Jadi Top of Mind di Otak Audiens Lebih Berat dari Merayu Pacar Ngambek

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
top-of-mind-adalah

Top of mind adalah posisi yang sangat diincar oleh banyak brand. Saat sebuah brand menjadi top of mind, maka brand tersebut berpotensi melakukan penjualan lebih banyak.

Saat konsumen membeli sebuah barang, mereka cenderung menyebutkan nama brand ketimbang jenis barangnya. Misal di Indonesia, ketika seseorang akan membeli air mineral, mereka secara tidak langsung menyebutkan merk Aqua daripada air mineral.

Inilah yang disebut sebagai top of mind. Banyak kasus lain misalnya seperti produk mi instan seperti Indomie, orang Indonesia telah menganggap dalam pikiran mereka jika mie instan itu Indomie.

Merk-merk atau brand tersebut telah melekat di dalam pikiran para konsumen secara psikologis. Ini menandakan keberhasilan sebuah brand awareness dari sebuah produk. Apapun jenis barangnya dalam kategori yang sama mereka lebih mengingat nama brand tersebut.

Tentunya ini akan menguntungkan bagi bisnis, Anda juga mungkin ingin brand yang diciptakan mendapatkan top of mind di mata pelanggan. Alangkah lebih baiknya, Anda mengenal lebih dahulu mengenai top of mind serta pembahasan lainnya di bawah ini.

Pengertian dan Definisi Top of Mind

Top of Mind adalah istilah dalam dunia bisnis yang mengacu pada teringatnya sebuah nama merk atau brand dalam kategori produk tertentu. Makin kuat sebuah brand di pikiran konsumen maka semakin besar kemungkinan itu muncul pertama kali di benak pelanggan.

Top of Mind juga bisa dianggap sebagai sebuah strategi branding yang sangat berhasil karena telah menciptakan kesan brand yang kuat di pikiran konsumen. Strategi ini tak menggunakan diskon yang membuat ketertarikan pelanggan bertahan dalam waktu yang sebentar.

Secara psikologis, top of mind akan membuat konsumen memilih produk di antara banyaknya pilihan tanpa adanya iming-iming diskon. Top of mind adalah brand atau produk maupun layanan yang pertama kali muncul di pikiran konsumen.

Mengapa Top of Mind Ini Penting?

Dari contoh kasus pada awal tadi, Anda bisa melihat jika top of mind membuat sebuah barang selalu diingat secara tidak langsung oleh konsumen dan otomatis menjadi prioritas dalam berbagai macam kategori produk yang ada.

Dilihat dari cara kerjanya, top of mind ini sangat penting karena bisa membuat marketing jadi lebih efektif. Sebab publik telah mengenal sebuah brand ditambah lagi dengan kampanye iklan maka bisa menimbulkan tingkat efektivitas yang tinggi.

Selain itu, karena brand bisa menjadi top of mind maka akan meningkatkan pencarian dan membuat merk tersebut memasuki peringkat atas atau produk paling dicari. Dengan demikian, tingkat penjualan juga akan semakin besar.

Ada juga pentingnya top of mind ini bagi sebuah bisnis yaitu meningkatkan nilai dan integritas brand karena telah dipercaya oleh konsumen. Semakin banyak konsumen yang mengetahui produk atau brand maka tingkat konversi atau transaksi juga akan meningkat serta menarik pelanggan baru.

Namun, terjadinya top of mind ini tentunya harus diawali dengan pengenalan produk ke khalayak umum. 

Maka dari itu, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai brand activation dan manfaatnya terlebih dahulu supaya bisa membuat brand menjadi Top of Mind.

Tips dan Cara Jadi Top of Mind Branding

Anda yang memiliki bisnis dengan brand tertentu pastinya ingin merk yang dimiliki bisa jadi top of mind dalam branding. Anda tak perlu khawatir, ada tips-tips dan cara yang bisa dilakukan supaya brand terkenal dan jadi top of mind.

Berikut ini adalah tips dan caranya:

Bangun Identitas Brand yang Unik dan Berbeda

Kalau Anda ingin konsumen memikirkan brand selain milik kompetitor, maka Anda harus membangun terlebih dahulu identitas brand yang unik dan berbeda.

Anda bisa menciptakan nama brand yang mudah diingat dan simpel namun unik dan tidak biasa. Identitas brand yang berbeda dan unik akan mudah ditangkap dan dikenali pikiran pelanggan. Maka dari itu pastikan Anda membangun brand yang unik.

Tagline dan Slogan Eye Catching

Jika nama brand sudah tercipta Anda bisa membuat tagline atau slogan yang eye catching dan mudah diingat. Dengan slogan yang memiliki desain serta kata-kata pas, pelanggan akan lebih mudah mengenali produk Anda.

Buat Logo yang Simpel dan Elegan

Logo juga menjadi hal dasar yang penting selain beberapa hal di atas. Usahakan Anda membuat logo brand yang mudah diingat ketika pelanggan sedang memikirkannya. Maka dari itu Anda harus berhati-hati dan selektif dalam menentukan logo ini.

Kombinasikan font, bentuk, warna dan kombinasikan semuanya menjadi satu hal yang sangat unik tapi tetap simpel dan elegan. Dengan demikian, logo akan mudah diingat.

Berikan Pelayanan Terbaik

Ini tentunya sudah menjadi hukum wajib dalam bisnis jika Anda ingin brand menjadi top of mind. Memberikan  pelayanan dengan baik secara konsisten akan membuat pelanggan memahami jika bisnis Anda adalah usaha yang baik dan memuaskan.

Jika konsumen memiliki pengalaman pelayanan terbaik dari bisnis Anda maka tak usah diragukan lagi jika pelanggan akan loyal dan brand berkemungkinan jadi top of mind. Lalu apa saja pelayanan yang bisa Anda berikan?

Cara KiriminAja Mendukung Brand Anda Jadi Top of MInd

Salah satu strategi tepat dalam sebuah transformasi menjadi top of mind adalah dengan memberikan layanan logistik reliable.

Layanan logistik sering menjadi sesuatu yang disepelekan dalam operasional bisnis online. Padahal, konsumen sangat mementingkan barang tiba tepat waktu dengan selamat dan berharga terjangkau.

Untuk itulah Anda bisa mengandalkan KiriminAja menghasilkan layanan logistik yang bisa memuaskan konsumen Anda.

Iya, dengan KiriminAja, Anda bisa memberikan layanan logistik dengan harga yang hemat namun tetap memiliki kualitas pengiriman reliable.

Dengan KiriminAja, Anda juga bisa mempunyai online store yang bisa bebas atur margin profit dan kemampuan manajemen produk.

Fitur lain yang pasti menarik adalah COD Advance. Dengan fitur tersebut, Anda bisa mencairkan dana COD ketika paket sudah di tangan kurir. 

Iya, tidak perlu menunggu sampai paket tiba di tangan konsumen. Artinya, bisnis Anda bisa menjaga #CashFlowAman.

Artinya, KiriminAja mampu memberikan Anda kebebasan mengatur margin profit sehingga cash flow bisnis jadi aman terjaga. Dengan demikian, Anda bisa menjangkau konsumen baru tanpa khawatir terjadi kesalahan.

Kabar baiknya, untuk mendapatkan berbagai macam keuntungan serta layanan prima tersebut, Anda tidak perlu effort besar.

Anda hanya perlu mendaftar secara gratis di dashboard KiriminAja, melakukan verifikasi data, dan langsung merasakan aplikasi reliables kirim paket #1 Indonesia.

Jadi, dengan mendaftar di sana, Anda akan mendapatkan keuntungan, KiriminAja pun juga siap Anda ajak kerja bersama di tahun ini demi #CashFlowAman dan bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.