Ide, Strategi, & Tips Jualan di Bulan Ramadhan 2023 untuk Bisnis Baru

Pamungkas
1 tahun lalu
Bisnis
Potongan harga di bulan Ramadhan

Bagi para pelaku bisnis, bulan Ramadhan menjadi waktu yang penting untuk meningkatkan penjualan. Hal ini terutama terjadi pada bisnis online, di mana permintaan pasar pada bulan Ramadan dapat meningkat tajam.

Namun, banyak orang yang belum tahu bagaimana cara efektif untuk menjual produk di bulan Ramadhan agar sukses dan laris manis. Oleh karena itu, dalam artikel ini, akan dijelaskan beberapa tips meningkatkan penjualan produk Anda di marketplace atau toko online selama bulan Ramadhan.

Tips Ampuh Jualan Online pada Bulan Ramadhan

Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk menjual produk di marketplace atau toko online selama bulan Ramadhan agar bisa sukses dan laris manis:

Susun Promosi dengan Baik

Sebelum memasuki bulan Ramadhan, buatlah rencana promosi yang menarik dan relevan dengan tema Ramadhan. Misalnya, berikan diskon khusus atau hadiah bagi pembelian produk tertentu.

Pastikan promosi yang Anda tawarkan dapat menarik perhatian calon pembeli dan cocok dengan gaya hidup konsumen pada bulan Ramadhan.

Pastikan Stok Cukup

Anda harus memiliki stok yang cukup untuk menghadapi permintaan yang lebih tinggi selama bulan Ramadhan.

Selain itu, pastikan juga ketersediaan stok selalu ada dalam waktu yang cukup lama karena pengiriman barang selama Ramadan seringkali mengalami keterlambatan.

Perluas Jangkauan Produk

Untuk menjangkau pelanggan baru, cobalah untuk memasarkan produk Anda di platform atau media sosial. Jangan lupa juga untuk menawarkan produk Anda di berbagai marketplace yang banyak digunakan oleh konsumen.

Berikan Pelayanan yang Ramah dan Cepat

Saat melayani konsumen, pelayanan harus dilakukan secara ramah dan cepat. Jangan biarkan pertanyaan konsumen terabaikan dan berikan informasi yang akurat tentang produk.

Dengan memberikan pelayanan yang baik, konsumen akan merasa dihargai dan akan membeli produk Anda lagi di masa yang akan datang.

Gunakan Elemen Visual yang Menarik

Gambar produk sangat penting dalam penjualan online. Pastikan gambar produk Anda terlihat menarik dan profesional.

Usahakan untuk memotret produk dari berbagai sudut untuk memberikan gambaran yang jelas tentang produk.

Tawarkan Pengiriman Cepat dan Hemat

Pengiriman adalah hal penting dalam penjualan online. Pastikan Anda menawarkan pengiriman yang cepat dan murah, terutama selama bulan Ramadhan. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan memberikan pengalaman berbelanja yang baik.

Update dengan Trend Ramadan

Ikuti tren Ramadan seperti produk-produk kecantikan, paket buka puasa, atau hadiah Lebaran yang populer pada tahun ini. Anda juga dapat menambahkan detail khusus untuk produk-produk tertentu seperti kemasan spesial Ramadan atau label dengan nuansa Ramadhan.

Gunakan Istilah dan Strategi Potongan Harga

Pelanggan mana yang tak senang dengan adanya potongan harga. Nah maka dari itu Anda bisa menerapkan strategi potongan harga seperti yang akan dipaparkan di bawah ini:

Berikan Diskon Khusus Ramadan

Memberikan diskon khusus Ramadhan adalah salah satu cara untuk menarik minat pembeli. Diskon ini dapat berupa potongan harga tertentu, diskon persentase, atau hadiah tambahan bagi pembelian produk tertentu.

Berikan embel-embel potongan harga khusus ini hanya ada sekali dalam setahun sehingga konsumen tidak ingin ketinggalan kesempatan tersebut dan akhirnya mau membeli produk Anda.

Buat Promo Atau Paket Bundle

Promo bundle adalah program di mana Anda menjual beberapa produk sekaligus dengan harga yang lebih murah daripada harga satuan. Dalam promo bundle ini, pastikan produk-produk yang dibundel saling berkaitan atau sesuai dengan tema Ramadan.

Bundle ini lebih banyak digemari karena memberikan value lebih dan harganya hemat di mata konsumen.

Tawarkan Gratis Ongkos Kirim

Pada bulan Ramadhan, banyak orang yang sibuk dan sulit untuk pergi ke toko secara langsung. Oleh karena itu, tawarkan gratis ongkos kirim atau pengiriman murah dapat menarik minat pembeli untuk membeli produk Anda secara online.

Berikan Kupon Diskon

Berikan kupon diskon untuk pembeli yang melakukan pembelian di toko online Anda. Kupon diskon ini dapat berupa potongan harga atau diskon persentase pada pembelian selanjutnya.

Berikan Hadiah Bonus

Berikan hadiah bonus seperti produk tambahan, voucher belanja, atau hadiah langsung bagi pembelian produk tertentu. Pastikan hadiah bonus yang Anda berikan sesuai dengan tema Ramadan dan menarik minat pembeli.

Program potongan harga di atas tentunya akan membuat pelanggan tergiur dan akhirnya membeli produk yang sedang Anda tawarkan. Anda juga bisa membuat kampanye charity supaya image bisnis terlihat baik dan membuat pelanggan makin percaya.

Tetapi, memberikan diskon saja kadang tak cukup menarik banyak pembeli. Anda memerlukan strategi lain dengan tawaran yang menarik di mata konsumen. Gunakan strategi yang jarang diketahui kompetitor namun sebenarnya strategi itu sangat efektif.

Misalnya, Anda bisa memberikan layanan logistik dengan harga hemat namun kualitas pengirimannya tetaplah reliable. Ini akan membuat konsumen Anda puas dan bisnis mudah berkembang tanpa kerepotan.

Anda bisa mencobanya dengan KiriminAja untuk mendapatkan hal tersebut, selain itu KirminAja memungkinkan Anda memiliki online store sendiri dengan pengaturan secara bebas terhadap margin keuntungan dan manajemen produk.

Betul! KiriminAja bisa membuat Anda bisa bebas mengatur margin profit! Sehingga cashflow pun aman terjaga dan pelanggan baru bisa terjangkau. Bisnis pun bisa berjalan dengan tenang dan aman.

Kabar baiknya lagi, untuk mendapatkan semua kelebihan dan keuntungan tersebut, Anda tak perlu mengeluarkan effort yang besar, Anda hanya perlu mendaftar secara gratis di Dashboard KiriminAja.

Tunggu apa lagi? KiriminAja sudah siap untuk Anda ajak kerja bersama dan membantu bisnis di bulan ramadhan makin sukses di tahun ini demi #Cashflowaaman, Bisnis Jadi Tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.