3 Metode Penetapan Harga yang Perlu Kamu Ketahui

Kinanthi Haksari
1 tahun lalu
Bisnis
Metode HPP

Harga adalah aspek yang sangat penting dalam suatu proses jual beli. Setiap perusahaan tentunya perlu memiliki metode penetapan harga agar dapat menarik konsumen sehingga mampu membeli produk kita. Ada beberapa metode yang perlu kamu ketahui untuk meningkatkan penjualanmu. Simak pembahasan di bawah ini ya.

Eh, tapi sebelum lebih jauh membahas lebih jauh soal penetapan harga, kami sudah menyiapkan panduan memahami pasar monopoli. Kenapa pasar monopoli?

Karena pasar monopoli adalah jenis pasar yang membuat hampir semua metode penetapan harga ini tidak berarti. Alias, berapa pun harganya, pasti ada saja konsumennya.

Metode Penetapan Harga Berorientasi Biaya

Setiap perusahaan perlu menerapkan metode penetapan harga yang berorientasi pada biaya. Pada metode ini terbagi menjadi tiga cara diantaranya sebagai berikut:

Markup Pricing

Markup pricing merupakan sebuah cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan dengan cara peningkatan harga atau menambahkan jumlah rupiah dari total biaya dengan harga akhirnya.

Cost-Plus Pricing

Cost-plus pricing merupakan metode penentapan harga jual menghitung biaya produksi dan memasukkan presentase tetap.

Target-Returning Pricing

Target-returning pricing merupakan metode penetapan harga produk yang dilakukan dengan cara menghitung harga yang akan ditetapkan untuk mencapai tingkat keuntungan yang akan diinginkan atau dicapai.

Untuk memahami bagaimana rumus ketiga metode di atas, kami menyiapkan panduan strategis cara menentukan harga jual dengan menghitung HPP. Sehingga, pemahaman Anda jadi lebih komprehensif dalam menentukan harga jual.

Metode Penetapan Harga Berorientasi Pasar

Selain metode diatas, perusahaan dapat menerapkan metode penetapan harga berorientasi pasar. Berikut cara-cara yang dapat dilakukan perusahaan menggunakan metode penetapan harga berorientasi pasar:

Value Pricing

Value pricing merupakan metode penetapan harga yang berorientasi pada persepsi pelanggan terhadap produk yang kamu pasarkan.

Perceived-Value Pricing

Menggunakan metode penetapan harga ini, perusahaan perlu mempertimbangkan hal-hal yang mampu mempengaruhi sudut pandang konsumen seperti kualitas produk, sistem distribus, promosi, dan lain sebagainya.

Going-Rate Pricing

Metode penetapan harga produk yang satu ini mengharuskan perusahaan untuk meninjau harga yang dipasang oleh kompetitor atau pesaing. Hal ini dilakukan agar perusahaanmu tidak kalah saing dengan perusahaan lain dan mampu menarik perhatian konsumen.

Auction Type Pricing

Pada zaman teknologi sekarang ini, metode yang satu ini sering digunakan oleh perusahaan. Metode yang dilakukan adalah menetapkan harga kontemporer seperti yang sering kita lihat pada situs online seperti shopee, tokopedia, dan lain sebagainya.

Differential Pricing

Metode penetapan harga ini dapat diterapkan ketika harga yang sudah ditetapkan berbeda. Misalnya penetapan harga disesuaikan dengan perbedaan wilayah, produk, dan lain sebagainya.

Metode Penetapan Harga Berorientasi Laba

Metode penetapan harga produk ini diterapkan berdasarkan analisis laba rugi suatu perusahaan. Adanya peningkatan atau penurunan biaya total akan meningkatkan laba. Dalam metode ini, perusahaan berusaha menetapkan harga sesuai dengan keseimbangan pasar.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Kinanthi Haksari
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.