Turn Over Adalah Hal Krusial Bagi Bisnis Tapi Dilematis. Apa Solusinya?

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
Turn over bisnis

Dalam dunia bisnis, turn over adalah pergantian karyawan di sebuah perusahaan, baik yang dilakukan secara sukarela maupun terpaksa.

Perhitungan turnover sangat perlu dilakukan untuk menjaga kestabilan aktivitas bisnis. Hal ini dapat terjadi karena turnover memiliki pengaruh terhadap produktivitas dan kinerja perusahaan. 

Lalu, bagaimana sih cara menghitung turnover? Apa saja jenis turnover? Bagaimana praktik turn over?

Kami mengajak Anda membahas secara detail apa itu turnover dan bagaimana praktiknya dalam perusahaan. Yuk, bahas.

Ahli: Turn Over Adalah Keluar dari Pekerjaan

Berikut pendapat para ahli yang menjelaskan apa itu turn over:

Rivai

Turnover adalah keinginan karyawan untuk berhenti kerja dari perusahaan secara sukarela atau pindah kerja dari satu tempat ke tempat lain berdasarkan pilihannya sendiri.

Jewell dan Siegall

Jewell dan Siegall mendefinisikan employee turnover sebagai fungsi dari ketertarikan individu yang kuat terhadap berbagai alternatif pekerjaan lain di luar organisasi atau sebagai penarikan diri dari pekerjaan sekarang yang tidak memuaskan.

Mobley

Turnover adalah kecenderungan atau niat karyawan untuk berhenti bekerja dari pekerjaannya secara sukarela atau pindah dari satu tempat kerja ke tempat kerja lain menurut pilihannya sendiri.

Simamora

Menurut Simamora , turnover adalah pemisahan diri secara sukarela oleh seorang karyawan dari organisasi.

Ronald dan Milkha 

Turnover merupakan kecenderungan atau intensitas individu untuk meninggalkan organisasi karena berbagai alasan, termasuk keinginan untuk memperoleh pekerjaan yang lebih baik.

Definisi Turnover Bisnis

Dalam dunia bisnis, maksud turn over dapat diartikan sebagai pergantian karyawan di sebuah perusahaan, baik yang dilakukan secara sukarela maupun terpaksa.

Perhitungan turnover atau turnover rate dapat digunakan untuk melihat persentase karyawan yang meninggalkan perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Di samping itu, turnover bisnis juga bisa merujuk pada jumlah pendapatan yang dihasilkan oleh suatu perusahaan dalam periode waktu tertentu.

Dalam konteks keuangan, turnover juga dapat mengacu pada jumlah produk atau barang yang dijual oleh perusahaan dalam periode waktu tertentu.

Perhitungan turnover ini dilakukan dengan mengurangi penjualan bersih dengan biaya penjualan. Dimana biaya penjualan meliputi biaya produksi, biaya pemasaran, biaya pengiriman, dan biaya lainnya dalam proses penjualan.

Angka turnover yang tinggi dianggap sebagai indikator kesehatan finansial perusahaan. Sebab, hal tersebut menunjukkan perusahaan mampu menghasilkan pendapatan yang besar dalam waktu singkat.

Definisi Turnover Karyawan

Secara spesifik, mari bahas apa itu turnover karyawan. Sebab, banyak perusahaan yang terhambat mencapai profit karena problem turn over ini.

Turnover karyawan dalam bisnis merujuk pada tingkat perputaran atau pergantian karyawan dalam suatu perusahaan selama periode waktu tertentu.

Dalam hal ini, perhitungan turnover dapat dilakukan setiap bulan atau setiap tahun. Caranya dengan membagi jumlah karyawan yang keluar dari perusahaan dengan jumlah total karyawan di awal periode.

Hasil perhitungan tersebut dapat menjadi indikasi tentang pengelolaan tenaga kerja dan tingkat kepuasan karyawan terhadap lingkungan kerja dan manajemen perusahaan.

Semakin besar angka turnover, maka dapat menandakan bahwa perusahaan memiliki masalah dalam mempertahankan karyawan atau mengelola mereka.

Sedangkan angka turnover yang kecil menandakan karyawan merasa nyaman dan puas bekerja di perusahaan Anda.

Di samping itu, tingkat turnover karyawan juga dapat mempengaruhi produktivitas dan kinerja perusahaan. 

Turnover yang tinggi dapat menghasilkan biaya tambahan untuk merekrut dan melatih karyawan baru. Sedangkan turnover yang rendah dapat menghasilkan stabilitas tenaga kerja dan peningkatan produktivitas. 

Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda berupaya meminimalkan tingkat turnover karyawan dengan mengantisipasi berbagai penyebabnya.

Penyebab turnover sendiri bisa karena berbagai hal, seperti masalah finansial perusahaan, lingkungan pekerjaan yang tidak sehat, dan faktor lainnya.

Dalam hal ini, biasanya karyawan yang mengundurkan diri melihat peluang yang lebih baik di perusahaan lain.

Jenis-jenis Turnover

Voluntary Turnover

Voluntary turnover adalah ketika karyawan memutuskan keluar dari suatu perusahaan secara sukarela. Alasannya bisa beragam, seperti pindah kota, kecelakan, atau mendapat pekerjaan lain.

Functional Turnover

Functional turnover terjadi ketika karyawan diberhentikan karena tidak memenuhi standar kerja di perusahaan tersebut. Tindakan ini sangat masuk akal ketika karyawan tersebut tidak mampu memenuhi ekspektasi perusahaan.

Involuntary Turnover

Involuntary turnover adalah pergantian karyawan atas kehendak perusahaan karena faktor tertentu, seperti pemutusan hubungan kerja demi mencapai efisiensi produksi.

Dysfunctional Turnover

Dysfunctional Turnover terjadi ketika karyawan yang berkinerja baik mengundurkan diri dari perusahaan. Dikatakan dysfunctional karena hal tersebut dapat mengganggu produktivitas perusahaan.

Syarat Turnover

Kita tahu semua bahwa setiap perusahaan memiliki standarnya sendiri. Namun, ada sebuah value bagi banyak perusahaan: meminimalisir angka karyawan yang resign.

Ketika angka resign karyawan tinggi, perusahaan akan merasakan dampak negatif. Mulai dari produktivitas yang menurun, biaya pelatihan baru yang meningkat, hingga semangat kerja tim berkurang.

Karena itulah, umumnya, perusahaan harus memiliki sejumlah syarat turnover karyawan. Lantas, apa yang harus diperhatikan perusahaan dalam mengelola turnover karyawan? Kurang lebih, inilah syarat turn over:

  • Perusahaan harus memonitor dan mengukur tingkat turnover: Dengan mengamati angka turnover, perusahaan dapat mengidentifikasi departemen atau divisi mana yang perlu ditingkatkan agar karyawan tetap bertahan.
  • Mencari tahu alasan di balik turnover: Melalui wawancara saat karyawan keluar atau survei, perusahaan bisa memahami alasan karyawan memutuskan untuk resign. Informasi ini penting untuk meningkatkan kualitas internal perusahaan.
  • Mengembangkan strategi retensi: Berdasarkan data dan masukan yang diperoleh, perusahaan harus segera menyusun strategi khusus untuk mengatasi faktor-faktor yang menyebabkan tingginya angka resign.

Ingatlah, setiap karyawan yang bertahan adalah aset berharga yang memastikan kelangsungan bisnis Anda. Jadikan mereka sebagai prioritas, dan Anda akan merasakan dampak positifnya bagi perusahaan.

Rumus Menghitung Turnover Karyawan

Setelah mengetahui tentang apa itu turnover karyawan, selanjutnya kita bahas bagaimana sih cara menghitungnya. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  • Tentukan periode perhitungannya, apakah setiap bulan, setiap kuartal, atau setiap tahun. Sehingga dapat mempermudah menghitung jumlah karyawan dan memetakannya.
  • Hitung jumlah karyawan yang dipecah dan mengundurkan diri selama periode yang ditentukan.
  • Siapkan pembaginya, yaitu jumlah rata-rata karyawan pada periode yang sama.
  • Bagi jumlah karyawan yang keluar dengan angka pembaginya.
  • Kalikan 100 untuk memperoleh hasil perhitungan dalam bentuk persentase.

Agar lebih mudah mengetahui gambarannya, berikut KiriminAja kasih rumus perhitungan turnover karyawan:

Turnover = jumlah karyawan yang keluar x 100 : jumlah rata-rata karyawan pada periode yang sama

Dengan mengetahui rumus turnover karyawan, Anda dapat melakukan evaluasi serta perbaikan kebijakan perusahaan. Sebab, perusahaan dengan turnover tinggi justru membahayakan operasional mendapat profit.

Salah satu cara menghindari turn over karyawan yang tinggi adalah menggunakan sistem terpadu. Salah satu sistem terpadu yang bisa Anda coba dalam bisnis adalah sistem logistik KiriminAja.

Pada zaman digital dan bisnis online seperti sekarang ini, pengiriman barang atau paket menjadi hal yang sangat vital bagi bisnis. Sebab kepuasan pelanggan akan terukur dari sana.

Sedangkan di sisi lain, menggantungkan sistem logistik berjalan sempurna di tangan karyawan adalah mimpi di siang bolong. 

Alasannya karena terlalu banyak proses dan jumlah paket yang harus diurus. Karena itulah sistem logistik diperlukan untuk membantu karyawan bisnis Anda menjalankan proses logistik dengan lebih sempurna.

Karena itulah KiriminAja hadir untuk Anda sebagai sistem logistik terpadu. Apa sih KiriminAja itu? KiriminAja adalah aplikasi kirim paket #1 di Indonesia yang dapat menjadi partner bisnis Anda menjalankan operasional terkait jasa ekspedisi. 

Dengan menggunakan KiriminAja, Anda dapat menunjukkan ke konsumen bahwa urusan pengiriman berada di tangan yang tepat. Karena KiriminAja memiliki jangkauan luas dan pengalaman mumpuni dalam pengiriman paket.

Anda hanya perlu menjalankan operasional yang singkat, jelas, dan mudah diingat. Sehingga operasional Anda jadi lebih singkat dan Anda bisa fokus ke bisnis utama.

Bagi Anda dan para online seller lainnya, KiriminAja punya banyak manfaat. Anda bisa mendapat harga diskon dan hemat untuk menjaga #CashFlowAman. 

Anda juga dapat berbagai jenis fitur untuk memudahkan proses pengiriman. Anda juga mendapatkan berbagai jenis opsi kurir nasional untuk dipilih. Anda juga mendapatkan layanan customer service yang selalu bersedia memecahkan masalah Anda.

Dengan KiriminAja, operasional pengiriman paket jadi lebih mudah, atraktif, dan efektif. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, daftarkan bisnis Anda di dashboard KiriminAja sekarang.

Karena kami yakin, turn over adalah aktivitas bisnis yang membutuhkan fokus Anda. Karenanya, biar kami yang handle urusan logistik Anda.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.