Kadang Transit Adalah Proses Panjang & Melelahkan. Yuk, Cari Solusinya

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
tempat-transit-adalah

Dalam lingkup jasa ekspedisi, transit adalah proses pengiriman di mana paket akan masuk ke lokasi singgah terlebih dahulu sebelum dikirim ke alamat tujuan.

Hal tersebut sangat umum terjadi dalam jasa ekspedisi manapun karena biasanya rute pengiriman paket melewati beberapa lokasi/kota.

Kabar buruknya, kadang-kadang transit jadi proses yang lama dan menjengkelkan. Apalagi, masalah pengiriman tidak hanya ada di tahap transit saja.  

Karena itulah, memahami berbagai tahapan alur pengiriman jadi hal krusial bagi siapa saja yang hidup dari bisnis online.

Untuk itulah, KiriminAja sudah menyiapkan berbagai daftar istilah dan penjelasan terkait proses pengiriman.

Salah satu contohnya adalah uraian lengkap dan detail berbagai istilah dalam proses pengiriman paket SiCepat Express.

Contoh kedua adalah pembahasan tentang bagaimana sebenarnya alur transit dalam proses pengiriman paket. Yuk, mari kita bahas semuanya di sini.

Definisi On Transit atau Sedang Transit

Sedang transit atau on transit dalam jasa ekspedisi merupakan status pengiriman yang menunjukkan paket Anda sedang mampir terlebih dahulu di outlet cabang atau tempat yang ditunjuk ekspedisi sebelum dikirim ke alamat tujuan.

Hal ini dapat terjadi karena pengiriman melewati beberapa lokasi/kota yang dilewati sesuai dengan rute pengiriman yang ditetapkan pihak ekspedisi.

Biasanya, paket akan terkumpul bersama dengan paket lainnya dan akan disortir sehingga paket dengan tujuan sama dapat disatukan untuk memudahkan pengiriman.

Selain transit, tentu masih banyak lagi istilah dalam pengiriman. Apalagi, setiap ekspedisi biasanya menggunakan istilah-istilah yang berbeda.

Alur Proses Transit 

Setelah mengetahui status pengiriman “sedang transit”, mungkin Anda bertanya-tanya apa saja sih yang terjadi pada paket dalam proses transit ini?

Tidak perlu khawatir, proses transit ini sangat umum terjadi karena pengiriman tidak bisa langsung dari alamat asal ke alamat tujuan.

Bahkan, biasanya proses transit ini dapat terjadi di beberapa titik selama perjalanan. Hal ini tergantung pada jenis pengiriman, jarak, dan rute pengiriman yang ditentukan.

Selama proses transit, paket akan dikumpulkan terlebih dahulu sebelum diangkut ke tujuan akhir. Kemudian, pihak ekspedisi akan melakukan proses sortir untuk memastikan paket diarahkan ke tempat tujuan yang benar dan dalam urutan pengiriman yang tepat.

Proses transit juga dapat melibatkan penggabungan atau pemisahan pengiriman. Misalnya, pada pengiriman barang yang besar, barang mungkin dipecah menjadi beberapa pengiriman yang lebih kecil untuk memudahkan transportasi dan pengiriman. 

Sebaliknya, beberapa pengiriman yang kecil dapat digabungkan menjadi satu pengiriman besar untuk mengoptimalkan penggunaan ruang dan mengurangi biaya pengiriman.

Selama proses transit, pihak ekspedisi juga dapat memproses dokumen pengiriman dan melakukan pemeriksaan kualitas pada barang sebelum dikirim ke tujuan akhir.

Jenis-jenis Tempat Transit 

Tempat transit pengiriman dapat berbeda-beda tergantung kebijakan yang sudah ditetapkan jasa ekspedisi. Namun, ada beberapa tempat yang umum digunakan sebagai lokasi transit. 

Gudang atau Pusat Distribusi

Tempat ini biasanya digunakan untuk mengumpulkan paket dari berbagai pengiriman. Pusat distribusi dapat memiliki fasilitas seperti mesin sortir dan sistem pelacakan barang untuk memastikan barang diarahkan ke tempat tujuan yang benar.

Terminal Transportasi

Terminal transportasi seperti bandara atau pelabuhan laut juga dapat menjadi tempat transit. Pada tahap ini, paket mungkin perlu dipindahkan dari satu jenis transportasi ke jenis transportasi lainnya sebelum melanjutkan perjalanan.

Tempat Penyimpanan Sementara

Tempat penyimpanan sementara seperti container atau peti kemas dapat digunakan untuk mengumpulkan barang dari berbagai pengirim sebelum diangkut ke tujuan akhir.

Jaringan Titik Pickup/Drop-Off

Jaringan titik pick up/drop-off seperti locker pengiriman atau lokasi pengiriman paket di toko dapat menjadi tempat transit sementara untuk paket sebelum diambil oleh penerima.

Gudang Transit 

Gudang transit adalah tempat atau fasilitas yang digunakan untuk menyimpan sementara paket yang Anda kirimkan sebelum diangkut ke tujuan akhir.

Tempat ini biasanya digunakan untuk pengiriman yang melibatkan lebih dari satu bagian atau moda transportasi. Misalnya, pengiriman menggunakan kapal yang dilanjutkan dengan kontainer.

Gudang transit sendiri dapat berupa gudang miliki pihak ekspedisi atau miliki pihak ketiga yang disewakan. Fasilitas di dalamnya juga berbeda-beda tergantung pada jenis layanan pengiriman dan kebijakan tiap ekspedisi.

Dalam gudang transit, biasanya paket akan diurutkan, dikelompokkan, dan dikemas kembali. Selain itu, juga ada proses pengecekkan dan pemrosesan dokumen, seperti pengaturan faktur dan persiapan dokumen bea cukai.

Meskipun terdengar seperti tempat mampir doing, tetapi gudang dapat menjadi bagian penting dalam rantai pasok barang lho. Sebab, dapat membantu memastikan pengiriman sesuai dengan jadwal dan spesifikasi yang ditetapkan. 

Selain itu, gudang transit juga dapat membantu mengurangi biaya pengiriman dengan memungkinkan konsolidasi pengiriman dan optimalisasi penggunaan ruang dan transportasi.

Arti Deposit in Transit

Deposit in transit merupakan istilah yang biasanya dipakai dalam lingkup keuangan perusahaan. Artinya keadaan di mana perusahaan sudah menerima uang, tetapi belum tercatat di bank.

Sedangkan dalam dunia pengiriman, deposit in transit merujuk pada uang jaminan atau uang muka yang telah dibayarkan oleh seller, tetapi masih dalam proses perjalanan bersama dengan paket yang dikirim.

Uang deposit tersebut dapat dikembalikan ke Anda setelah paket sampai ke alamat pembeli. Jumlah deposit in transit dapat bervariasi tergantung kebijakan perusahaan ekspedisi.

Cara KiriminAja Mendukung Bisnis Anda dengan Sistem Logistik Lebih Oke

Sebagai aplikasi kirim paket #1 Indonesia, KiriminAja menghadirkan kemudahan dalam mengelola pesanan dan proses pengiriman.

Artinya, Anda tak perlu lagi khawatir tentang berbagai permasalahan pengiriman, seperti paket hilang, telat datang, atau rusak. Bisnis jadi tenang dan hidup Anda lebih stress-free.

Jika ada hambatan, layanan pelanggan KiriminAja siap berada di garda terdepan membantu Anda.

Selain itu, KiriminAja juga menawarkan berbagai fitur inovatif, salah satunya adalah COD Advance. 

Dengan fitur tersebut, Anda bisa mencairkan dana COD hingga 50% begitu paket sudah berada di tangan kurir.

Jadi, Anda tidak perlu menunggu sampai paket sampai di tangan pelanggan untuk mencairkan dana. Tujuannya agar bisnis Anda dapat menjaga arus kas tetap stabil.

Karena, KiriminAja ingin membantu Anda memegang kendali penuh atas sistem logistik bisnis yang berjalan sambil tetap bisa mengatur margin keuntungan sendiri dan menjaga stabilitas arus kas.

Dengan dukungan KiriminAja, Anda punya lebih banyak peluang mengembangkan bisnis, meraih pelanggan baru, dan menjaga pelanggan lama tetap setia.

Kabar baiknya lagi, demi semua manfaat dan layanan premium di atas, Anda hanya perlu registrasi gratis di dashboard KiriminAja.

Setelah itu verifikasi data, dan langsung rasakan manfaat dari aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Jadi, apa yang Anda tunggu? Bergabunglah dengan KiriminAja sekarang demi menjaga #CashFlowAman, fokus pada inovasi produk baru, memaksimalkan keuntungan, dan menciptakan suasana bisnis tenang dan terkendali.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.