Kenapa Bisnis Perlu Memberi Tulisan Thank You Card ke Konsumennya?

Kinanthi Haksari
1 tahun lalu
Bisnis
Manfaat thank you card untuk bisnis

Tidak asing lagi, tulisan thank you card dalam urusan bisnis seringkali digunakan untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada para customer secara tidak langsung.

Hal tersebut dikarenakan ucapan thank you card memang diberikan dalam bentuk kartu yang biasanya diikuti dengan berbagai tindakan dan kegiatan.

Adanya kartu ucapan thank you tentunya juga akan membantu bisnis Anda tetap melekat di hati para pelanggan. Tak heran apabila di era sekarang banyak penjual yang memberikan thank you card for customer di setiap aktivitas sales.

Ucapan terimakasih yang diberikan dalam bentuk kartu terkadang terlihat sepele tetapi ternyata manfaatnya luar biasa. Mari kita bahas semuanya lebih detail di bawah ini.

Mengapa Tulisan Thank You Card Penting untuk Bisnis?

Para penjual yang menyertakan thanks card tentu saja tidak secara cuma-cuma, melainkan juga ada beberapa alasan bisnis di belakangnya. Nah, ini dia beberapa alasan kenapa tulisan thank you dalam kartu ucapan itu penting:

Ungkapkan Rasa Terima Kasih

Alasan pertama para penjual harus menggunakan thank you card yaitu sebagai ungkapan rasa terima kasih dalam bentuk sederhana tetapi dapat menyentuh hati para pembeli.

Memberikan ucapan terima kasih dalam bentuk kartu maka akan membuat pelanggan merasa istimewa dan dihargai. Selain itu, adanya thank you card juga membantu penjual untuk melakukan branding yang ramah bagi pelanggan.

Hal tersebut pastinya akan semakin membentuk relasi bisnis yang intim dengan para pelanggan.

Memberi Kesan Friendly atau Ramah

Ternyata adanya kartu ucapan thank you for order juga memberikan kesan friendly. Nah, kesan friendly tersebut ternyata juga berpengaruh kepada para penjual dan pembelinya. 

Seperti yang kita ketahui pembeli atau customer akan merasa lebih nyaman dengan ucapan terima kasih yang diberikan, meskipun hanya dalam kartu.

Terkadang, kartu ucapan terimakasih yang ukurannya kecil disepelekan oleh para penjual. Padahal, nilai keefektifan dari kartu ucapan tersebut sangatlah sugestif untuk mempengaruhi pembeli kembali lagi.

Menambah Kesan Sopan

Saat pembeli diberikan ucapan terimakasih maka ia akan merasakan bahwa penjualnya begitu sopan dan ramah.

Meskipun, penjual juga akan mengucapkan terimakasih secara langsung saat transaksi. Akan tetapi saat pembeli membaca sendiri ucapan terimakasih di kertas maka akan ada efek positif tertentu yang dirasakan konsumen.

Memberikan Rasa Percaya

Adanya thank you card juga meningkatkan rasa kepercayaan kepada para konsumen. Sehingga bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan konsumen untuk menjadi pelanggan setia.

Menghargai Konsumen

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa adanya thank you card tersebut akan memberikan kesan rasa dihargai oleh para penjual kepada pembelinya. 

Lebih Praktis

Thank you card memang terlihat praktis dengan tulisan sudah terkonsep sehingga Anda hanya perlu menyisipkan di kemasan produknya saja. 

Memberikan Kesan Unik

Adanya kartu ucapan terima kasih juga memberikan kesan unik dan berbeda. Karena masih banyak penjual yang tidak menambahkan ucapan terima kasih di kemasan produknya. 

Terlebih, saat Anda membuat desain sendiri dengan tulisan yang menarik dan pemilihan warna font dan warna yang sesuai dengan identitas produk.

Do’s and Don’ts dalam Membuat Thank You Card

Memang thank you card juga salah satu bagian dari promosi, tetapi jangan berikan kata-kata promosi yang terlalu jelas.

Jadi, ucapkan terima kasih dengan tetap rendah hati. Jangan lupa untuk menggunakan kata terima kasih dengan tulus dan sederhana. Anda juga bisa menyisipkan sedikit stiker lucu untuk menghindari komunikasi yang kaku.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa aturan dasar membuat thank you card for customer:

Hindari Menggunakan Warna Merah pada Kalimat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya pemilihan warna memang cukup penting. Coba pastikan Anda tidak memilih warna merah untuk tulisan. Cobalah memakai warna yang lebih kalem dan lembut.

Berikan Logo atau Stiker

Desain thank you card memang harus menarik sehingga Anda dapat menambahkan stiker atau logo yang keren, lucu, atau bagus agar selalu diingat oleh para pembelinya. 

Nah, pemilihan logo tersebut dapat menjadi salah satu keunikan tersendiri yang akan menguatkan branding produk Anda kepada para calon pembelinya.

Cara Buat Tulisan Thank You Card

Untuk bisa membuat tulisan thank you card, Anda harus memiliki banyak referensi dan ide. Oleh karenanya, sebelum membuat kartu ucapan, ada baiknya Anda melihat Pinterest.

Anda dapat melihat sejumlah contoh kartu ucapan terima kasih yang memakai stiker lucu di Pinterest. 

Selain itu, di Pinterest juga tersedia banyak ide desain kartu terima kasih yang bisa Anda amati, tiru, dan modifikasi.

Jadikan contoh-contoh desain kartu ucapan terima kasih sebagai inspirasi dan refrensi. Lalu, buatlah kartu ucapan thank you sendiri yang unik dan sesuai identitas bisnis Anda.

Sebab, dalam berbisnis, inovasi dan kreativitas akan sangat dihargai konsumen walaupun berbentuk sesuatu yang sepele.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa thank you card yang baik juga perlu didukung kemasan produk. Bila kemasan produk tidak baik, maka thank you card tidak akan memberi kesan baik pada konsumen.

Karenanya, KiriminAja memberikan Anda rangkuman khusus bagaimana mendapat kemasan produk yang sesuai dan baik untuk bisnis online.

Cukup klik tautan di atas, membaca, dan menyesuaikan dengan produk bisnis Anda. Selamat mencoba....

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Kinanthi Haksari
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.