Alasan Menggunakan Thank You Card untuk Bisnis

Kinanthi Haksari
1 bulan lalu
132
Alasan Menggunakan Thank You Card untuk Bisnis

Tidak asing lagi, Thank you card untuk bisnis seringkali digunakan untuk mengucapkan rasa terimakasih kepada para customer secara tidak langsung,. Hal tersebut dikarenakan thank you card memang diberikan dalam bentuk kartu yang biasanya diikuti dengan berbagai tindakan dan kegiatan.

Adanya, ucapan tersebut tentunya juga akan membantu kita melakukan promosi secara tidak langsung kepada para pelanggan. Tak heran apabila di era sekarang banyak penjual yang memberikan thank you card di bagian kemasan kepada para pembeli.

Sekarang ini, kita sudah sering menjumpai penggunaan thank you card saat membeli suatu produk. Memang adanya thank you card tersebut membuat kita lebih hafal dengan brand tersebut, bahkan seringkali kita akan melakukan pembelian di toko tersebut. Ucapan terimakasih yang diberikan dalam bentuk kartu terkadang terlihat sepele tetapi ternyata manfaatnya luar biasa.

Alasan Menggunakan Thank You Card untuk Bisnis

Para penjual yang menyertakan thank you card tentu saja tidak secara cuma-cuma, melainkan juga ada beberapa alasan bisnis di belakangnya. Nah, ketahui beberapa alasan mendasarnya di bawah ini.

1. Ungkapkan Rasa Terima Kasih

Alasan yang pertama para penjual saat ini harus menggunakan thank you card yaitu sebagai ungkapan rasa dalam bentuk yang sederhana tetapi dapat menyentuh hati para pembeli karena merasa dihargai.

Memberikan ucapan terima kasih dalam bentuk kartu maka akan membuat pelanggan merasa istimewa. Selain itu, adanya thank you card juga membantu penjual untuk melakukan branding yang ramah bagi pelanggan.

Hal tersebut pastinya akan semakin mendekatkan hubungan dengan para pelanggan sehingga hal tersebut dapat dilakukan untuk menarik pelanggan baru atau pelanggan yang sudah lama membeli produkmu.

2. Memberikan Kesan Friendly

Ternyata adanya tambahan thank you card juga memberikan kesan friendly. Untuk sebagian besar orang, kartu ini memang menjadi salah satu kreasi yang baik sehingga sering dijumpai kartu ucapan dilekatkan di kemasan produk.

Nah, kesan friendly tersebut ternyata juga berpengaruh kepada para penjual dan pembelinya. Seperti yang kita ketahui  pembeli atau customer akan merasa lebih nyaman dengan pelayanan yang diberikan, meskipun hanya dalam kartu ucapan terima kasih.

Terkadang, kartu ucapan terimakasih yang ukurannya kecil disepelekan oleh para penjual, padahal nilai keefektifan dari kartu ucapan tersebut sangatlah sugestif untuk mempengaruhi pembeli kembali lagi.

3. Menambah Kesan Sopan

Saat pembeli diberikan ucapan terimakasih maka ia akan merasakan bahwa penjualnya begitu sopan dan ramah. Hal tersebut juga dapat dijadikan sebagai salah satu alat untuk mengungkapkan rasa terimakasih meskipun secara tidak langsung.

Meskipun, saat membeli penjual juga akan mengucapkan terimakasih secara langsung, tetapi saat pembeli membaca sendiri ucapan terimakasih di kertas maka akan lebih berasa mengena di hati.

Dengan demikian thank you card dalam bisnis memiliki nilai value yang sangatlah tinggi loh. Tak heran, saat ini para pebisnis banyak yang menggunakannya.

4. Memberikan Rasa Percaya

Berikutnya, adanya thank you card juga meningkatkan rasa kepercayaan kepada para konsumen sehingga bisa menjadi salah satu hal bahan pertimbangan konsumen untuk membelinya lagi.

Nah, ketahuilah kepercayaan tersebut memang terbangun sendirinya karena efeknya memang sangat luar biasa meskipun di kertas hanya bertuliskan “Thank You sudah membeli produk kami, Semoga Bermanfaat”.

5. Menghargai Konsumen

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa adanya thank you card tersebut akan memberikan kesan rasa dihargai oleh para penjual kepada pembelinya. Oleh karena itu, Anda sebagai penjual disarankan memberikan thank you card di bagian kemasan produk atau paketnya.

Nah, meski terkadang kita merasa sudah memberikan ucapan terimakasih di chat saat melakukan transaksi online tetapi akan lebih mengena apabila yang diberikan berupa thank you card kepada para pembelinya.

Jangan lupa untuk memilih desain yang tepat agar lebih berkesan bagi konsumen. Misalnya memilih desain dengan menambahkan logo dengan berbagai warna pada desain thank you card sehingga terlihat bagus dan menarik.

6. Lebih Praktis

Thank you card memang terlihat praktis dengan tulisan sudah terkonsep sehingga Anda hanya perlu menyisipkan di kemasan produknya saja. Pilihlah desain ukuran yang tidak terlalu besar sehingga memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk membaca.

Tentu saja Anda dapat mencetak thank you card sesuai dengan kemasan atau kartu ucapan yang cocok untuk disematkan ke dalam kemasan produk. Jangan lupa untuk menyamakan kesamaan warna, desain, dan lainnya agar enak dilihat.

Perhatikan pula pilihan desain, font tulisan, dan jenis kertas untuk digunakan sehingga desain thank you card sesuai dengan yang diinginkan sebagai sarana pendukung jualan Anda.

7. Memberikan Kesan Unik

Perhatikanlah bahwa adanya kartu ucapan terimakasih juga memberikan kesan unik karena masih banyak penjual yang tidak menambahkan ucapan terimakasih di kemasan produknya. Terlebih, saat Anda membuat desain sendiri dengan tulisan yang menarik dan pemilihan warna font dan warna yang pas sehingga kartunya akan terkesan unik.

 Adanya kartu terimakasih tersebut memang menambahkan nilai value sehingga daya tarik kepada customer untuk membelinya cukup tinggi.

8. Lebih Personal atau Intim

Saat Anda menggunakan kartu  ucapan terima kasih tersebut maka akan menambahkan kesan positif bagi yang membacanya. Oleh karena itu, gunakan kata-kata yang sederhana tetapi mengena dihati sehingga hubungan antara penjual dengan pembelinya akan terlihat lebih dekat.

9. Membuat Kenangan Baik

Adanya thank you card ternyata juga dapat membuat kenangan baik antara penjual dengan pembelinya. Mengapa? ketahuilah sebuah hubungan yang baik tercipta karena adanya pengalaman yang positif dengan beberapa hal yang baik.

Nah, dalam dunia bisnis juga sama akan tercipta kenangan yang baik saat mereka membeli produk dengan pelayanan yang baik, salah satunya yaitu dengan ucapan yang baik.

Dengan menggunakan ucapan terimakasih tersebut juga dapat digunakan untuk memperkuat identitas brand sebagai salah satu cara yang akan berbeda dari pesaing.

10. Do’s and Don’ts dalam Membuat Thank You Card

Memang thank you card juga salah satu bagian dari promosi, tetapi jangan berikan kata-kata promosi yang terlalu jelas. Jadi, ucapkan terimakasih dengan tetap rendah hati. Jangan lupa untuk menggunakan kata terimakasih dengan tulus dan sederhana atau Anda juga dapat menyisipkan sedikit stiker yang lucu.

11. Hindari Menggunakan Warna Merah pada Kalimat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya pemilihan warna memang cukup penting, pastikan Anda untuk tidak memilih warna merah untuk gambar maupun tulisan karena merah sangatlah mencolok.

Selain itu warna merah juga terkesan kurang baik dan menantang, jadi pastikan Anda memilih warna yang tepat.

12. Berikan Logo atau Stiker

Desain thank you card memang harus menarik sehingga Anda dapat menambahkan stiker atau logo yang keren dan bagus agar selalu diingat oleh para pembelinya. Nah, pemilihan logo tersebut dapat menjadi salah satu keunikan tersendiri yang akan menguatkan branding produk Anda kepada para calon pembelinya.

Biasanya, orang yang sudah membeli merasa puas maka akan memberikan informasi tersebut kepada orang lain sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu media promosi yang tepat.

Dalam berbisnis juga mengutamakan inovasi dan kreativitas, salah satunya yaitu dengan menggunakan thank you card untuk bisnis sebagai bentuk sikap menghargai kepada pembelinya.