Tips Membuat Email Marketing yang Banyak Dibaca dan Efektif Untuk Promosi

Kinanthi Haksari
2 bulan yang lalu
131
Tips Membuat Email Marketing yang Banyak Dibaca dan Efektif Untuk Promosi

Seiring dengan persaingan bisnis yang semakin ketat, menggunakan strategi marketing yang bervariasi adalah hal yang tepat dan sebaiknya dilakukan. Semakin bervariasi dan kreatif strategi marketing yang digunakan, tentu peluang closing order akan semakin tinggi. Nah, kali ini akan dibahas tentang membuat email marketing yang banyak dibaca sebagai strategi promosi.

Pernah mendengar istilah email marketing sebelumnya?

Selain menggunakan media sosial dan juga website, email marketing adalah strategi pemasaran digital yang cukup menarik untuk dicoba. Bahkan, bisa dikatakan strategi pemasaran ini memiliki nilai eksklusif untuk memberikan kesan bisnis yang lebih profesional.

Ada beberapa hal terkait seluk beluk email marketing serta tips untuk membuatnya guna melakukan promosi yang efektif. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!

Apa Itu Email Marketing?

Secara singkat, email marketing merupakan sebuah pesan singkat yang berisi tentang informasi produk atau layanan yang dikirimkan ada kontak calon atau target konsumen. Tujuan dari pesan ini adalah memberikan informasi kepada calon pelanggan atau pelanggan yang pernah melakukan transaksi perihal event serta update terbaru dari produk bisnis Anda.

Untuk pelanggan yang telah bertransaksi, email marketing bisa diandalkan sebagai salah satu media follow up. Tentu saja, dengan penerapan strategi ini diharapkan para pelanggan lama aka tertarik dengan produk yang baru dan nantinya bisa melakukan order ulang.

Tips Membuat Email Marketing yang Efektif dan Enak Dibaca

Layaknya strategi pemasaran pada umumnya, ketika hendak menggunakan email marketing sebagai strategi promosi pun Anda harus mengetahui tips memanfaatkannya. Hal yang perlu diingat dari strategi ini adalah kata merupakan senjata. Artinya, email marketing yang Anda kirimkan ke target konsumen akan efektif jika Anda lihai menyusun kata-kata.

Ya, kata-kata promosi yang tepat bisa membuka rasa penasaran dari target konsumen di mana nantinya akan timbul ketertarikan. Selain itu, dengan kata-kata tersebut Anda juga bisa memberikan penekanan kenapa produk atau layanan yang Anda miliki adalah pilihan yang tepat dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Nah, berkaitan dengan membuat email marketing sebagai strategi pemasaran, ada beberapa tips yang sebenarnya cukup mendasar namun penting untuk dipahami. Apa saja tips tersebut?

1) Pikirkan Target Konsumen Anda

Memikirkan target konsumen adalah hal yang pertama kali perlu Anda lakukan sebelum mulai membuat email marketing dan mengirimkannya ke beragam kontak yang sudah Anda miliki.

Apa maksud dari poin ini?

Maksudnya adalah bahwa ada cukup banyak faktor tentang pelanggan yang mesti dipertimbangkan sebelum Anda mulai menyusun sebuah email marketing. Tentu saja, dengan pertimbangan yang dilakukan tersebut nantinya pesan promosi yang hendak disampaikan akan bisa diterima dengan lebih baik dan lebih maksimal.

Adapun beberapa faktor yang dimaksud tersebut adalah sebagai berikut:

Hal apa saja yang mungkin mereka butuhkan

Gaya bahasa yang mereka gunakan dalam komunikasi harian

Seberapa sering dan kapan target konsumen membuka email

Apa yang seringkali mereka lakukan saat membuka email tersebut

Dan lainnya.

Sekilas, beberapa hal di atas memang terlihat sepele. Namun, jika ditindaklanjuti dengan maksimal, maka hasil promosi yang didapatkan pun juga akan semakin baik.

Pasalnya, perlu diketahui bahwa sebagus apapun promo yang Anda siapkan untuk target konsumen jika mereka tidak merasa membutuhkannya, maka akan sia-sia. Pun demikian pula jika Anda mengirimkan email marketing tersebut di waktu yang tidak tepat.

Sebagai contoh, misalnya saja Anda mengirimkan email marketing pada target konsumen di dua waktu yang berbeda, yaitu jam 2 pagi dan jam 7 malam. Tentu, email yang dikirimkan di jam 7 malam akan mendapatkan atensi yang lebih tinggi dikarenakan timing pengiriman pas di mana target konsumen sedang bersantai setelah beraktivitas.

Tidak hanya masalah timing, upayakan memilih kata yang tepat untuk membangun kalimat promosi. Pastikan jika di setiap kata-kata tersebut Anda membayangkan diri Anda sebagai seseorang yang menjadi target konsumen. Apakah Anda tertarik dengan produk atau layanan yang ditawarkan setelah membacanya?

2) Atur Detail Email Dengan Timing yang Tepat

Hal lain yang perlu diperhatikan terkait email marketing yang tepat untuk promosi yang efektif adalah mengatur detail email dengan timing yang pas. Ini adalah strategi yang cukup penting untuk diperhatikan. Pasalnya, email campaign memiliki beberapa jenis yang digunakan untuk kebutuhan yang berbeda-beda.

Untuk hasil promosi yang maksimal, ada email marketing yang sebaiknya dikirimkan ke target konsumen harian, mingguan dan juga bulanan. Tentu saja, detail email dengan timing yang khusus tersebut juga berbeda.

Selain itu, ada email marketing yang cenderung lebih efektif dikirimkan dengan banyak visual yang lebih mencolok. Namun, ada pula email marketing yang lebih baik disajikan dengan detail teks semata.

Lalu, bagaimana cara untuk merumuskan strategi email promosi yang satu ini?

Tentu saja, tidak ada rumus khusus yang bisa digunakan. Cara yang paling tepat adalah dengan melakukan evaluasi pada konten email Anda. Ya, membuat email marketing yang banyak dibaca harus disertai dengan evaluasi dari email yang sebelumnya pernah dikirim.

Coba cek artikel atau email yang Anda kirimkan. Apakah email tersebut cocok untuk dikirimkan setiap hari? Jika email tersebut berisi pesan yang cenderung panjang dan kompleks, tentu tidak cocok dikirimkan dalam timing harian.

3) Berikan Alur yang Jelas

Memberikan alur yang jelas juga termasuk bagian dari strategi penggunaan email marketing untuk promosi yang lebih efektif. Maksud dari poin ini adalah Anda harus membuat sebuah program yang mampu memudahkan pembaca untuk melakukan sesuatu. Jangan biarkan mereka tenggelam dalam pertanyaan yang tidak ada jawabannya.

Nah, untuk menerapkan konsep ini, Anda perlu membuat konsep yang matang perihal layout, desain dan juga alur konten yang hendak dibangun. Jika ada informasi yang penting seperti promo, ada baiknya jika Anda menempatkannya di bagian header dan memiliki ukuran yang lebih besar serta warna yang cenderung kontras.

Setelah header, Anda bisa memberikan paragraf yang singkat dan bisa dibaca secara cepat. Oleh karenanya, bagian ini perlu ditulis secara ringan. Lalu, tulis detail penjelasan yang hendak Anda berikan. Tentu saja, penjelasan tersebut selain detail, juga harus menyeluruh dan jelas.

Terkait detail penulisan tersebut, ada baiknya jika Anda mengirimkannya kepada rekan perusahaan atau bisnis terlebih dahulu. Tujuan dari pengiriman ini adalah untuk mengetes reaksi mereka tentang email marketing yang hendak Anda kirimkan. Jika ternyata respons yang didapatkan masih biasa saja, Anda mungkin perlu melakukan beberapa revisi.

Nah, beberapa hal di atas adalah beragam hal terkait tips membuat email marketing yang banyak dibaca dengan lebih mudah dan lebih profesional. Tentu saja, Anda tetap perlu menerapkan konsep learning by doing. Artinya, dari praktik yang Anda lakukan tersebut nantinya Anda bisa menemukan variasi email marketing yang lebih tepat dan efektif untuk meningkatkan promosi.