Tips Membeli Smartphone Secara Online

Kinanthi Haksari
2 bulan yang lalu
143
Tips Membeli Smartphone Secara Online

Belanja online telah menjadi trend sejak beberapa tahun belakangan ini, termasuk pembelian gadget. Smartphone atau HP sudah menjadi salah satu barang yang turut diperjualbelikan secara online. Akan tetapi tidak sedikit yang mengalami penipuan dalam proses transaksinya.

Lalu apa saja yang perlu kita lakukan supaya aman dalam bertransaksi?

1. Pastikan reputasi toko

Jika kamu membeli smartphone di market place jangan lupa untuk cek bintang dari toko tersebut dan penilaian pembeli. Di beberapa market place toko yang memilki reputasi baik akan diberikan status bintang tertentu yang menyatakan bahwa toko tersebut memiliki reputasi yang baik.

2. Kritis bertanya

Jangan ragu untuk terus bertanya pada seller.Tanyakan detail mengenai jenis smartphone yang akan kamu beli, beserta kelengkapannya. Pastikan untuk jaminan atau garansi keaslian barang tersebut ya.

3. Mempelajari fitur dan bandingkan harganya

Pelajari secara detail mengenai fitur yang didapat dan bandingkan harganya. Jangan mudah tergiur dengan harga yang sangat jauh dibawah pasaran dengan alasan apapun, karena bisa jadi itu adalah jebakan buatmu.

4. Membeli HP di aplikasi resmi

Setiap merk smartphone tentunya sudah memilki website atau aplikasi resmi. Untuk lebih amannya, kamu bisa melakukan order dan pemesanan di website atau aplikasi resmi tersebut. Jangan lupa untuk membaca deskripsi pemesananmu secara detail dan syarat ketentuan mengenai asuransi barang yang dikirim.

5. Pilih metode pembayaran paling aman

Salah satu metode pembayaran yang paling aman bagi seorang pembeli adalah melalui sistem COD alias Cash On Delivery. Kamu bisa membayar smartphone yang kamu beli secara tunai saat barang tersebut sudah datang. Sehingga kamu bisa langsung mengecek segala kelengkapan smartphone tersebut.

Kehati-hatian merupakan kunci utama dalam setiap transaksi yang dilakukan secara online. Beberapa kali kita sering menjumpai kasus dimana seorang bertransaksi secara online namun barang yang didapat tidak sesuai dengan apa yang dibayarkan. Semoga penjelasan ini dapat menambah wawasan barumu dalam bertransaksi secara digital ya!