Panduan Tips Lancar COD demi Bisnis Makin Oke Buat Konsumenmu

Danusantoso
7 bulan yang lalu
Bisnis
konfirmasi-kapan-buyer-ada-di-tempat

Seperti kita tahu bersama, KiriminAja adalah aplikasi kirim paket rajanya sistem COD (Cash on Delivery). Karena itulah, kami akan berbagi tips lancar COD nih biar bisnis kamu makin reliable dan memuaskan konsumen.

Apalagi, COD merupakan salah satu aspek yang mempengaruhi keputusan pembelian. Pasalnya, sistem pembayaran ini dapat memberikan kepercayaan dan rasa aman kepada pembeli.

Sistem pembayaran yang kini banyak digunakan dalam transaksi online ini memungkinkan pembeli memeriksa pesanan secara langsung sebelum membayar. Sehingga mengurangi risiko penipuan atau kualitas produk yang berbeda dengan katalog.

Selain itu, sistem COD juga dapat meningkatkan konversi penjualan karena beberapa pembeli lebih nyaman membayar saat barang diterima daripada menggunakan metode pembayaran online.

Namun, untuk seller yang belum terbiasa menerapkan sistem ini mungkin akan terkesan ribet. Makannya, KiriminAja sudah merangkum tips lancar COD buatmu nih. Yuk, simak penjelasannya sampai akhir.

Tips Lancar COD (Cash on Delivery) untuk Seller Online

Menjalankan bisnis secara online tentu memiliki tantangan tersendiri yang sebenarnya juga dapat diatasi secara mudah dengan memanfaatkan platform seller online friendly.

Seperti KiriminAja, aplikasi pengiriman no #1 yang dapat membantu kamu mengirim paket dengan beragam ekspedisi dan tentunya memungkinkan untuk lancar COD.

Nah, sebelum ke tips lancar COD, tentukan terlebih dahulu ekspedisi yang paling cocok untuk bisnis online kamu nih. Sebab, masing-masing ekspedisi biasanya memiliki karakteristik dan layanan yang berbeda.

Sebagai informasi tambahan, kamu juga dapat mengunjungi panduan lengkap cara Memilih Ekspedisi Tepat Untuk Bisnis Online.

Setelah itu, kamu dapat menyimak beberapa tips lancar COD dari KiriminAja berikut ini:

Konfirmasi Ulang

Jika menerapkan sistem COD, kamu perlu berhati-hati setiap ada transaksi. Pastikan terlebih dahulu detail informasi pesanan. Selain itu, pastikan juga kamu menghubungi pembeli untuk mengkonfirmasi pesanan mereka sebelum mengirimkan produk. 

Verifikasi alamat pengiriman, tanggal, dan waktu yang diinginkan untuk pengiriman. Hal ini akan membantu memastikan bahwa kedua belah pihak sepakat tentang detail transaksi.

Selain itu, dengan hal tersebut kamu  juga dapat menghindari kendala selama proses pengiriman. Sehingga kegagalan pengiriman pun dapat dihindari.

Foto Produk Sebelum Packing

Sebelum mengemas produk untuk pengiriman, ambil foto produk yang jelas dan tampilkan detailnya kepada pembeli. Hal ini dapat memberikan bukti bahwa produk yang dikirimkan sesuai dengan apa yang telah dipesan. 

Jika ada kerusakan atau ketidaksesuaian saat barang diterima, SahabatKA bisa nih menggunakan foto tersebut sebagai bukti atau referensi. Sebab, bisa jadi kerusakan terjadi selama proses pengiriman atau bahkan karena kesalahan pembeli saat melakukan unboxing.

Foto tersebut juga dapat kamu gunakan sebagai bukti untuk meminta pertanggungjawaban pihak ekspedisi jika sekiranya kerusakan pesanan terjadi selama proses pengiriman.

Konfirmasi Kapan Pembeli Ada di Tempat

Salah satu kendala dari sistem COD adalah pengiriman yang gagal karena pembeli atau penerima tidak ada di tempat tujuan saat pesanan datang.

Untuk itu, pastikan kamu sudah mengkomunikasikan dengan pembeli mengenai jadwal pengiriman yang tepat. Tanyakan kapan mereka akan berada di rumah atau tempat yang ditentukan untuk menerima pesanan. 

Dengan cara ini, kamu bisa menghindari pengiriman yang gagal karena pembeli tidak ada di tempat. Pasalnya, pengiriman dengan sistem COD harus diterima dari tangan ke tangan karena pembayaran dilakukan secara langsung.

Segera Hubungi Pembeli Jika Pengiriman Gagal

Jika pengiriman tidak berhasil karena pembeli tidak ada di tempat atau ada masalah lainnya, segera hubungi pembeli untuk mengetahui penyebabnya dan mengatur jadwal pengiriman ulang. 

Pastikan untuk tetap menjaga komunikasi yang baik dengan pembeli agar mereka merasa dihargai dan memiliki kepercayaan terhadap kamu sebagai seller.

Hal tersebut juga dapat memberikan pengalaman belanja yang baik. Sehingga tidak menutup kemungkinan mereka akan mempromosikan produkmu kepada orang lain.

Gunakan KiriminAja COD Advance

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya nih, KiriminAja juga memiliki layanan yang dapat mempermudah mengatur manajemen pengiriman, termasuk sistem COD ini.

Layanan tersebut memungkinkan kamu untuk mengatur pengiriman COD secara online dan memproses pembayaran melalui platform KiriminAja. 

COD dengan KiriminAja juga memungkinkan kamu melakukan pencairan COD tercepat hanya dalam 24 jam setelah barang diterima. 

Hal ini tentu dapat membantu memudahkan proses pengiriman dan meminimalkan risiko pembayaran yang gagal atau kesalahan uang tunai. Jadi, pendapatan bisa tetap lancar dan aman.

Kabar baiknya, kamu nggak perlu mengeluarkan banyak effort agar lancar COD dengan KiriminAja. Kamu hanya perlu daftar sebagai member secara gratis di Dashboard KiriminAja.

Dengan KiriminAja kamu bisa memberikan layanan logistik prima dengan harga hemat, tetapi memiliki kualitas pengiriman reliable. Jadi, memang sudah waktunya nih kamu kerja sama bareng KiriminAja biar kirim paket jadi cepat dan tepat.

Selain tips di atas, pastikan kamu menjaga kepercayaan dan profesionalisme dalam menjalankan transaksi COD. Berikan pelayanan yang baik kepada pembeli, dan selalu siap untuk membantu jika ada pertanyaan atau keluhan. 

Dengan menjalankan transaksi COD dengan hati-hati dan efisien, kamu dapat meningkatkan pengalaman pembeli dan membangun reputasi yang baik sebagai seller.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.