Memahami Berbagai Strategi Bisnis Fashion untuk Brand Anda Sendiri

Ruth
1 tahun lalu
Bisnis
Tips memulai bisnis fashion brand sendiri

Dari beragam tipe bisnis fashion yang hadir saat ini, bisnis fashion brand sendiri adalah model bisnis yang masih menggiurkan.

Meskipun ada banyak orang yang memulai bisnis clothing brand sendiri, namun tetap saja ada konsumen yang akan Anda dapatkan. Hal inilah yang menjadikan bisnis fashion banyak diminati, termasuk oleh pebisnis pemula.

Nah, memulai bisnis fashion dengan brand sendiri memang cenderung disarankan. Brand yang Anda miliki adalah sebuah identitas dari bisnis tersebut. Tidak hanya itu, dengan brand tersebut, Anda bisa membangun sebuah eksistensi di mana akan memudahkan Anda untuk melakukan promosi.

Namun, tentu saja, brand yang dibuat belumlah cukup. Ada beberapa tips mendasar yang sebaiknya Anda ketahui dan terapkan dalam upaya membangun bisnis fashion tersebut.

Pada kesempatan ini akan dibahas beberapa langkah dan tips membangun usaha clothing brand sendiri dari nol hingga nantinya Anda mendapatkan kesuksesan. Yuk, ah, mari simak ulasan selengkapnya…

Langkah demi Langkah Bisnis Fashion Brand Sendiri dari Nol

Setelah Anda memulai bisnis baju brand sendiri, maka sadarilah bahwa perjalanan bisnis Anda masih sangat panjang. 

Ada beberapa strategi, langkah, dan cara membuat brand baju sendiri yang harus diterapkan demi bisa menjalankan bisnis clothing dengan baik.

Memang, strategi bisnis fashion brand sendiri bisa saja berbeda-beda. Namun, sebagai gambaran umum, ada beberapa strategi penting yang sebaiknya Anda jalankan demi mendapatkan kesuksesan di masa yang akan datang.

Adapun tips dan langkah yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Melakukan Riset Produk

Brand fashion adalah sesuatu yang original dan melekat ke bisnis Anda. Untuk itu, Anda harus berhati-hati dan penuh perhitungan saat menentukan nama brand dan turunan bisnisnya.

Untuk itulah, Anda perlu melakukan riset. Bagaimanapun juga, riset adalah salah satu tahapan awal yang sangat penting dilakukan ketika hendak memulai bisnis fashion yang Anda inginkan. 

Langkah ini bisa dikatakan sangat esensial karena akan membantu Anda menemukan produk fashion apa yang dibutuhkan pasar dan memiliki peluang mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan riset produk. Salah satu yang paling penting adalah mengamati tren yang sedang berkembang baik di kalangan konsumen produk fashion ataupun di media sosial. Selain itu, untuk riset, Anda juga bisa melakukan survei ke konsumen secara langsung.

Mengenali Target Pasar

Setelah riset, salah satu cara membuat brand fashion sendiri adalah mengenali pasar. Tujuannya, agar produk Anda bisa diterima oleh calon konsumen dengan baik.

Ibarat pepatah, tak kenal maka tak sayang, maka konsumen yang tidak kenal dengan produk Anda, akan susah untuk melakukan transaksi.

Target pasar merupakan orang-orang yang akan dijadikan target penjualan. Umumnya, target pasar memiliki karakteristik yang sama dari beberapa sisi yang berbeda. 

Artinya, strategi penting bikin brand baju sendiri adalah menentukan target pasar yang tepat. Dengan begitu, bisnis baju Anda juga bisa merumuskan produk yang tepat dan penjualan bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Melihat Kompetitor

Tidak ada salahnya jika Anda melihat kompetitor sebagai bagian dari strategi membangun bisnis fashion dengan menggunakan brand sendiri. Ini adalah strategi yang sebenarnya sangat penting.

Kenapa penting? Dengan melihat kompetitor, maka Anda akan menemukan kelebihan serta kekurangan produk yang dimiliki. 

Tentu saja, nantinya Anda akan mendapatkan celah untuk membuat sebuah produk fashion baru yang lebih bagus guna menarik konsumen yang lebih banyak.

Terkait poin ini, ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan untuk dilakukan guna mendapatkan inspirasi dari lawan bisnis Anda. Beberapa di antaranya adalah:

  • Mengelompokkan kompetitor berdasarkan jenis produk yang disediakan dan target market.
  • Mempelajari produk kompetitor dan mencari keunikan dari produk tersebut.
  • Mengunjungi website kompetitor untuk mengetahui cara promosi dan tampilan website yang digunakan, pun demikian juga dengan media sosial lainnya.
  • Melihat review kompetitor dan cek apa yang membuat konsumen merasa puas.
  • Membandingkan harga dari kompetitor.

Tentu, proses ini memakan waktu. Namun, jika Anda berhasil mendapatkan celah, maka Anda nantinya bisa memproduksi produk fashion dengan keunikan sendiri. 

Membuat Rencana Bisnis

Rencana bisnis adalah roh dari bisnis yang akan Anda jalankan. Karenanya, salah satu cara memulai usaha baju brand sendiri adalah membuat rencana bisnis sedetail dan sejelas mungkin.

Tujuannya, agar bisnis Anda memiliki jalur yang jelas dan konkret sehingga bisa tepat mencapai target-target tertentu. 

Artinya, rencana bisnis tidak bisa dibuat secara asal. Anda harus memasukkan banyak elemen guna menggambarkan bagaimana laju bisnis yang hendak Anda kelola tersebut.

Namun, minimal, ada beberapa pembahasan detail yang dipersiapkan seperti upaya untuk membangun brand, jenis produk yang hendak dipasarkan, target market yang akan dikelola, besaran modal yang perlu disediakan, strategi pemasaran yang digunakan dan lainnya.

Semakin detail rencana bisnis yang Anda buat, nantinya Anda akan mendapatkan panduan menjalankan bisnis yang lebih baik. Untuk mendapatkan inspirasi, Anda bisa saja menggunakan template business plan yang tersedia di internet. 

Mempersiapkan Produk

Jika rencana bisnis sudah dibuat dan modal yang diperlukan sudah tersedia, maka Anda bisa mempersiapkan produk yang akan dijual. 

Tentu, dalam hal ini, Anda harus menyajikan produk original dengan kualitas terbaik. Gunakan hasil riset yang Anda lakukan untuk menentukan detail dan kualitas produk tersebut.

Terkait produk, Anda mungkin bisa saja mengikuti arus utama bisnis fashion sesuai tren yang berkembang. Namun, upayakan untuk memiliki signature product yang memberikan ciri detail dari brand fashion yang Anda miliki.

Membuat Logo Brand

Sebagaimana yang disinggung di awal, brand adalah roh dari bisnis fashion yang Anda jalankan. Karenanya, tahap vital dalam rangkaian cara buat produk baju sendiri yang tidak bisa dilewatkan ialah membuat logo.

Logo ini tentu saja tidak bisa dianggap sepele karena berisi representasi visual yang mencerminkan visi dan citra dari usaha Anda. Untuk membuat logo, lakukan beberapa riset untuk merumuskan detail logo yang akan dibuat.

Mulai Melakukan Pemasaran

Saat semua rangkaian kerja di atas sudah Anda lakukan, maka tes pasar bisa segera dilakukan. Sebagai salah satu cara bisnis baju brand sendiri, tes pasar bisa dimulai dengan pemasaran.

Tentu saja, pemasaran tersebut harus disesuaikan dengan rencana bisnis yang Anda buat sebelumnya.

Nah, jika Anda ingin membangun pasar online karena alasan fleksibilitas, maka Anda bisa memulai pemasaran dengan melakukan foto produk. Foto produk tentu menjadi salah satu daya tarik tersendiri dan referensi calon konsumen sebelum melakukan pembelian.

Selain itu, manfaatkan beragam platform yang tersedia untuk memulai pemasaran. Ada beragam platform online yang bisa dijadikan alat untuk melakukan promosi, seperti Facebook, Instagram ataupun beragam marketplace. 

Namun, untuk memberikan kesan eksklusif, ada baiknya jika Anda membuat website khusus produk Anda tersebut. 

Brand yang memiliki website sendiri cenderung mendapatkan kepercayaan lebih baik dari konsumen. Selain itu, Anda pun nantinya bisa semakin mudah melakukan analisis untuk merumuskan strategi marketing yang lebih cepat.

Lebih jauh lagi, Anda juga perlu membuat bisnis plan sebagai patokan. Dalam bisnis plan, berbagai faktor di atas akan dikolaborasikan dengan sejumlah faktor lain sehingga membentuk langkah-langkah bisnis dalam periode tertentu.

Kabar baiknya, KiriminAja menyajikan bagaimana peran, faktor, dan cara membuat bisnis plan. Dalam rangkaian bisnis buat baju sendiri, apa yang diuraikan di tautan tersebut akan membantu strategi clothing Anda.

Untuk menunjang pemasaran yang dilakukan, tentu saja Ada bisa memberikan penawaran menarik pada konsumen, seperti diskon launching produk, hadiah, pemberian gratis produk lain dan lainnya. 

Tentu, ketika penjualan sudah berjalan, Anda tetap harus mengacu pada rencana bisnis yang sudah dibuat. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan evaluasi bisnis secara berkala.

Nah, demikian beberapa ulasan strategis bisnis fashion brand sendiri sebagai landasan Anda memulai usaha. Selamat berusaha dan bekerja keras. Yakinlah bahwa kesuksesan bisa Anda capai.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Ruth
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.