UKM Perlu Logo Profesional, Berikut Manfaat dan Alasannya

Updated September 28, 2022 • Created 10 bulan yang lalu
UKM Perlu Logo Profesional, Berikut Manfaat dan Alasannya

Ketika memutuskan berjualan atau meluncurkan produk baru, tentu saja promosi adalah hal yang perlu dipikirkan baik-baik. Terlebih jika Anda ingin mengenalkan sebuah produk baru yang ingin diluncurkan secepatnya.

Maka, Anda memerlukan media promosi seperti desain logo yang dapat mengenalkan identitas produk Anda, sehingga bisa membantu calon konsumen mengingat produk tersebut. Maka dari itu UKM Perlu logo profesional. 

Namun, masih banyak orang dan mungkin termasuk Anda yang tidak sadar akan hal ini. Logo adalah sebuah identitas dalam sebuah promosi seringkali tidak diprioritaskan dan salah satu identitas yang dapat mendukung sukses tidaknya promosi adalah desain logo.

Sekalipun menggunakan logo, banyak diantara kita terutama para pelaku ukm yang merancangnya apa adanya saja. Hal ini tentunya sangat disayangkan, karena dibandingkan dengan ide bisnis yang besar, sebuah bisnis kecil tentu lebih memerlukan strategi dalam mengenalkan identitas produk.

Salah satunya adalah logo ukm dan juga umkm yang harus lebih diperhatikan dan tidak boleh asal-asalan. Maka dari itu hindari kesalahan umum dalam menentukan logo, apalagi jika logo tersebut memberikan kesan kurang professional.

Nah agar bisa mempersiapkan logo menjadi lebih profesional lagi, maka perhatikan prinsip dasar logo dibawah ini :

  1. 1. Prinsip Dasar Logo yang Harus Diperhatikan

UKM Perlu Logo Professional sehingga dalam merancang atau membuatnya kita harus memperhatikan beberapa prinsip dasar sebuah logo yang harus diperhatikan, apa aja ? Simak pembahasannya dibawah ini :

  1. 2. Logo Harus dirancang Sederhana

Sederhana adalah kriteria yang paling utama dalam sebuah logo. Logo yang dirancang sederhana tentu saja akan mudah diingat dan memaksimalkan fungsi logo sebagai identitas yang mendukung untuk diingat calon konsumen.

Tidak hanya sederhana, logo yang Anda rancang untuk bisnis harus bisa digunakan di media lainnya. Maka dari itu pertimbangkan bagaimana logo tersebut bisa digunakan di media lainnya.

  1. 3. Harus Mudah di ingat

Anda pernah melihat logo yang sudah terkenal di dunia seperti logo Apple atau Facebook? Logo mereka selalu konsisten dalam hal branding produk mereka, kenapa? Karena komposisi logo mereka minimalis namun sangat kuat dalam memberikan identitas terhadap perusahaannya.

Karena logo yang sederhana, minimalis dan unik akan dengan mudah menarik perhatian calon konsumen dan mudah untuk diingat calon konsumen.

  1. 4. Logo Harus Bisa Bertahan Lama

Sebagai contoh logo yang bisa bertahan lama adalah logo brand Coca Cola yang memiliki ciri khas lettering meliuk sehingga logo tersebut telah berhasil membangun brand minuman ini. Logo Coca Cola konsisten dari awal tahun 1886 dengan menggunakan lettering logo Coca Cola.

Bahkan sampai saat ini logo ini masih dipakai dan semakin terkenal di dunia. Namun bukan berarti Anda merancang logo tanpa memperhatikan masa depan perusahaan. Anda tetap harus memperhatikan perkembangan tren desain yang cepat berubah.

Jika memang trend desain berubah, maka logo yang Anda rancang harus bisa disesuaikan dengan tren. Karena jika tidak disesuaikan maka akan berdampak negatif untuk citra brand yang Anda bangun.

  1.  
  2. Manfaat yang Didapatkan UKM Jika Memiliki Logo yang Profesional

Sebagai pelaku UKM yang profesional, tentunya Anda harus merancang logo yang dapat disesuaikan dengan produk yang ditawarkan ke konsumen. Dibawah ini alasan penting kenapa harus menyesuaikan logo dengan produk maupun fokus bisnis Anda.

  1. 1. Membangun Kepercayaan

Agar bisa membangun kepercayaan antara perusahaan dengan konsumen adalah memiliki desain logo yang profesional. Sehingga calon konsumen dapat menilai sebuah perusahaan tersebut apakah mengedepankan totalitas atau tidak.

Logo salah satu fungsinya adalah akan menjadi wajah bisnis dan perusahaan Anda, karena logo yang akan mudah dilihat oleh calon konsumen.

  1. 2. Membangun Brand Identity

Salah satu strategi visual yang sangat penting dalam desain logo, karena roda promosi dijalankan pertama kalinya melalui logo. Logo dapat memberikan identitas visual dan dapat mewakili secara keseluruhan tentang bisnis yang sedang Anda bangun.

  1. 3. Brand Anda Akan Lebih Mudah Dikenali

Desain logo yang baik tentu saja akan menarik perhatian dan juga akan memudahkan calon konsumen dalam mengenali brand yang Anda tawarkan. Pelanggan Anda juga akan lebih mudah mengingat perusahaan Anda melalui logo yang digunakan.

  1. 4. Memberikan Kesan Pertama yang Baik

Jika Anda baru saja mendirikan perusahaan baru, maka perusahaan yang Anda dirikan tersebut membutuhkan pengakuan eksistensi atas keberadaannya perusahaan. Dengan menggunakan logo yang baik dan profesional maka akan menjadi lebih mudah dalam mengenalkannya.

Sehingga para konsumen baru akan lebih mengenali perusahaan Anda dan memberikan kesan yang baik bagi perusahaan Anda.

  1.  
  2. Lalu, Bagaimana Cara Mendapatkan Logo yang Baik dan Profesional?

Setelah kita mengetahui kenapa UKM perlu logo profesional dan juga efektif untuk mendukung media promosi brand maupun perusahaan Anda. Nah, sekarang mungkin Anda berpikir bagaimana cara untuk mendapatkan logo yang profesional ?

Sebenarnya untuk mendapatkan logo yang profesional sangat gampang, bahkan bisa disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Tentu saja jika memiliki waktu luang yang banyak, maka Anda bisa merancang sendiri logo dengan menggunakan aplikasi Corel dan semisalnya.

Namun jika Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk merancang dan memikirkan sebuah logo, di bawah ini ada solusi yang mungkin bisa Anda gunakan.

  1. 1. Menggunakan Logo Maker

Solusinya adalah menggunakan layanan logo maker, Logo maker adalah sebuah aplikasi yang memiliki banyak objek, simbol, warna dan font yang dapat membantu Anda dalam merancang logo. Ada beberapa logo maker yang tersedia gratis dan ada juga yang dikenakan biaya tambahan.

Kelebihan yang dimiliki logo maker adalah Anda dapat melakukannya sendiri, namun tidak menghabiskan banyak waktu dalam merancangnya. Dengan logo maker Anda bisa menggunakan gambar, simbol, font dan warna.

Budget yang Anda keluarkan juga akan jauh lebih sedikit dibandingkan Anda harus menyewa seorang desainer logo.

Dibawah ini ada beberapa situs penyedia logo maker :

  • GraphicSprings.

  • DesignMantic.

  • SquareSpace.

  • TailorBrands.

  • Logo.com.

  1.  
  2. 2. Mengadakan Kontes Desain Logo

Solusi kedua adalah Anda bisa mengadakan kontes desain logo, ada beberapa website yang menampung para desainer hebat dan kreatif yang siap untuk membantu Anda dalam memaksimalkan brand produk.

Di website ini Anda hadir sebagai klien dan membuat sebuah kontes desain logo yang akan diikuti oleh ribuan desainer disana untuk merebutkan hadiah yang Anda tawarkan sebelumnya.

Kelebihannya adalah Anda akan diberikan beberapa alternatif logo dan jika menemukan logo yang sesuai dengan kriteria maka Anda bisa langsung memilih logo tersebut. Namun Anda juga bisa memberikan beberapa masukan untuk logo yang mendekati kriteria Anda.

Harga yang harus Anda keluarkan cukup terjangkau untuk kualitas desain yang profesional dan pilihan yang banyak. Dengan cara ini juga tidak akan memberikan waktu yang lama, sehingga bisa menghemat waktu Anda.

Related posts:
  1. 6 Langkah Mudah Melakukan Riset Pasar untuk Pemula Bisnis Skincare
  2. 11 Ide Promo yang Menarik untuk Meningkatkan Penjualan
  3. Cara Menanggapi Keluhan dan Komplain Komplain Konsumen pada Bisnis Anda
  4. 14 Langkah Promosi Skincare Melalui Media Social
  5. 9 Tips Packing Produk Berkualitas yang Aman dan Elegan
Ruth
Author
Ruth
Bagikan