Memahami Threads Sebagai Bagian Strategi Instagram Marketing Bisnis

Kinanthi Haksari
1 tahun lalu
Ecommerce
Cara analisa performa reels instagram

Kabar baik telah tiba; strategi Instagram marketing Anda mendapat dukungan dari media sosial baru yang bernama Threads. 

Bisa dibilang Threads ini mirip dengan media sosial Twitter, di mana Anda bisa membuat konten teks lebih dinamis, personal, serta menarik.

Sehingga Anda bisa menghibur dan juga bisa melibatkan followers Anda, yang juga merupakan follower Instagram.

Threads hadir sebagai platform yang mencoba mengambil kesempatan saat Twitter sedang chaos. 

Plus, sebagai bagian dari Meta, maka masuk akal jika Anda harus mempertimbangkan Threads sebagai platform pemasaran.

Media sosial baru dari Instagram ini dapat membantu para pemilik bisnis online untuk membranding produknya lebih holistik dengan Instagram. 

Lalu, yang jadi pertanyaan tentang Instagram marketing sekarang adalah bagaimana menghubungkannya dengan Threads? Simak ulasan ini sampai selesai…

Konsep & Definisi Strategi Instagram Marketing

Strategi marketing Instagram dapat didefinisikan sebagai berbagai aktivitas perencanaan, aktivasi, evaluasi, dan segala hal terkait  pemasaran di platform Instagram. 

Salah satu strategi yang sering menjadi pr adalah cara menambah followers ig, Anda bisa membaca link tersebut sebagai referensi nantinya.

Strategi pemasaran di Instagram ini harus mempertimbangkan berbagai aspek seperti: target audiens

  • Merek
  • Gaya
  • Frekuensi konten
  • Hashtag
  • Interaksi dengan follower
  • Menjalankan iklan berbayar
  • Memanfaatkan konten yang dihasilkan pengguna
  • Collab dengan influencer.

Digital marketing Instagram menempati posisi unik saat ini karena adanya ciri unik, seperti sangat mementingkan visual, tingkat keterlibatan yang tinggi, dan kemampuan periklanan yang canggih. 

Fitur-fitur variatif yang dimiliki seperti Instagram Reels, Stories, dan Shopping juga memberikan berbagai kemungkinan bagi bisnis Anda menjangkau serta berinteraksi dengan audiens.

Manfaat Digital Marketing di Instagram

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh dalam menjalankan strategi pemasaran Instagram, di antaranya:

Jangkauan

Pengguna aktif Instagram di Indonesia terhitung lebih dari 50 juta orang. Jumlah sebanyak itu adalah potensi konten/produk/bisnis Anda menjangkau audiens lebih luas.

Dengan kata lain, peluang untuk produk atau layanan Anda dikenal dan dilihat oleh jutaan orang ada di depan mata.

Interaksi

Instagram merupakan platform yang sangat interaktif. Karenanya, berbagai strategi marketing di Instagram selalu menuntut adanya tingkat interaksi yang tinggi antara audiens dengan konten Anda. 

Sebagai contoh adalah membuat konten reels yang menarik dan relevan bisa memancing interaksi dengan  audiens. 

Brand Awareness

Instagram adalah platform yang efektif untuk membangun brand awareness dan berujung mendapat konsumen baru.

Kombinasi gambar menarik, caption kuat, hashtag yang tepat, dan konsistensi akan membantu bisnis Anda membentuk citra brand. Kombinasi tersebut diunggah di Reels, Story, Feed, dan IGTV 

Citra brand yang dijaga ini pada akhirnya akan menuntun Anda mempertahankan konsumen setia sekaligus menambah pelanggan baru.

Konversi

Instagram juga bisa sarana bisnis Anda mendapatkan prospek dan penjualan. Manfaatkan fituri tag produk dan Instagram Shopping, maka Anda bisa mengubah follower jadi customer atau viewer jadi buyer langsung dari platform Instagram itu sendiri.

Jadi, memanfaatkan strategi digital marketing di Instagram bisnis Anda bisa membawa manfaat yang signifikan. Lalu, bagaimana dengan Threads?

Strategi Instagram Marketing dengan Threads

Berikut ini adalah beberapa cara menggunakan Threads sebagai bagian dari strategi Instagram marketing bisnis Anda:

Bagikan Konten Behind The Scene

Threads merupakan platform yang oke banget untuk berbagi konten di balik layar. Berikan foto dan video saat tim Anda sedang bekerja. 

Kemudian ceritakan bagaimana keseruan produksinya. Konten behind the scene ini cocok saat konten yang diproduksi hadir di Instagram. 

Sehingga terbangun keterkaitan antara Threads dengan Instagram. Dengan begitu, audiens akan melihat sisi unik dan otentik dari brand Anda. Hal itulah yang membantu membangun kepercayaan dan hubungan baik dengan follower Anda.

Buat Sesi Tanya Jawab

Threads memudahkan Anda mengadakan sesi tanya jawab secara langsung dengan pengikut Anda. Tanya jawab di Threads lebih menarik dari Live Instagram karena audiens Anda tidak perlu repot-repot menonton siaran. 

Threads memungkinkan pertanyaan dan jawaban terekam dalam bentuk teks yang bisa diakses kapan saja. 

Anda bisa memanfaatkan sesi tanya jawab di Threads untuk mempromosikan produk, sekedar lebih mengenal follower, atau menjawab keluhan pelanggan.

Adakan Kontes dan Giveaway

Threads adalah platform oke untuk menjalankan kontes dan giveaway. Apalagi platform ini baru eksis di internet dengan jumlah pengguna yang berasal dari Isntagram. 

Jadi, saat mengadakan kontes atau giveaway, audiens yang ikut adalah akun-akun organik dan memang real terpapar brand Anda.

Promosikan Platform Medsos yang Lain

Threads juga sangat memungkinkan Anda mempromosikan platform medsos yang lain, seperti akun YouTube, TikTok, Website, dan Instagram.

Anda hanya cukup berbagai tautan di Threads. Cara ini bisa menunjukkan bahwa bisnis Anda bisa diakses di berbagai jenis platform dengan sejumlah konten yang berkesinambungan.

Sebenarnya, masih ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dengan Threads dalam kerangka strategi marketing Instagram.

Sebab, Threads adalah platform yang sangat fleksibel dan dapat digunakan untuk berbagai aktivitas yang sejalan dengan pemasaran digital di Instagram. 

Tentu saja, kreativitas dan keluar dari keragu-raguan adalah kunci Anda bisa membangun strategi Instagram marketing yang holistik.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Kinanthi Haksari
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.