahaan stabil dan dapat membayar bunga utang.

Memantau Perubahan Bisnis

Manfaat lainnya ialah digunakan untuk memantau perubahan dalam bisnis Anda. Jika nilai TIE semakin naik, maka menunjukkan laba perusahaan juga bertambah.

Analisis Perbandingan

TIE dapat digunakan untuk membandingkan performa perusahaan dengan bisnis kompetitor. Selain itu, juga dapat melihat posisi perusahaan dalam industri.

Membuat Keputusan Investasi

Manfaat TIE yang terakhir adalah sebagai pertimbangan sebelum memutuskan investasi. Biasanya para investor atau kreditur menggunakan TIE sebagai indikator kualitas finansial perusahaan. Sehingga nilai TIE ini dapat mempengaruhi pengambilan keputusan investasi.

Pendapat Para Ahli Tentang Times Interest Earned (TIE)

Meskipun perhitungan TIE berkaitan dengan keuangan, akan tetapi rasio ini memiliki pengaruh terhadap bagian lain. Sehingga, para ahli di bagian lain juga memiliki pandangan sendiri tentang TIE.

Berikut pendapat para ahli tentang times interest earned ratio :

Menurut Ahli Keuangan

TIE adalah indikator penting untuk menilai kualitas finansial perusahaan. Yaitu memberikan gambaran mengenai stabilitas laba perusahaan dan kemampuannya untuk membayar bunga hutang.

Menurut Ahli Manajemen

TIE adalah rasio yang digunakan untuk memantau perubahan bisnis dan memahami bagaimana performa aktivitas bisnis.

Melalui perhitungan rasio ini, pihak manajemen dapat menilai kinerja bisnis dan membuat kebijaksaan untuk memperbaikinya. 

Menurut Ahli Investasi

Sudah kita bahas sebelumnya bahwa TIE merupakan salah satu pertimbangan dalam mengambil keputusan investasi. Sehingga para ahli investasi sangat mempertimbangkan nilai rasio ini.

Dapat kita simpulkan bahwa times interest ratio merupakan perhitungan yang melibatkan laba dan bunga hutang perusahaan. Untuk mencapai nilai rasio yang besar, tentu Anda perlu meningkatkan laba penjualan.

Untuk itulah KiriminAja, aplikasi kirim paket #1 Indonesia, hadir membantu Anda mencapai Times Interest Earned Ratio yang baik.

Caranya adalah dengan mendukung aktivitas manajemen jasa kurir dan manajemen produk Anda lancar serta transparan. Sehingga, Anda mampu menjaga #CashFlowAman dan bisnis jadi tenang.

Sebagai solusi layanan kirim paket yang terpercaya, KiriminAja siap membantu Anda mengirim paket dengan cepat, hemat, dan aman ke seluruh Indonesia.

Namun, KiriminAja bukan hanya sekadar aplikasi kirim paket. Kami memberikan fitur-fitur terbaru yang akan membantu Anda mengelola stok dan pesanan dengan mudah. 

Anda hanya cukup mendaftar gratis di dashboard KiriminAja, melakukan beberapa verifikasi, dan mulai langsung menikmati berbagai layanan prima.

Dengan KiriminAja, Anda bisa lebih fokus memperbaiki times interest earned ratio bisnis. Jadi, memang sekaranglah waktunya percaya KiriminAja sebagai mitra pengiriman paket Anda.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.