Pentingnya Aspek Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan

Kinanthi Haksari
1 tahun lalu
Ecommerce
Analisa Aspek Pemasaran

Aspek pemasaran merupakan faktor utama keberhasilan suatu perusahaan untuk menempatkan produk dan pasarnya. Aspek pemasaran yang tepat tentunya akan meningkatkan performa dan profit perusahaan.

Aktivitas terkait aspek pemasaran dilakukan setelah adanya adanya analisis pasar. Walaupun, dalam praktiknya, keduanya saling tumpang tindih.

Mengapa aspek pemasaran memegang peranan penting dalam keberlangsungan UKM? Dengan memahami aspek pemasaran, Anda dapat menentukan studi kelayakan atau identifikasi pada bisnis yang sedang berjalan. 

Sehingga, saat melakukan pemasaran dan penjualan, Anda paham kebutuhan serta masalah konsumen.

Pembahasan ini akan menguraikan kenapa pemasaran penting dalam penjualan, dan bagaimana korelasinya dengan aspek penjualan. KiriminAja juga akan jelaskan pentingnya perusahaan melakukan analisis pasar demi bisa melakukan praktik pemasaran yang tepat.

Apa Itu Aspek Pemasaran?

Aspek pemasaran adalah berbagai hal terkait marketing yang menjadi faktor penting untuk memutuskan bagaimana atau sejauh mana strategi, teknik, rencana, dan praktik pemasaran dijalankan demi mencapai lead sales.

Sedangkan aspek penjualan adalah berbagai hal terkait sales yang jadi faktor untuk memutuskan bagaimana atau sejauh mana strategi, teknik, rencana, dan praktik penjualan dijalankan agar konsumen membeli/mengonsumsi produk.

Aspek pemasaran memang terkait dengan aspek penjualan. Bahkan, pada banyak kasus, aspek pemasaran dan penjualan saling bertumpang tindih. Sehingga, sulit dibedakan mana aspek pemasaran dan mana aspek penjualan. 

Untuk bisa memilah, memilih, dan menentukan aspek pemasaran yang tepat, Anda perlu melakukan analisa pasar. Dengan analisa pasar, bisnis akan tahu berbagai data terkait konsumen.

Data-data konsumen ini akan diolah dan dielaborasikan dengan berbagai aspek pemasaran atau aspek penjualan. Sehingga praktik pemasaran dan penjualan akan jadi aktivitas yang benar-benar consumer-oriented.

Aspek pemasaran berfungsi untuk melihat dan menganalisis kebutuhan yang diharapkan pasar. Berbagai aspek dalam pemasaran direncanakan dan disesuaikan dengan hasil analisis pasar.

Untuk memahami bagaimana praktik atau bentuk paling umum dalam pemasaran, Anda bisa melihat uraian detail terkait strategi promosi yang komprehensif di sini.

Anda akan mendapatkan penjelasan bagaimana promosi penjualan dilakukan, strategi apa yang dijalankan, dan platform mana yang cocok untuk setiap strategi.

Aspek Pemasaran yang Vital Bagi Bisnis Anda

Seperti penjelasan di atas,  berbagai aspek manajemen pemasaran sangat penting untuk menentukan strategi marketing yang tepat untuk mendapatkan pelanggan. Nah, di bawah ini terdapat beberapa aspek pemasaran yang perlu kamu ketahui untuk meningkatkan penjualan.

Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah proses pembagian atau mengidentifikasi suatu pasar dengan melihat karakteristik konsumen. Karakteristik tersebut dapat dilihat berdasarkan demografi, ciri khas daerah, demografi, dan kelas sosial.

Analisa Kondisi Pasar

Melakukan analisis kondisi pasar merupakan hal penting yang perlu dilakukan oleh perusahaan. Dengan melakukan analisis tersebut, perusahaan dapat mengenali dan memahami kebutuhan konsumen, trend, dan keadaan pasar. Dengan begitu, penjualan akan meningkat jika menerapkan analisa kondisi pasar.

Analisis Pesaing

Tidak dapat kita pungkiri bahwa dalam dunia usaha pasti terdapat kompetitor atau pesaing. Maka dari itu, sangat penting bagi suatu perusahaan untuk melakukan analisis pesaing. Aspek pemasaran menggunakan analisis ini tentunya perusahaan akan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari pesaing.

Strategi Promosi

Promosi merupakan suatu langkah wajib yang perlu dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Promosi biasanya dibuat untuk menarik pelanggan agar membeli produk kita. Pasalnya, mayoritas konsumen lebih tertarik dengan produk yang memberikan harga lebih murah namun dengan kualitas yang tidak terlalu buruk.

Strategi promosi dapat dilakukan dengan memanfaatkan sosial media seperti tik tok, instagram, facebook, atau bahkan papan iklan lainnya.

Sebagai contoh, Anda melakukan promosi di TikTok. Artinya, Anda harus tahu bagaimana karakter TikTok, siapa content creator yang cocok, dan lain sebagainya.

Karena itu, Anda bisa membaca referensi KiriminAja tentang bagaimana dan kenapa TikTok cocok untuk aktivitas pemasaran bisnis.

Cukup klik tautan referensi tadi, dan Anda akan mendapatkan ulasan yang membantu membuat strategi promosi bisnis.

Dengan begitu, strategi promosi yang Anda buat jadi lebih terukur, terstruktur, tidak sia-sia, dan membuang uang begitu saja.

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa aspek pemasaran memiliki peran penting dalam peningkatan penjualan. Dengan memahami aspek pemasaran, perusahaan akan dapat mengetahui kebutuhan konsumen, kondisi pasar, trend, dan lain sebagainya.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Kinanthi Haksari
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.