Alasan Mengapa Anda Harus Menerapkan Strategi Marketing di Reels Instagram

Kinanthi Haksari
2 bulan yang lalu
250
Alasan Mengapa Anda Harus Menerapkan Strategi Marketing di Reels Instagram

Kabar baik telah tiba, dimana Anda sekarang sudah bisa menggunakan fitur baru dari Instagram yaitu Instagram Reels, yang mana Anda bisa memanfaatkan Instagram Reels ini untuk kebutuhan bisnis online. Sebelumnya, fitur yang satu ini hanya bisa digunakan di beberapa negara saja.

Bisa dibilang Instagram Reels ini mirip dengan media sosial TikTok, dimana Anda bisa membuat konten yang lebih dinamis serta menarik di Instagram, sehingga bisa menghibur dan juga bisa melibatkan followers Anda di Instagram. Fleksibilitas dari fitur yang satu ini, maka masuk akal jika Anda harus mempertimbangkan Instagram Reels untuk kebutuhan pemasaran.

Fitur baru di Instagram ini dipercaya oleh para ahli digital marketer dapat membantu para pemilik bisnis online untuk membranding produknya. Lalu, apa aja sih manfaat dan juga kegunaan dari Instagram Reels ini? Simak ulasan ini sampai selesai.

 Tentang Instagram Reels

Instagram Reel adalah fitur baru yang ada di Instagram dan memungkinkan penggunanya untuk melakukan perekaman, dan juga mengedit video dengan durasi yang pendek antara 15 detik sampai dengan 30 detik saja.

Video reel bisa berupa beberapa video maupun satu video, bahkan Anda bisa menambahkan musik juga dan memberikan efek AR yang cukup menarik. Video yang sudah diunggah bisa Anda bagikan kepada follower Anda.

 Fitur Menarik di Instagram Reels

Fitur baru dari Instagram ini memiliki beragam fitur yang menarik dan bisa digunakan untuk membuat konten video yang menarik. Beberapa fitur dari Instagram Reels adalah sebagai berikut:

1. Remix

Fitur yang satu ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat konten video dengan versi unik, dan menggabungkan beberapa video reel sebelumnya yang sudah ada.

2. Efek AR (Augmented Reality Effect)

Fitur yang satu ini bisa membuat konten video Anda terlihat lebih cantik. Anda juga bisa memilih untuk menggunakan filter yang lainnya, filter tersebut bisa Anda gunakan untuk mempercantik dan membuat konten video Anda lebih menarik lagi.

3. Voiceover

Fitur voice over bisa Anda gunakan untuk menambahkan suara ke dalam konten video. Anda juga bisa melakukan Mixed Audio sehingga Anda bisa menambahkan suara lainnya seperti lagu sebagai latar belakang di konten video Anda.

4. Countdown dan Timer

Dengan fitur yang satu ini, Anda bisa mengatur waktu rekam secara otomatis sehingga dapat mempermudah Anda ketika pembuatan konten video dengan konsep on-stage.

5. Align

Nah, fitur yang satu ini memiliki tujuan untuk membuat objek seperti halnya stiker maupun tulisan yang akan disisipkan video sebelumnya sehingga lebih rapi ketika melakukan transisi. Anda juga bisa memotong video menjadi beberapa bagian dengan menggunakan fitur ini.

Fitur ini juga sangat berguna untuk mengatur video agar lebih presisi sehingga hasilnya bisa menjadi lebih rapi dan profesional.

6. Kecepatan/Speed

Dengan fitur yang satu ini Anda sebagai pengguna bisa mempercepat maupun memperlambat konten video dan juga audio sesuai dengan kebutuhan.

 Alasan Harus Mencoba Fitur Instagram Reels untuk Digital Marketing

Fitur baru dari Instagram ini harus Anda coba untuk meraih peluang dan meningkatkan strategi digital marketing media sosial yang sedang Anda lakukan saat ini. Pengguna Instagram sampai saat ini telah memiliki jumlah pengguna sebanyak 1 miliar.

Ini adalah angka yang tidak sedikit dan sangat besar untuk dijangkau, dengan Anda melakukan promosi di Instagram maka produk Anda berpeluang dilirik banyak pengguna Instagram.

Kelebihan dari fitur baru ini ketika Anda menggunakannya untuk kebutuhan marketing adalah konten video marketing Anda ini tidak hanya dijangkau oleh followers Anda saja. Melainkan pengguna Instagram yang lebih luas lagi.

Anda bisa menampilkan konten video Reels di Feed maupun di tab Reel di profil Anda, karena fitur yang satu ini memiliki masa pakai yang lebih lama. Namun jika Anda hanya membagikan konten marketing di Instagram Stories saja, maka konten tersebut akan menghilang setelah waktu 24 jam.

Salah satu alasan kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan Instagram Reels untuk kebutuhan marketing adalah sangat mengasyikan dan mudah digunakan serta dimanfaatkan.

 Cara Menganalisa Kinerja Instagram Reels

Sekarang jika Anda sudah menggunakan Instagram Reels, timbul pertanyaan baru “bagaimana cara menganalisis Kinerja Instagram Reels?” Nah, pembahasan di bawah ini akan menjawab pertanyaan Anda.

Anda bisa mengakses Reels Insight yang berada di menu settings pada reels instagram dan disana terdapat dua kategori diantaranya adalah:

Discovery: Kategori ini berisikan Account Reach dan juga jumlah akun unik yang telah melihat konten Reels Anda minimal sekali melihat dan ketika pengguna Instagram melihatnya secara berulang maka tidak akan masuk kedalam Reach. Selanjutnya disana juga ada Plays dimana kategori ini berisi impresi terhitung diluar pemutaran ulang.

Interactions: Kategori ini adalah halaman respon aktivitas yang telah didapatkan dari konten Reels dengan terdiri dari empat jenis interaksi, diantaranya adalah Comments, Likes, Saves dan Shares. Jika dilihat mirip sekali dengan jenis Feed Post.

Semua insight metrik yang diberikan Instagram bisa Anda gunakan untuk melakukan perbandingan konten, sehingga Anda bisa menambahkan gambaran untuk performa dan ide konten selanjutnya.

 Instagram Reels vs TikTok

Pada bahasan awal dikatakan bahwa Instagram Reels mirip dengan TikTok. Reels adalah teknologi terbaru dan baru lahir, berbeda dengan TikTok yang lebih dahulu lahir ketimbang fitur yang satu ini. Reels dimunculkan pertama kali pada tahun 2019 di Brasil.

Selanjutnya, fitur ini mulai digunakan juga di Amerika Serikat dan di 50 negara yang lainnya pada bulan Agustus 2020. Yang dimana saat itu juga berbarengan langsung dengan meningkatnya popularitas TikTok yang semakin hari semakin meningkat.

Namun secara keseluruhan meskipun secara teknis Instagram Reels ini mirip dengan TikTok. Tapi keduanya tidak bisa bersaing atau lebih tepatnya Instagram Reel masih belum bisa menjadi pesaing langsung TikTok. Akan tetapi, kita tetap bisa menarik beberapa perbandingan antara keduanya ini.

Namun bicara soal kemudahan, Instagram Reels lebih mudah untuk mendapatkan dan mempertahankan daya tarik dibandingkan TikTok. Sehingga hal inilah yang menjadikan kenapa Anda harus mencoba mengintegrasikan Instagram Reels untuk tujuan marketing.

 Apakah Instagram Reels sama dengan IGTV?

IGTV adalah fitur yang sebenarnya terpisah dari Instagram dan fitur ini diperkenalkan ke publik pada tahun 2018. Ketika itu ini adalah salah satu tren Instagram, tapi keduanya ini sangat berbeda. IGTV lebih ke serial video dan durasi video yang lebih panjang bisa sampai 10 menit.

Sedangkan untuk Instagram Reels adalah video singkat dengan durasi kurang dari 1 menit bahkan setengahnya yaitu 30 detik.

Memang Instagram telah menciptakan beragam fitur yang menarik dan Reels adalah salah satu yang telah sukses menarik perhatian pengguna Instagram dan fitur Reels secara umum adalah fitur video pendek yang populer dikancah media sosial.

Siap untuk meningkatkan penjualan melalui strategi marketing di internet?