Tips Jaga Kebugaran Saat Ramadan Biar Nggak Lemes Kayak Ditinggal si Doi

Akhmad Ilham Cahyono
1 bulan lalu
Bisnis
tips jaga kebugaran saat ramadan

Bagi pebisnis online seperti kamu, bulan Ramadan bisa menjadi tantangan tersendiri karena harus tetap menjalankan bisnis dan menjaga kebugaran biar nggak lemes. Maka dari itu, kamu membutuhkan tips menjaga kebugaran selama bulan Ramadan.

Kerja keras membangun dan mengelola bisnis online seringkali menguras energi dan waktu, apalagi ditambah dengan tantangan menjalankan ibadah puasa.

Namun, bukan berarti tidak mungkin menjaga kebugaran selama Ramadan.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas bersama tips dalam menjaga kebugaran tubuh saat Ramadan.

Yuk langsung simak tipsnya biar kamu nggak lemes seperti ditinggal doi.

Tips Jaga Kebugaran Biar Fit dan Nggak Lemas Selama Ramadan

Sebagai pebisnis online, menjaga kesehatan tubuh adalah hal utama apalagi jika ditambah dengan menjalankan ibadah puasa saat ramadan. Maka dari itu, kita akan bahas bersama bagaimana tips menjaga kebugarannya berikut ini:

Sahur yang Bernutrisi

Sahur bukan hanya sekedar makan pagi, tapi juga persiapan energi untuk sehari penuh. Pilihlah makanan yang kaya akan serat, protein, dan sedikit lemak baik yang bisa memberikan energi secara bertahap, seperti oatmeal, telur, atau kacang-kacangan.

Hindari makanan yang terlalu asin atau manis yang bisa membuat kamu lebih cepat merasa haus atau lelah. Kamu harus memperhatikan makanan apa saja yang cocok agar tidak lemas saat menjalankan bisnis dan ibadah puasa.

Buka Puasa dengan Seimbang

Ketika waktu berbuka tiba, mulailah dengan yang manis seperti kurma untuk meningkatkan kadar gula darahmu secara perlahan.

Setelah itu, konsumsilah makanan yang seimbang antara karbohidrat, protein, dan sayuran. Hindari makanan berat dan berminyak secara langsung karena dapat membuat sistem pencernaanmu kaget.

Pastikan juga porsinya pas, nggak kurang dan nggak lebih.

Penuhi Kebutuhan Cairan

Kunci utama menjaga kebugaran selama Ramadan adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi. Pastikan kamu memenuhi kebutuhan cairanmu dengan minum air putih minimal 8 gelas per hari, yang dibagi dari waktu berbuka hingga sahur.

Hindari minuman berkafein seperti kopi atau teh yang bisa membuat dehidrasi. Perbanyak air mineral agar tubuhmu bisa mengganti cairan tubuh yang hilang selama puasa.

Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur tidak hanya kaya akan vitamin dan mineral, tapi juga kaya akan air. Mengonsumsinya bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu.

Buah seperti semangka, melon, atau strawberry bisa menjadi pilihan yang baik.

Atur Jadwal Kerja

Sebagai pebisnis online, kamu mungkin merasa harus selalu tersedia dan bekerja keras. Namun, penting untuk mengatur jadwal kerja yang realistis selama Ramadan.

Cobalah untuk bekerja pada jam-jam di mana kamu merasa paling energik dan produktif, biasanya setelah sahur atau setelah berbuka puasa.

Istirahat yang Cukup

Kurang tidur bisa mengurangi konsentrasi dan produktivitas, serta berdampak buruk pada kesehatanmu.

Usahakan untuk tidur yang cukup, idealnya 7-8 jam per malam. Jika perlu, ambil tidur siang singkat untuk mengisi ulang energimu.

Latihan Ringan

Menjaga aktivitas fisik tetap berlangsung selama Ramadan sangat penting. Lakukan latihan ringan seperti berjalan kaki, yoga, atau stretching.

Latihan ini bisa dilakukan satu jam setelah berbuka atau sebelum sahur. Ini akan membantu menjaga kebugaran dan mengurangi rasa lelah.

Hindari Latihan Berat

Hindari melakukan latihan fisik yang berat dan menguras banyak energi, terutama saat puasa. Hal ini bisa membuatmu lemas dan dehidrasi.

Jika kamu ingin melakukan latihan yang lebih intens, lakukanlah setelah berbuka puasa.

Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Ramadan bukan hanya tentang kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental. Luangkan waktu untuk diri sendiri, lakukan aktivitas yang membuatmu rileks dan bahagia.

Bisa dengan membaca buku, meditasi, atau sekedar duduk tenang menikmati keheningan malam.

Tetap Terhubung dengan Komunitas

Menjaga hubungan sosial dan berbagi pengalaman dengan teman atau keluarga juga penting untuk kesehatan mental.

Berbuka puasa bersama secara virtual maupun langsung dan bertukar cerita bisa membuatmu merasa lebih terhubung dan mendukung satu sama lain.

Menjaga kebugaran selama Ramadan memang membutuhkan perencanaan dan kedisiplinan. Namun, dengan mengikuti tips di atas, kamu bisa tetap fit dan produktif menjalankan bisnis onlinemu.

Ramadan adalah bulan yang spesial, jadi manfaatkan waktu ini untuk merenung dan memperbaharui semangat, baik dalam beribadah maupun dalam berbisnis.

Nah, KiriminAja punya solusi yang pas nih buat bisnis dan pengiriman paketmu selama ramadan. Kamu bisa hemat energi dengan fitur pick up yang tersedia di dashboard maupun aplikasi KiriminAja.

Selain itu, kamu bisa kirim banyak paket sekaligus dan tinggal duduk manis agar paket di-pick up. Kamu jadi punya banyak waktu untuk mengerjakan hal lain.

KiriminAja sebagai aplikasi kirim paket andal siap #BantuMenujuLebihMaju biar bisnis menjadi maju. Dengan banyaknya fitur yang mempermudahmu dalam kirim paket maka bisnis jadi makin oke nih.

Jadi langsung daftar yuk di Dashboard KiriminAja sekarang juga!

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Akhmad Ilham Cahyono
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.