Trik dan Tips Pengiriman Kargo: Cocok untuk Pejuang LDR Antar Negara

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
Trik dan tips pengiriman kargo internasional

Penggunaan layanan kirim cargo tidak sama dengan layanan jasa kurir konvensional. Karenanya, Anda perlu memahami strategi, biaya, dan juga tips pengiriman kargo.

Apa itu pengiriman cargo dan bagaimana cara mengirimkan barang lewat layanan tersebut? Berikut telah KiriminAja rangkum penjelasannya untuk Anda. 

Pengiriman Cargo

Cargo merupakan salah satu jenis layanan khusus untuk pengiriman barang secara massal atau dalam jumlah banyak. Pengiriman jenis ini dilakukan melalui jalur transportasi laut, udara, dan darat.

Biasanya menggunakan kontainer, pesawat taerbang, atau truk. Masing-masing jenis transportasi memiliki kelebihan dan kelemahan. Misalnya terkait dengan biaya, kapasitas muatan, dan waktu pengiriman.

Pengiriman lewat cargo umumnya dilakukan oleh perusahaan  logistik atau agen pengiriman yang bertanggung jawab memastikan barang sampai dengan aman dan tepat waktu.

Dalam bisnis online, biasanya cargo digunakan oleh para supplier untuk dikirim ke mitra dagang. Misalnya usaha dagang atau reseller. Coba simak artikel berikut yang membahas id truck solusi kirim kargo pakai COD, mantap kan?

Untuk menggunakan pengiriman cargo, Anda dapat menghubungi perusahaan logistik atau jasa ekspedisi. Kemudian cari tahu informasi terkait biaya, jadwal pengiriman, dan persyaratan pengiriman lainnya. Pastikan juga jasa kirim barang yang murah untuk pengiriman paket Anda.

Kami juga sudah menyiapkan panduan cara kirim paket ke luar negeri khusus untuk Anda. Panduan tersebut berisi berbagai detail dari proses awal hingga Anda tracking paket.

Anda hanya cukup klik tautan di atas untuk membaca panduan kirim paket internasional dari kami.

Langkah-langkah yang Perlu Dilakukan untuk Mengirim Barang Lewat Cargo

Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mengirim barang melalui pengiriman cargo:

Persiapkan Barang yang Akan Dikirim

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan barang yang hendak dikirim dalam keadaan baik. Selain itu, juga tidak melanggar aturan pengiriman seperti barang berbahaya atau barang ilegal.

Pilih Perusahaan Logistik atau Jasa Ekspedisi

Tentukan agen pengiriman yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebab, setiap ekspedisi biasanya memiliki spesialisasi dan jangkauan pengiriman yang berbeda-beda.

Pilihlah dengan mempertimbangkan jangkauan pengiriman, jenis barang yang akan dikirim dan ongkos kirimnya.

Tentukan Jalur Pengiriman

Tentukan jalur pengiriman yang akan digunakan, yaitu melalui transportasi laut, udara, atau darat. Pilihlah jalur pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan.

Kemas Barang

Barang yang akan dikirim harus dikemas dengan benar dan aman agar tidak rusak selama proses pengiriman. Pastikan kemasan sesuai dengan jenis barang yang dikirim, seperti kardus, pallet, atau kontainer.

Beri Catatan Terkait Informasi yang Diperlukan

Beberapa informasi yang diperlukan ialah alamat pengirim dan penerima, kontak penerima, jenis barang, berat, dan lain-lain. Tempel informasi tersebut di paket yang sudah dikemar.

Bayar Biaya Pengiriman

Bayar biaya pengiriman yang sudah ditetapkan. Biasanya biaya yang dibayarkan terdiri dari biaya pengiriman, asuransi, biaya pengemasan, dan biaya-biaya lainnya.

Pantau Pengiriman

Setelah barang dikirim, pastikan untuk memantau pengiriman agar mengetahui status dan perkembangan pengiriman. Pastikan juga untuk mengikuti petunjuk dari perusahaan logistik atau agen pengiriman mengenai pelacakan pengiriman.

Langkah-langkah tersebut perlu Anda perhatikan agar proses pengiriman berjalan lancar. Kemudian, pastikan jasa ekspedisi yang Anda pilih terpercaya dan memberikan layanan  terbaik. 

Jasa Ekspedisi yang Memberikan Layanan Cargo

Ada banyak ekspedisi yang menawarkan layanan cargo baik dalam lingkup dalam negeri maupun luar negeri. Berikut di antaranya:

JNE Cargo

JNE Cargo adalah salah satu ekspedisi terkemuka di Indonesia yang menyediakan layanan pengiriman cargo baik dalam negeri maupun internasional.

Untuk memahami cara kirim paket JNE Cargo , kami sudah siapkan rangkuman panduan bagaimana cara mengirim barang lewat JNE Cargo .

Tiki Cargo

Tiki Cargo juga merupakan salah satu ekspedisi di Indonesia yang menyediakan layanan pengiriman cargo dengan jangkauan pengiriman ke seluruh Indonesia. 

Pos Indonesia Cargo

Pos Indonesia Cargo adalah salah satu ekspedisi milik pemerintah Indonesia yang menyediakan layanan pengiriman cargo dengan jangkauan pengiriman ke seluruh Indonesia dan ke luar negeri. 

Pentingnya Cek Ongkir Saat Pengiriman Kargo

Cek ongkir sangat penting saat Anda mengirim kargo. Alasannya, karena cek ongkiri akan membantu Anda membuat estimasi biaya, menjaga keuntungan bisnis, dan memberikan pengalaman yang baik bagi pelanggan. 

Berikut beberapa alasan pentingnya cek ongkir untuk bisnis online:

Menentukan Harga Jual yang Tepat

Cek ongkir memungkinkan untuk Anda mengetahui kisaran harga yang diperlukan untuk pengiriman produk. Sehingga, Anda dapat menambahkan ongkos kirim tersebut ke harga jual produk. 

Dengan demikian, penjualan tetap memperoleh keuntungan sesuai dengan yang sudah ditentukan. 

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Cek ongkir juga membantu meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelanggan dapat mengetahui biaya pengiriman yang harus dibayarkan sebelum memutuskan untuk membeli barang.

Hal ini dapat membantu pelanggan merencanakan budget dan menghindari kejutan saat membayar barang. 

Membandingkan Tarif Ongkir antar Ekspedisi

Peran penting selanjutnya ialah memungkinkan untuk pelanggan membandingkan ongkos kirim antar ekspedisi. Sehingga, mereka dapat menentukan pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya, membutuhkan pengiriman kilat atau pengiriman dengan harga paling murah. Selain itu, juga dapat menekan biaya pengiriman jika ongkos kirim ditanggung oleh penjual. 

Mengurangi Kesalahan Pengiriman

Saat melakukan cek ongkir biasanya penjualan akan memasukkan alamat penerima. Hal ini juga dapat memastikan informasi pesanan sudah benar. Sehingga, kesalahan pengiriman dapat diminimalisir. 

Dengan demikian, cek ongkos kirim memiliki peran penting dalam bisnis online. Sehingga, perlu dilakukan secara berkala setiap ada penjualan. 

Kabar baiknya, cek ongkos kirim multi ekspedisi dapat dilakukan dengan mudah melalui KiriminAja. Cukup gunakan fitur cek Ongkir yang tersedia di website ataupun aplikasi KiriminAja

Anda cukup memasukkan informasi berupa alamat pengiriman, alamat penerima, informasi paket seperti berat; panjang; lebar; dan tinggi. Kemudian klik Cek Ongkir dan harga pengiriman pun akan terlihat. 

Untuk layanan pengiriman yang lebih optimal, Anda juga dapat mendaftarkan bisnis secara gratis di dashboard KiriminAja. Kami siap membantu Anda mengatur margin profit agar cashflow aman dan bisnis pun tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.