Tips Keuangan Bisnis yang Manjur Bagi Pebisnis Pemula

Pamungkas
1 tahun lalu
Keuangan
Rencana manajemen finansial

Dalam bisnis, manajemen finansial berperan sebagai roda usaha. Karenanya, KiriminAja sengaja merangkum sejumlah tips keuangan bisnis yang efektif dan efisien menjaga kondisi manajemen finansial Anda.

Harapannya, Anda bisa lebih memahami bagaimana peran penting manajemen keuangan dalam sebuah alur besar bisnis yang sedang Anda jalankan.

Lebih jauh lagi, Anda perlu memahami bahwa pada banyak kasus, bisnis yang baik bisa tetap tumbuh dengan manajemen keuangan efektif serta efisien.

Kenapa Manajemen Finansial Penting?

Seringkali, sebuah bisnis bisa berhasil karena keahlian pemiliknya dalam membuat produk atau menyediakan layanan untuk konsumen. 

Sayangnya, tidak semua online seller memiliki keahlian dalam menjalankan bisnis secara keseluruhan, seperti mengelola keuangan. 

Jika Anda tidak memiliki banyak pengalaman dalam mengelola keuangan bisnis, maka kondisi tersebut merupakan tantangan besar.

Sebab, bagaimanapun juga bisnis tidak hanya tentang produksi tapi juga tentang manajemen keuangan.

Tips Keuangan Bisnis yang Efektif dan Efisien

Pengelolaan keuangan yang efektif dan efisien sangat penting untuk kelangsungan dan kesuksesan bisnis kecil Anda. Atau bagi Anda yang baru memulai bisnis.

Namun, mengelola keuangan bisnis kecil tidaklah mudah, terutama jika Anda tidak memiliki pengalaman atau pengetahuan yang cukup dalam bidang keuangan dan finansial.

Oleh karena itu, di bawah ini akan kami jabarkan beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan bisnis kecil dengan lebih efektif dan efisien.

Rencanakan Keuangan Usaha dengan Matang

Tentunya, keuangan harus direncanakan, seperti berapa modal Anda, bagaimana cara memutar modal, akan diapakan modal tersebut dan dari mana bisa menambah modal lebih banyak lagi?

Anda perlu memikirkan perencanaan keuangan sebaik mungkin dan memikirkan sematang-matangnya. Karena dengan perencanaan sejak awal, maka manajemen keuangan bisnis Anda akan berjalan lebih mulus.

Lebih jauh lagi, perencanaan keuangan akan membantu Anda untuk mendapatkan investasi/pinjaman modal dari pihak luar.

Untuk itu, salah satu aspek yang perlu banget dijalankan dalam perencanaan adalah bagaimana pembukuan bisnis usaha Anda

Pembukuan bisnis usaha ini penting karena menjadi pondasi dan awalan bisnis Anda ke depannya. 

Pada banyak kasus, tidak adanya pembukuan bisnis atau praktik pembukuan yang salah adalah awal keruntuhan usaha.

Karenanya, sebelum lebih jauh dan untuk memahami bagaimana perencanaan keuangan dan pembukuan bisnis bisa berjalan harmonis, Anda perlu klik tautan uraian tersebut.

Harapannya, Anda bisa memahami pembukuan bisnis terlebih dahulu untuk kemudian dikolaborasikan dengan praktik perencanaan keuangan.

Perhatikan Rasio Pinjaman dengan Penghasilan

Sebagai seseorang yang baru memulai usaha dalam skala kecil kadang kala berpikiran untuk melakukan pinjaman. Namun Anda perlu memperhatikan bagaimana rasionya terhadap penghasilan bisnis.

Ketika hendak memajukan pinjaman, perhatikan apakah rasio hutangnya tidak melebihi 30% dari keuangan Anda. Hal ini akan meminimalisir terjadi kredit yang mampat dan mempermudah Anda untuk mencicil pinjaman.

Catat Arus Kas Secara Rutin

Hal penting lainnya yang tidak boleh Anda lupakan adalah rajin mencatat cashflow secara rutin. Catatan kas ini meliputi total pinjaman, tagihan, keuntungan dan pengeluaran perbulan.

Anda harus melawan rasa malas dalam hal ini. Memang tampak kecil dan remeh, namun arus kas ini sangatlah penting agar Anda tidak melewati satu hal kecil sekalipun dalam arus uang yang keluar-masuk.

Pisah Antara Dana Pribadi dan Modal Usaha

Biasanya para pebisnis pemula akan mencampur dana mereka baik itu pribadi atau dana khusus untuk usaha. Hal ini harus dihindari sebab akan membuat Anda bingung.

Maka dari itu pisahlah antara dana modal usaha dan pribadi karena dengan demikian Anda bisa mengetahui apakah bisnis untung atau rugi.

Selain itu, pemisahan dan penggolongan dana ini tidak mengganggu arus kas yang ada. Anda pun akan lebih jelas melihat apakah modal usaha berkembang atau tidak.

Pakai Laba Usaha atau Keuntungan untuk Mengembangkan Bisnis

Cara atau tips lain dalam mengelola keuangan bisnis anda adalah menggunakan laba usaha untuk membuat bisnis menjadi lebih besar.

Dengan menggunakan laba usaha Anda tidak perlu bingung dalam melakukan pencatatan sebab sumber dana untuk mengembagkan bisnis sudah jelas.

Atau Anda bisa menyisihkan laba perbulannya sekian persen selama setahun untuk menambah modal. Dengan begini, keuangan Anda akan lebih rapi dan praktis.

Jangan Lupa Membayar Tagihan Secara Tepat Waktu

Hal penting lainnya dalam mengelola keuangan bisnis adalah dengan membuat berbagai macam tagihan secara tepat waktu.

Apa gunanya hal di atas? Gunanya adalah untuk menghindari tumpukan tagihan yang belum terselesaikan. Jika tidak ada tumpukan tagihan, Anda bisa melihat pembukuan dengan lebih jelas.

Anda juga harus mencatat, dan jika bisa buatkan catatan tersendiri mengenai tagihan-tagihan ini. Dengan checklist tagihan Anda tidak akan bingung dan pusing untuk mengatur keuangan bisnis yang ada.

Konsultasi dengan Ahlinya

Kalau Anda masih bingung dengan pengelolaan keuangan bisnis, Anda bisa menghubungi atau meminta bantuan dari mentor atau ahlinya.

Dengan demikian, Anda akan diajarkan dan diarahkan membuat pembukuan dan pengelolaan keuangan bisnis dengan tepat  dan rinci.

Gunakan Manajemen Order yang Praktis

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mempermudah pengelolaan keuangan adalah dengan manajemen order yang praktis.

Hal ini penting karena manajemen order dan pengiriman tentunya mengeluarkan biaya dan Anda harus mencatatnya.

Namun, jika Anda masih baru dalam dunia bisnis dan masih saja merintis, tenang saja! Kami menyediakan hal ini untuk Anda.

Anda bisa menemukan manajemen order secara praktis di Dashboard KiriminAja. Dengan dashboard tersebut, segala bentuk orderan dan pengiriman akan diproses dengan cepat dan praktis.

Pengeluaran tiap orderan dan ongkos kirim pun secara otomatis tercatat dan Anda bisa menyalinnya ke buku bisnis Anda. KiriminAja sebagai agregator logistik tentunya akan selalu memperhatikan hal seperti ini.

Maka dari itu, manajemen order praktis ini sangat penting bagi Anda. Bisnis besar berasal dari hal-hal kecil yang dilakukan dengan tepat. Dengan melakukan pencatatan mulai dari ongkir Anda bisa meminimalisir terjadinya kesalahan pengelolaan finansial.

Itulah beberapa tips yang bisa mempermudah pengelolaan bisnis Anda. Dengan tips keuangan bisnis di atas Anda tidak perlu lagi takut dan ragu memulai bisnis dari awal.

KiriminAja adalah sahabat bisnis Anda yang akan selalu mengerti dan menolong supaya usaha jadi makin praktis, tanpa ribet dan lancar. Jadi, tunggu apalagi? Langsung cek dan daftar KiriminAja demi menjaga #CashFlowAman sehingga bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.