Tips Efektif Memaksimalkan Instagram Bisnis Untuk Mendongkrak Penjualan

Updated May 18, 2022 • Created 5 bulan yang lalu
Tips Efektif Memaksimalkan Instagram Bisnis Untuk Mendongkrak Penjualan

Apakah Anda termasuk pengguna Instagram untuk melakukan pemasaran pada bisnis yang dijalankan? Dengan fitur yang dimiliki, Instagram memang bisa menjadi platform yang tepat untuk berbisnis, terlebih aplikasi ini memiliki basis pengguna yang sangat besar. Terbaru, Instagram Bisnis hadir menawarkan fitur yang lebih lengkap untuk menunjang promosi bisnis.

Seperti namanya, Instagram versi bisnis ini memang ditujukan untuk membangun bisnis. Pada versi aplikasi ini terdapat fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan akun Instagram personal. 

Hanya saja, untuk memaksimalkan Instagram versi bisnis sebagai platform promosi, Anda harus mengetahui cara dan tips untuk menjalankannya. Dengan pengetahuan yang memadai, Anda nantinya bisa mengubah aplikasi ini menjadi sarana yang ampuh untuk melakukan branding pada bisnis yang dijalankan hingga menjangkau lebih banyak calon konsumen.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang seluk-beluk terkait Instagram versi bisnis ini, mulai cara untuk membuat akun, manfaat yang diberikan hingga tips yang efektif untuk memaksimalkan beragam fitur yang dimiliki demi meningkatkan penjualan Anda. 

Penasaran? Simak tips selengkapnya!

Cara Membuat Akun Instagram Bisnis

Untuk bisa menggunakan fitur yang terdapat Instagram versi bisnis, tentu Anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa Anda bisa mendapatkan akun Instagram versi bisnis dari akun Instagram personal yang sudah Anda miliki sebelumnya.

Untuk mendapatkan akun Instagram versi bisnis tersebut beberapa langkah yang perlu Anda lakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Login menggunakan akun Instagram personal yang sudah Anda miliki sebelumnya

  2. Jika sudah, kunjungi halaman profil dan klik ikon 3 baris yang terdapat di bagian atas 

  3. Pilih settings atau pengaturan

  4. Nah, setelah itu, di bagian setting, pilih “switch to professional account” atau “ubah menjadi akun profesional” yang terletak di baris paling bawah

  5. Berikutnya, Anda akan mendapatkan opsi memilih jenis profil yang akan digunakan. Dalam hal ini, ketika Anda hendak menggunakan Instagram untuk berbisnis, maka pilih opsi profil business atau bisnis

  6. Setelah itu, pilih kategori bisnis yang Anda miliki. Dalam hal ini, Anda bisa mengetik keyword kategori yang pas di dalam kolom search 

  7. Jika sudah ditentukan, klik next atau selanjutnya 

  8. Jika sudah, Anda akan menemukan halaman review kontak. Ada beberapa kotak yang perlu diisi, seperti nomor telepon dan lokasi bisnis

  9. Klik next jika sudah

  10. Di tahap berikutnya, Anda juga bisa menghubungkan akun Instagram versi bisnis dengan Facebook page. Tujuan dari opsi ini adalah menyinkronkan feed Instagram di halaman Facebook setiap kali Anda melakukan update

  11. Terakhir, Anda perlu melengkapi data profil bisnis. Isi bagian yang disediakan oleh sistem dan klik done jika sudah

Setelah langkah tersebut, Anda sudah mendapatkan akses pada Instagram versi bisnis. Tentu, Anda siap untuk menikmati beragam fitur menarik dari Instagram Bisnis yang sebelumnya tidak didapatkan pada versi Instagram personal. 

Fitur dan Manfaat Instagram Bisnis

Dalam sebuah riset dikatakan bahwa sekitar 60% orang menggunakan Instagram untuk menemukan produk baru yang mereka cari. Ini adalah salah satu fakta jika Instagram adalah platform yang cukup efektif untuk melakukan promosi dan mengembangkan bisnis.

Nah, sebagaimana dikatakan di awal, Instagram versi bisnis memiliki beberapa fitur menarik yang tidak ditemukan pada Instagram personal. Adapun beberapa fitur dan manfaat yang didapatkan adalah sebagai berikut:

  1. Instagram insight 

Salah satu fitur yang tersedia di Instagram versi bisnis dan sangat menarik adalah Instagram insight. Fitur ini merupakan sebuah alat analisis yang akan menunjukkan data setiap aktivitas yang terjadi di halaman akun yang Anda kelola.

Nah, dengan melalui fitur ini, Anda bisa melihat performa dari akun Instagram versi bisnis secara eksplisit. Beberapa detail yang bisa dilihat dari fitur ini adalah skala impresi, jumlah followers, data demografi, jam favorite pengunjung dan lainnya. 

  1. Instagram ads

Fitur lain yang menarik dari Instagram versi bisnis adalah Instagram ads. Dengan menggunakan bantuan ads atau iklan, tentu saja Anda bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan dan peluang mendapatkan transaksi jauh lebih besar. Tidak hanya itu, Instagram versi bisnis juga akan membantu Anda untuk membuat target pelanggan secara lebih detail.

Misalnya, dalam hal ini, Anda bisa menargetkan calon konsumen berdasarkan usia, demografi, ketertarikan, kebiasaan dan lainnya. Nantinya, jika Anda menggunakan fitur ini, maka iklan yang Anda buat akan muncul secara otomatis di berbagai titik ketika target pelanggan melakukan scrolling pada feed Instagram. 

  1. Tombol kontak dan email

Ketika Anda menggunakan Instagram versi bisnis, maka Anda akan mendapatkan tampilan profil Instagram yang berbeda. Ya, pada tampilan profile, ada tab kontak dan email yang tersedia. 

Dengan adanya tombol kontak dan email, nantinya target konsumen akan mendapatkan kemudahan untuk menghubungi Anda. Selain itu, adanya tab ini akan membuat tampilan Instagram yang Anda gunakan menjadi lebih profesional. 

Beberapa hal di atas adalah fitur yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan Instagram versi bisnis. Tentu, fitur tersebut juga akan memberikan beragam manfaat untuk menunjang bisnis yang Anda lakukan. Selain fitur tersebut, masih ada fitur lain yang tidak kalah penting, seperti informasi kategori bisnis yang muncul di halaman profile. 

Langkah Dasar Memaksimalkan Instagram Bisnis

Meskipun memiliki fitur yang cukup lengkap untuk menunjang bisnis, tentu saja Anda harus mengetahui cara untuk memaksimalkan Instagram versi bisnis tersebut. Ada beberapa langkah dasar yang perlu Anda lakukan agar promosi dengan Instagram versi bisnis cenderung efektif.

Beberapa langkah yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan target audience atau target pasar yang akan digarap. Dalam hal ini, ada baiknya jika Anda meluangkan waktu untuk melakukan riset pelanggan yang tepat dengan menyesuaikan produk atau bisnis yang Anda kelola.

  2. Mengoptimalkan profile Instagram versi bisnis dengan memberikan keterangan yang lengkap. Ada sekitar 150 karakter yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan branding pada bisnis yang Anda kelola.

  3. Membuat jadwal upload feed yang ideal. Hal ini penting untuk memastikan jika feed tersebut langsung mendapatkan atensi yang tinggi dari follower. Anda bisa menggunakan insight untuk menentukan waktu upload yang tepat.

  4. Membuat konten yang kreatif dan menarik untuk menarik konsumen. Anda bisa membuat konten yang cenderung lebih bervariasi, termasuk konten di luar promosi yang membuat follower mendapatkan informasi yang baru.

  5. Memaksimalkan fitur Instagram stories untuk melakukan promosi

Beberapa hal di atas adalah apa yang perlu Anda lakukan untuk memaksimalkan Instagram versi bisnis. Tentu, masih ada beragam strategi lain yang bisa diterapkan untuk memaksimalkan platform ini demi promosi yang lebih baik dan efektif.

Sebagai tambahan, ada baiknya jika Anda meluangkan waktu untuk mempelajari lebih lanjut tentang Instagram ads untuk membuat iklan yang tepat. Meskipun berbayar, fitur ini bisa diandalkan untuk memaksimalkan penjualan melalui Instagram versi bisnis. Semoga bermanfaat.

Related posts:
  1. Ini 5 Aktivitas Marketing Agar Customer Berpotensi Mau Beli
  2. 4 Langkah Dasar Sebelum Produk Diluncurkan di Market
  3. Cara Mudah Riset Produk dan Target Pasar Bisnis Online Shop Baju
  4. 7 Cara Tentukan Produsen Baju yang Tepat Agar Bisnis Melesat
  5. Strategi Jitu Menanggapi Pelanggan dengan Ramah dan Cepat
Ruth
Author
Ruth
Bagikan