Value Proposition

Updated September 28, 2022 • Created 11 bulan yang lalu
Value Proposition

Value proposition adalah nilai manfaat produk yang merupakan acuan pada pernyataan bisnis dan pemasaran yang digunakan pelaku usaha untuk memberikan alasan kenapa konsumen harus membeli produk ataupun pelayanan jasa. Kebanyakan dari kita melakukan kesalahan dalam mengartikan arti dari value proportion, karena beberapa bisnis menganggap bahwa value proposition merupakan slogan. Namun slogan bukan lah bagian dari value proposition karena slogan merupakan salah satu cara baik untuk membangun merek bisnis Anda kepada calon pelanggan. 

Value proposition merupakan acuan pada pertanyaan bisnis  dan pemasaran yang digunakan untuk memberi alasan kenapa calon pelanggan harus membeli produk atau menggunakan pelayanan jasa. Nilai yang ditawarkan menjelaskan kenapa merek, produk serta layanan jasa yang ditawarkan menjadi solusi untuk kebutuhan pelanggan. 

 

Secara sederhana, value proposition dapat diterapkan dalam bentuk harga murah, pengiriman tepat, pembayaran fleksibel, kualitas layanan serta kualitas produk. Value proposition bisa ditargetkan ke perusahaan besar maupun kecil, karena setiap elemen untuk pelanggan yang menjadi alasan bagi pelanggan untuk membeli produk atau layanan jasa Anda.

 

Berikut akan dijelaskan mengenai beberapa contoh value proposition :

1. Flip

Flip adalah aplikasi yang dapat membuat penggunanya untuk melakukan transaksi keuangan seperti halnya transfer antar bank tanpa membayar jasa transfer. Manfaat ini digunakan flip sebagai headline utama. Mereka juga menempatkan tombol CTA tepat dibawahnya. Sehingga pengguna yang penasaran dapat langsung mendaftar, headline masih memberikan manfaat yang ditampilkan di headline utama, yaitu membantu seluruh masyarakat Indonesia untuk lebih menghemat uang dengan cara menghapus biaya transfer antar bank.

Analisa value proposition

  • Produk beserta manfaatnya: Flip memungkinkan penggunanya untuk melakukan transfer antar bank tanpa biaya.

  • Cocok digunakan oleh: Orang yang sering melakukan transfer antar bank. Karena, mereka yang menggunakan aplikasi ini bisa menghemat banyak biaya dengan menggunakan Flip.

  • Keunggulan produk: Flip bersaing dengan aplikasi mobile banking yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transfer antar bank, tetapi kebanyakan kompetitornya masih menerapkan biaya transfer.

 

2. Niagahoster

Niagahoster memiliki layanan-layanan yang sangat banyak, begitu pula dengan value proposition yang ditawarkan dari layanan niagahoster yaitu membantu bisnis supaya punya daya saing yang tinggi, akan tetapi manfaat tersebut tentu perlu dijelaskan lebih spesifik. Juga bagaimana layanan ini mampu menciptakan bisnis lebih bersaing dengan layanan lain?

Dari situlah kenapa pertanyaan itu mampu langsung dijawab di sub-headline, yaitu dengan mempunyai alamat bisnis email yang milik sendiri, bisnis mampu menciptakan kemampuan yang lebih berupa memberi kesan yang profesional sekaligus dapat menciptakan meningkatnya kepercayaan pelanggan. Lalu selanjutnya value propositionnya ditutup dengan tombol CTA yang mengarahkan untuk “Memesan Sekarang” dan bukan hanya itu saja, disebelah kanannya juga ada elemen visual yang mampu memberikan gambaran kreatif mengenai email hosting.

 

Analisa Value Proposition

  • Produk dan manfaatnya: Layanan email hosting yang memungkinkan para pemilik bisnis untuk punya email bisnis profesional, maka mereka dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan.

  • Cocok digunakan oleh: Para pemilik bisnis yang ingin punya email profesional.

  • Keunggulan produk: Layanan email hosting Niagahoster yang sudah dilengkapi fitur SpamExperts dan SpamAssassin untuk melindungi email yang dikirim dan juga menghalangi email spam dari luar.




3. Mitra Bukalapak

Mitra Bukalapak yaitu program yang dibangun Bukalapak untuk membantu para pemilik akunnya membuka usaha dengan berjualan berbagai produk serta jasa yang ada di Bukalapak dan Value proposition yang mereka tawarkan cukup menarik. Headline utama websitenya pun langsung menjelaskan kepada pengunjung, siapa pun bisa mendapat untung jutaan dengan menjadi Mitra Bukalapak. Hal ini sangat menarik orang-orang yang ingin mendapat penghasilan tambahan.

Sub-headlinenya juga mendukung narasi di headline utama yaitu menjelaskan bahwa Mitra Bukalapak bisa menikmati berbagai manfaat mulai dari belanja stok warung hingga menjual berbagai macam produk virtual. Di Bagian kanan headline, Bukalapak menaruh gambar yang senada dengan pernyataan di headline tersebut yaitu: Siapapun bisa mendapat keuntungan dari program ini dari kalangan orang tua, anak muda, ibu rumah tangga, hingga tukang ojek.

 

Analisa Value Proposition

  • Produk serta manfaatnya: Program mitra usaha dapat membantu anggotanya untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

  • Cocok digunakan oleh: Siapa pun yang berminat untuk mendapat penghasilan tambahan dari berjualan di bukalapak.

  • Keunggulan produk: Mitra Bukalapak bisa bergabung tanpa mengeluarkan modal, dan ada banyak keuntungan lain seperti harga terjangkau untuk produk grosir juga potongan harga untuk layanan top up dan tagihan.

 

4. Sucor Sekuritas

Perusahaan yang mengelola di bidang investasi ini mempunyai value proposition yang sederhana, “Grow Your Wealth” artinya “Mengembangkan kekayaan Anda”. Selanjutnya, mereka juga menekankan manfaat layanannya di bagian sub headline, yaitu membantu banyak orang untuk mencapai kekuasaan finansial. Ini merupakan cara yang sangat bagus untuk mengajak masyarakat mengenal lebih jauh tentang dunia investasi. Dikarenakan, bahasa yang mudah dipahami. 

 

Analisa Value Proposition

  • Produk serta manfaatnya: sebuah layanan manajemen serta perdagangan online yang membantu nasabah dalam memulai kekayaannya dan mempertahankanya.

  • Cocok digunakan oleh:Seseorang yang berminat untuk berinvestasi demi mengembangkan harta kekayaannya.

  • Keunggulan produk: Selain menawarkan produk investasi yang cukup baik, sucor sekuritas juga mempunya aplikasi SPOT sehingga bisa mempermudah nasabahnya dalam menjalani trading online.

5. Qasir

Selanjutnya contoh bisnis yang dapat memanfaatkan seluruh elemen value propositionnya dengan benar dan baik , adalah Qasir. Ketika pertama kali melihat value propositionnya, kamu dapat langsung tahu mengenai manfaat utama aplikasi ini. Qasir merupakan aplikasi kasir yang dapat membantu para pemilik usaha untuk mengelola bisnis dengan media online, bahkan yang menjadi kunci dari penawarannya adalah kata gratis. Karena, kata ini secara berurutan berada di headline, sub-headline, serta tombol CTA. Maka dari itu, bisa dibilang gratis merupakan salah satu keunggulan utama yang dimiliki aplikasi Qasir. Memiliki penawaran yang menarik, gambar yang digunakan aplikasi Qasir cukup mewakili fungsi aplikasi mereka dari memilih menu sampai memproses pembayaran. Kamu pun dapat melakukan hal yang sama ketika merangkai value proposition, pastikan terlebih dahulu seluruh elemen dari headline sampai gambar mampu mengkomunikasikan manfaat serta keunggulan produk dengan baik ke calon konsumen.

 

Analisa Value Proposition

  • Produk serta manfaatnya: Qasir dapat membantu para pengusaha mengelola bisnisnya melalui perangkat mobile.

  • Cocok digunakan oleh: Pengusaha yang mencari solusi sederhana dalam mengelola usaha sekaligus kemudahan dalam melayani pelanggan.

  • Keunggulan produk: Sesuai dengan value proposition di halaman utama website, pengguna bisa menikmati fitur Qasir secara gratis. Qasir juga menawarkan fitur premium seperti fitur laporan usaha serta fitur absensi.

Ini dia pembahasan mengenai value proposition yang merupakan nilai manfaat produk, beserta contohnya.

Semoga bermanfaat!

Related posts:
  1. 6 Langkah Mudah Melakukan Riset Pasar untuk Pemula Bisnis Skincare
  2. 11 Ide Promo yang Menarik untuk Meningkatkan Penjualan
  3. Cara Menanggapi Keluhan dan Komplain Komplain Konsumen pada Bisnis Anda
  4. 14 Langkah Promosi Skincare Melalui Media Social
  5. 9 Tips Packing Produk Berkualitas yang Aman dan Elegan
Ruth
Author
Ruth
Bagikan