Value Proposition

Ruth
1 tahun lalu
Bisnis
Contoh value propotition

Secara harfiah, value proposition dalam Bahasa Indonesia berarti manfaat produk. Maka, jika dijabarkan lebih lanjut, value proposition merupakan acuan pada pernyataan bisnis dan pemasaran yang digunakan untuk memberi alasan kenapa calon pelanggan harus membeli produk.

Kebanyakan dari pebisnis melakukan kesalahan dalam mengartikan arti value proposition. Beberapa pelaku bisnis menganggap bahwa value proposition adalah slogan.

Nilai yang ditawarkan menjelaskan kenapa merek, produk serta layanan jasa yang ditawarkan menjadi solusi untuk kebutuhan pelanggan.

Akan tetapi, untuk dapat memahami value proposition lebih reliable, Anda juga perlu mengerti tentang CTA. 

Karenanya, Anda bisa membaca pembahasan detail tentang CTA dari KiriminAja. Anda cukup klik tautan tersebut lalu akan diarahkan ke rangkumannya.

Cobalah pahami uraian tersebut, lalu elaborasikan dengan value proposition yang akan dibahas di bawah ini.

Apa itu Value Preposition?

Secara sederhana, pengertian value proposition dapat diterapkan dalam bentuk harga murah, pengiriman tepat, pembayaran fleksibel, kualitas layanan serta kualitas produk.

Artinya, perusahaan besar maupun kecil dapat menerapkan value proposition. Sebab setiap faktor pertimbangan pelanggan adalah elemen yang ditawarkan pelaku bisnis ke pasar.

Contoh Value Proposition

KiriminAja menjelaskan beberapa contoh value proposition dalam bentuk kasus perusahan-perusahaan besar di Indonesia. Harapannya, dari sini Anda dapat menemukan jawaban atas pertanyaan tentang value proposition.

Flip

Flip adalah aplikasi yang dapat membuat penggunanya untuk melakukan transaksi keuangan seperti halnya transfer antar bank tanpa membayar jasa transfer.

Manfaat tersebut digunakan Flip sebagai headline utama. Mereka juga menempatkan tombol CTA di beberapa aktivitas promosinya. Sehingga pengguna yang penasaran dapat langsung mendaftar.

Highlight utama Flip adalah memberikan manfaat yang ditampilkan di headline utama berbagai aktivitas marketingnya. Maka, analisa dan contoh value proposition adalah:

  • Produk beserta manfaatnya: Flip memungkinkan penggunanya untuk melakukan transfer antar bank tanpa biaya.
  • Cocok digunakan oleh: Orang yang sering melakukan transfer antar bank. Karena, mereka yang menggunakan aplikasi ini bisa menghemat banyak biaya dengan menggunakan Flip .
  • Keunggulan produk: Flip bersaing dengan aplikasi mobile banking yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transfer antar bank, tetapi kebanyakan kompetitornya masih menerapkan biaya transfer.

Niagahoster

Niagahoster memiliki jenis layanan yang sangat banyak. Begitu pula dengan value proposition yang ditawarkan.

Value proposition layanan niagahoster mulai sebagai hosting kecamatan Ngaglik hingga membantu bisnis supaya punya daya saing yang tinggi.

Akan tetapi manfaat tersebut tentu perlu dijelaskan lebih spesifik. Juga bagaimana layanan ini mampu menciptakan bisnis lebih bersaing dengan layanan lain?

Pertanyaan itu langsung dijawab di sub-headline, yaitu dengan mempunyai alamat bisnis email yang milik sendiri, bisnis mampu menciptakan kemampuan yang lebih berupa memberi kesan yang profesional, sekaligus dapat menciptakan meningkatnya kepercayaan pelanggan.

Lalu selanjutnya value propositionnya ditutup dengan tombol CTA yang mengarahkan untuk “Memesan Sekarang”.

Bukan hanya itu saja, di sisi sebelah kanan juga ada elemen visual yang mampu memberikan gambaran kreatif mengenai email hosting. Analisa value proposition-nya begini:

  • Produk dan manfaatnya: Layanan email hosting yang memungkinkan para pemilik bisnis untuk punya email bisnis profesional, maka mereka dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan.
  • Cocok digunakan oleh: Para pemilik bisnis yang ingin punya email profesional.
  • Keunggulan produk: Layanan email hosting Niagahoster yang sudah dilengkapi fitur SpamExperts dan SpamAssassin untuk melindungi email yang dikirim dan juga menghalangi email spam dari luar. 

Sucor Sekuritas

Perusahaan pengelolaan investasi ini mempunyai value proposition yang sederhana, “Grow Your Wealth” artinya “Mengembangkan kekayaan Anda”.

Selanjutnya, mereka juga menekankan manfaat layanannya di bagian sub headline, yaitu membantu banyak orang untuk mencapai kebebasan finansial.

Teknik tersebut merupakan cara bagus untuk mengajak masyarakat mengenal lebih jauh tentang dunia investasi. Dikarenakan, bahasa yang mudah dipahami. Analisa value proposition Sucor Sekuritas adalah:

  • Produk serta manfaatnya: sebuah layanan manajemen serta perdagangan online yang membantu nasabah dalam memulai kekayaannya dan mempertahankanya.
  • Cocok digunakan oleh:Seseorang yang berminat untuk berinvestasi demi mengembangkan harta kekayaannya.
  • Keunggulan produk: Selain menawarkan produk investasi yang cukup baik, sucor sekuritas juga mempunya aplikasi SPOT sehingga bisa mempermudah nasabahnya dalam menjalani trading online.

Qasir

Selanjutnya contoh bisnis yang dapat memanfaatkan seluruh elemen value propositionnya dengan benar dan baik adalah Qasir .

Ketika pertama kali melihat value propositionnya, Anda dapat langsung tahu mengenai manfaat utama aplikasi ini.

Qasir merupakan aplikasi kasir yang dapat membantu para pemilik usaha untuk mengelola bisnis secara online. Bahkan yang menjadi kunci dari penawarannya adalah kata gratis. 

Karena kata gratis secara berurutan berada di headline, sub-headline, serta tombol CTA.

Maka dari itu, bisa dibilang gratis merupakan salah satu keunggulan utama yang dimiliki aplikasi Qasir .

Memiliki penawaran yang menarik, gambar yang digunakan aplikasi Qasir mewakili fungsi aplikasinya, dari memilih menu sampai memproses pembayaran.

Qasir mampu memanfaatkan seluruh elemen untuk mengkomunikasikan manfaat serta keunggulan produk dengan baik ke calon konsumen. Analisa value proposition Qasir adalah:

  • Produk serta manfaatnya: Qasir dapat membantu para pengusaha mengelola bisnisnya melalui perangkat mobile.
  • Cocok digunakan oleh: Pengusaha yang mencari solusi sederhana dalam mengelola usaha sekaligus kemudahan dalam melayani pelanggan.
  • Keunggulan produk: Sesuai dengan value proposition di halaman utama website, pengguna bisa menikmati fitur Qasir secara gratis. Qasir juga menawarkan fitur premium seperti fitur laporan usaha serta fitur absensi.

Pembahasan sejumlah perusahaan di atas menyiratkan bahwa online value proposition adalah hal krusial yang perlu dimiliki tiap pelaku bisnis di era digital.

Karenanya, apakah bisnis Anda sudah punya value preposition yang menonjol? Jika belum, KiriminAja bisa mendukung Anda dengan memberikan harga ongkir yang masuk akal.

Iya, biaya ongkir bisnis online bisa jadi value preposition, lho. Caranya, cukup daftarkan diri Anda ke dashboard KiriminAja. Lalu pilihlah berbagai jenis jasa kurir yang akan membantu Anda menekan harga.

Sehingga, biaya ongkir terjangkau, cashflow aman, value preposition menonjol, bisnis tumbuh, dan hati pun tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Ruth
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.