Tutorial Membuat Toko Online Sendiri Bagi Pemula

Dwika
1 tahun lalu
Bisnis
Cara membuat toko online

 

Pernahkah Anda berpikir untuk merilis sebuah toko online milik sendiri? Namun, bingung bagaimana caranya untuk membuat toko online. Sebenarnya, di zaman sekarang ini membuat website untuk kebutuhan bisnis online sangatlah mudah untuk dilakukan.

 

Semakin maraknya toko-toko online di Indonesia, mengubah perilaku konsumen yang ingin serba mudah dan cepat ketika berbelanja. Hal ini juga menyebabkan banyak orang beralih profesi sebagai reseller ataupun dropshipper. Memang profesi seperti dropshipper ataupun reseller toko online bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan yang simple.

Namun hal itu juga bisa Anda jadikan sebagai mata pencaharian utama, tapi Anda harus mengetahui cara-cara memulai bisnis online dari nol tanpa modal untuk support saat mendirikan bisnis.

Salah satu langkahnya adalah dengan membuat website atau toko online yang akan di bahas di bawah ini:

 

Bagaimana Cara yang Tepat untuk Mendirikan Toko Online?

 

Ketika hendak membuat sebuah toko online, hal pertama yang perlu Anda pikirkan adalah detail toko online seperti alamat atau website bisnis Anda. Lantas, bagaimana caranya? Bagi Anda seorang pemula yang ingin membuat website toko online sendiri, simak tips berikut cara membuat toko online sendiri.

 

Cara Mendirikan Toko Online

 

  1. Tentukan Nama Domain

Langkah yang pertama, yaitu menentukan nama domain. Anda perlu memikirkan alamat toko online atau website bisnis yang Anda jalankan terlebih dahulu. Cara ini merupakan yang paling dasar untuk membuat sebuah toko online.

 

Pemilihan nama website bisnis atau toko online Anda harus mencerminkan brand bisnis Anda sendiri. Buatlah nama website bisnis atau toko online yang mudah dieja. Selain itu, pemilihan namanya juga singkat, mudah diingat, serta terkait dengan bisnis yang Anda jalankan.

 

  1. Tentukan Platform E-Commerce yang Akan Digunakan

Saat ini, sudah banyak website bisnis atau e-commerce yang tersedia untuk Anda yang ingin mendirikan toko online dengan praktis. Tentunya tidak memerlukan teknik programming ataupun coding sama sekali. Sehingga, toko online yang sudah didirikan bisa langsung dijalankan.

 

Terdapat platform e-commerce yang membebani biaya bulanan, tetapi ada juga yang tidak membebani biaya bulanan atau gratis. Pilihlah mana yang paling cocok dengan budget yang Anda miliki. Jangan lupa pertimbangkan pula untuk menghitung keuntungan bisnis sebelum Anda memilih platform dengan biaya bulanan.

 

  1. Tentukan Keunikan Brand Toko Anda

Langkah sukses dalam membangun sebuah toko online ataupun website bisnis adalah produk atau jasa Anda bisa berbeda dari kompetitor. Perlu Anda ketahui kalau di luar sana ada banyak sekali penjual online. Sehingga tidak menutup kemungkinan kalau produk atau jasa mereka bisa sama.

 

Untuk menghindari hal tersebut, maka Anda perlu menentukan keunikan tersendiri dari brand toko online Anda. Apakah karena brand Anda lebih murah tetapi kualitas tetap bagus atau memiliki tawaran gratis ongkos kirim. Dengan keunikan tersebut, akan sangat membantu menarik perhatian calon konsumen terhadap toko online Anda.

 

  1. Menentukan Target Pasar

Langkah selanjutnya yang tidak boleh diabaikan adalah menentukan target pasar bisnis toko online Anda. Penentuan target pasar akan memudahkan Anda dalam menyesuaikan strategi pemasaran. Misalkan dari deskripsi iklan, promo, ciri khas brand, atau dari penawaran lainnya.

 

  1. Mengoptimalkan Website Bisnis

Mengoptimalkan website bisnis online Anda melalui SEO-friendly bisa menaikkan trafik atau lalu lintas ke website bisnis Anda. Pakailah keyword dalam deskripsi produk sebagai salah satu strategi Anda. Anda bisa memakai jasa Google Ads, Facebook Ads, ataupun yang lainnya. Hal ini berguna agar website bisnis online Anda lebih mudah ditemukan.

 

Nah, itulah dia langkah-langkah yang perlu Anda lakukan dalam mendirikan toko online. Setelah mengetahui langkah-langkahnya, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum mendirikan toko online. Apa saja hal-hal yang wajib diperhatikan tersebut? Simak uraiannya di bawah ini!

 

Beberapa Hal yang Wajib Anda Perhatikan Sebelum Mulai Mendirikan Toko Online

 

1.         Optimalkan Semuanya

Mengapa Anda perlu mengoptimalkan semua keperluan toko online Anda? Hal ini berkaitan dengan calon konsumen Anda. Anda bisa saja kehilangan pelanggan apabila halaman website atau toko online Anda membutuhkan waktu lama untuk bisa dibuka. Oleh sebab itu, hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kendala tersebut.

 

2.         Perhatikan Kompetitor Anda

Hal ini berlaku untuk semua e-Commerce yang ada. Coba Anda cari keyword pilihan Anda lalu bandingkan hasil keyword tersebut. Apabila tampilan halaman kompetitor buruk, maka Anda memiliki peluang yang lebih bagus untuk bisa bersaing.

 

Meskipun demikian, Anda tetap harus memikirkan bagaimana caranya agar halaman milik Anda sendiri bisa terlihat lebih baik. Sebaliknya, bila tampilan halaman kompetitor bagus, maka Anda perlu mempertimbangkan lagi untuk memilih keyword yang lain. Maka dari itu, pemilihan keyword dengan kompetitor juga penting diperhatikan.

 

3.          Lebih dari Sekadar Menjual

Saat ini semakin banyaknya toko online yang ada, membuat pelanggan memiliki pilihan yang cukup luas untuk berbelanja dari situs manapun. Jika Anda penjual baru, pastinya Anda belum memiliki merek atau tawaran potongan harga. Sehingga, Anda harus tahu cara menawarkan sesuatu yang lebih dari sekadar berjualan di toko online.

 

4.          Manfaatkan Ulasan dari Para Pelanggan

Salah satu sumber daya lain yang bisa Anda manfaatkan adalah ulasan dari para pelanggan. Hindari menganggap remeh orang yang ingin berbagi pendapat mereka mengenai produk atau jasa yang Anda jual. Karena hal ini bisa menjadi penarik perhatian calon pelanggan baru toko online Anda.

                                                    

5.          Struktur Data dan Video yang Baik

Adanya penyajian struktur data yang baik bisa menjadi kode khusus yang ditambahkan pada halaman utama Google. Apakah jenis konten tersebut termasuk video atau ulasan dari pelanggan. Jangan lupa untuk menyertakan markup pada website atau toko online Anda. Sehingga, Google bisa menggunakannya agar muncul di halaman hasil pencarian.

 

6.          Manfaatkan Opsi Newsletter

Perlu Anda ketahui kalau Newsletter merupakan senjata rahasia dari e-Commerce untuk bisa mendapatkan pelanggan setianya. Anda bisa meminta pengguna untuk mendaftarkan diri di newsletter dan mencentangnya secara default. Pastikan pula ada area untuk sign-up yang jelas pada homepage atau website bisnis online Anda.

 

Dengan demikian, Anda bisa mengirimkan pemberitahuan kepada para pelanggan mengenai produk baru yang Anda jual. Selain itu, Anda juga bisa memberi tahu mereka mengenai promosi apa yang tengah Anda berikan. Cara ini sangat efektif untuk membuat pelanggan agar datang kembali ke website atau toko online Anda.

 

7.          Manfaatkan pula Media Sosial

Saat ini, hampir semua orang telah memiliki akun media sosial. Sehingga, toko online Anda juga harus memiliki media sosialnya sendiri. Hal ini bukan tanpa alasan, karena media sosial bisa Anda manfaatkan untuk memasarkan produk Anda secara langsung.

 

Melalui media sosial Anda bisa berinteraksi dengan calon konsumen Anda. Baik menjawab pertanyaan konsumen maupun menawarkan diskon atau promo menarik lainnya mengenai produk yang Anda jual. Selain itu, adanya tombol share di setiap media sosial menjadi hal penting dalam pemasaran produk Anda secara lebih cepat.

 

Itulah dia beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat toko online. Pastikan Anda telah mempersiapkan semua yang dibutuhkan untuk membangun toko online Anda sendiri. Hal ini berguna agar toko online yang Anda jalankan bisa membuahkan hasil sesuai harapan Anda. Semoga uraian di atas bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Dwika
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.