Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju bagi Pemula

Dwika
1 tahun lalu
Bisnis
Cara mulai bisnis online baju

Bisnis online saat ini tengah dilirik oleh para pelaku usaha, baik UMKM maupun pengusaha besar. Salah satu yang paling digandrungi saat ini adalah ritel fashion atau pakaian.

Bisnis ini memiliki pangsa pasar yang luas sehingga mampu mendatangkan keuntungan besar. Untuk mengetahui langkah-langkah memulainya, simaklah penjelasannya berikut ini!

Sebelum itu, Anda juga bisa menambah referensi tentang cara memulai bisnis online tanpa modal di sini. Siapa tahu ini bisa diterapkan ke bisnis fashion Anda. Jadi jangan lupa kilk dan baca link di atas ya.

Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju

“Bisnis itu harus sesuai dengan passion”. Ungkapan tersebut memang benar adanya. Jika Anda memiliki ketertarikan besar dengan dunia fashion, tidak ada salahnya memulai bisnis online shop baju untuk menambah penghasilan Anda. 

Berikut adalah kiat-kiat memulai bisnis online shop baju:

1. Riset Produk dan Target Pasarnya

Menentukan jenis produk yang akan dijual termasuk hal paling mendasar yang harus anda lakukan. 

Melalui riset produk dan target pasarnya, Anda bisa dengan mudah menarik calon pelanggan.  Hal ini juga memudahkan Anda untuk menentukan produk unik yang akan Anda jual yang tentunya berbeda dari online shop baju di luar sana. 

Lakukan riset tersebut secara detail agar bisa dijadikan sebagai list keunggulan dari produk Anda. Kemudian kenalilah target pasarnya untuk bisa memudahkan produk Anda diterima oleh target pasar. 

2. Tentukan Produsen Baju yang Tepat

Dalam mencari produsen baju yang tepat, Anda perlu melakukan riset yang benar-benar serius agar mendapatkan produsen yang bisa memberikan produk berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau.

Anda bisa mencarinya secara online dari internet atau secara langsung ke pabrik baju di sekitar Anda.

Pastikan kembali bahwa produsen baju yang Anda pilih nantinya mampu memberikan update stok dengan cepat serta mampu memberikan respons pertanyaan maupun pesanan Anda dengan tanggap. 

3. Mulailah dengan Cara Dropship atau Reseller

Memulai bisnis online shop baju untuk menjadi besar tidak semudah yang dibayangkan. 

Maka cara terbaik yang bisa Anda pilih sekarang yakni dengan menjadi seorang dropshipper atau reseller terlebih dulu. 

Dalam bisnis baju online, seorang reseller tidak membutuhkan modal besar. Anda hanya cukup menyetok beberapa produk untuk memulainya

Sementara jika Anda seorang dropshipper, Anda tidak perlu stok barang. Cukup mempromosikan dengan gencar produk baju yang Anda jual dari supplier. Bahkan Anda juga tak perlu memikirkan pengirimannya.

4. Pasarkan Produk Anda melalui Media Sosial Maupun Marketplace

Pemasaran produk online shop dapat dilakukan dengan mudah melalui media sosial dan marketplace. 

Anda bisa menyiapkan konten berupa foto atau video menarik untuk memikat calon pelanggan, kemudian unggah ke media sosial maupun marketplace yang Anda gunakan

Pastikan mencantumkan caption dan deskripsi detail produk dengan jelas agar calon pelanggan mendapatkan informasi yang lengkap. 

Kenali target pasar dan tentukan media sosial mana yang lebih diminati oleh mereka, Anda bisa lebih fokus dan tertarget pada sosial media atau marketplace tersebut.

Untuk lebih memahami bagaimana praktik pemasaran, KiriminAja sudah membuatkan rangkuman khusus untuk Anda.

Rangkuman KiriminAja tentang cara memasarkan produk di medsos dan marketplace ini perlu Anda baca untuk lebih menyelami dunia marketing.

Cukup klik tautan di atas, memahami, dan mulai praktik sedikit demi sedikit.

5. Melakukan Promosi Semenarik Mungkin

Untuk menarik minat calon pelanggan, buatlah beragam promosi yang inovatif dan kreatif, seperti memberikan diskon di momen-momen tertentu, quiz, giveaway, dan promo-promo menarik lainnya.

Bentuk promo-promo ini bisa menarik minat calon pelanggan untuk membeli sehingga dapat meningkatkan penjualan Anda.

Pastikan tetap mempertahankan kualitas produk agar para pelanggan tetap puas dengan produk Anda.

6. Menanggapi Pelanggan dengan Ramah dan Cepat

Sebagai penjual online, Anda perlu memberikan tanggapan yang ramah dan respons yang cepat di setiap pertanyaan calon pelanggan, baik melalui pesan atau komentar di media sosial. 

Hal ini perlu dilakukan agar calon pelanggan tidak kecewa berbelanja di online shop Anda.

7. Mengevaluasi Strategi Pemasaran yang Digunakan

Sebagai pebisnis online shop baju, Anda perlu melakukan evaluasi strategi pemasaran yang Anda gunakan untuk menjaga performa penjualan dan kegiatan pemasaran produk.

Dengan begitu, online shop Anda akan mampu menarik minat pelanggan yang lebih baik lagi karena mampu memenuhi kebutuhan konsumen.

Salah satu langkah evaluasi yang perlu dilakukan adalah memastikan apakah aspek pemasaran yang diterapkan sudah berorientasi pada konsumen atau hanya sebatas teori belaka. 

Untuk itu, Anda bisa mengunjungi uraian KiriminAja tentang aspek pemasaran dan korelasinya dengan komunikasi penjualan.

Dengan mempelajari uraian di atas dengan seksama, diharapkan Anda bisa menerapkan evaluasi dan memilih aspek pemasaran yang sesuai kondisi pasar.

Selain itu, dengan membaca artikel tersebut, Anda juga bisa mulai mempelajari bagaimana pemasaran dapat menjadi sarana komunikasi tim sales bahwa produk yang dijual adalah solusi untuk konsumen.

Itulah cara memulai bisnis online shop baju yang perlu Anda ketahui sebagai pemula. Hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin terjun ke dunia bisnis online dengan modal yang ringan.

Bisnis online dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan berbagai kemudahan.  Salah satunya adalah kemudahan melakukan pengiriman barang.  Saat ini banyak sekali pilihan jasa pengiriman yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat.

Salah satunya adalah KiriminAja, sebuah platform yang memberikan kemudahan untuk pengiriman paket dan menemukan ekspedisi sesuai kebutuhan masyarakat.  Sehingga Anda sebagai pebisnis online pemula bisa lebih fokus dalam mengembangkan usaha Anda.

Daftar segera di Dashboard KiriminAja untuk mendapatkan pengalaman bisnis yang menguntungkan. 

Pastikan Anda memiliki keinginan dan kemauan yang tinggi untuk terus belajar mengelola bisnis hingga mampu bersaing dengan kompetitor yang ada. Selamat mencoba.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Dwika
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.