Tips Memulai Bisnis Online

Kinanthi Haksari
2 bulan yang lalu
115
Tips Memulai Bisnis Online

Di era dahulu mungkin internet bukan menjadi sesuatu yang familiar diakses. Namun dahulu berbeda dengan sekarang. Di era baru seperti sekarang ini, internet menjadi kebutuhan nomor satu. Lintas generasi, baik tua muda, menjadikan internet sebagai kebutuhan primer. Hal ini tidak lepas dari perubahan jaman karena pandemi Covid-19 yang melanda. Terbatasnya akses untuk bertemu muka saat ini telah berganti menjadi temu online yang tersedia di berbagai aplikasi.

 

Dengan era yang telah berubah seperti sekarang ini, maka ini saat terbaik untukmu yang ingin memulai bisnis online. Dunia online sekarang sudah memiliki pasar masing-masing. Lalu apa sajakah yang perlu kamu lakukan untuk memulai bisnis online ?

 

Berikut tipsnya :

1. Memulai dengan jualan

Langkah awal yang paling mudah dilakukan adalah mencoba berdagang. Putuskan apa yang akan kamu jual dengan melakukan riset terlebih dahulu. Misalnya dengan mencari tahu produk apa saja yang sedang banyak dicari oleh masyarakat. Atau barang apa saja yang sedang dibutuhkan oleh sekitarmu. Cari produk-produk yang sekiranya cepat laku dan memiliki manfaat bagi sekitarmu.

2. Membuat toko online

Sama halnya di dunia offline. Barang dagananmu membutuhkan toko atau etalase untuk mendisplay barang yang dijual. Jika tidak ada etalase maka orang akan kebingungan untuk membeli barangmu. Toko online bisa kamu temukan dalam bentuk website, sosial media atau market place yang saat ini sudah banyak sekali pilihannya.

3. Terus promosi online

Jangan pernah bosan untuk terus berpromosi ya. Mulailah dengan membuat promosi diskon atau harga khusus selama periode tertentu. Kamu juga bisa mencoba dengan membuat promosi berkala sesuai waktu-waktu tertentu, misalnya saat perayaan hari besar keagamaan, saat hari peringatan tertentu, saat long weekend atau saat tanggal cantik.

4. Memiliki role model

Selain itu yang tak kalah penting, cobalah kamu mencari acuan atau rolemodel dari bisnis yang sedang kamu jalankan. Dengan adanya role model, kamu memiliki acuan untuk menggerakkan bisnismu supaya bisa mengikut jejak kesuksesan role modelmu. Misalkan kamu menjalankan bisnis fashion, maka carilah role model yang memang bergerak di bisnis fashion dan telah sukses. Ikuti jejak perjuangan dia, cari tau cerita dibalik susah payah dan jatuh bangunnya, dan jadikan dia contohmu untuk tetap terus semangat menjalankan bisnismu. Selalu ambil contoh positif dari role modelmu ini ya.   

5. Terus belajar dan membuka wawasan

Dengan menjadikan dirimu sebagai ‘gelas kosong’, tentunya kamu tidak lelah dan tidak akan berhenti untuk belajar. Pelajari apapun itu ilmu-ilmu berbisnis online, baik yang gratis maupun berbayar. Niscaya selain pengetahuanmu yang bertambah, kemampuanmu untuk menguasai bisnismu pun juga bertumbuh.  

 

Semoga sukses dan selamat mencoba!