Bagaimana Cara Kerja Segmen Pasar dalam Bisnis: Identifikasi & Contoh

Pamungkas
1 tahun lalu
Bisnis
Jenis Segmentasi Pasar

Pasar merupakan mandala di mana produk bisnis didistribusikan dan dijual. Pasar terbagi dalam beberapa kelompok konsumen unik berdasarkan kriteria tertentu. Kelompok unik ini sering juga disebut sebagai sebagai segmen pasar.

Biasanya segmen pasar ini luput dari mata para pebisnis pemula. Tetapi sebenarnya segmen pasar ini penting karena akan menentukan target penjualan bisnis yang Anda jalankan.

Segmentasi pasar adalah salah satu strategi yang bisa dilakukan seller online untuk menjangkau konsumennya. 

Sebagai catatan, ada banyak strategi yang bisa diterapkan seller online untuk menjangkau konsumennya.

KiriminAja merangkum berbagai strategi tersebut dalam uraian strategi pemasaran dan pengembangannya.

Anda cukup klik tautan dan membaca uraian tersebut untuk memahami lebih rinci berbagai jenis strategi pemasaran yang bisa diterapkan seller online.

Mari kembali ke fungsi segmen pasar. Perlu diketahui, segmentasi pasar juga bisa digunakan sebagai langkah sebelum memulai sebuah usaha.

Mari simak uraian di bawah ini untuk mengetahui jawaban detail dari berbagai pertanyaan di atas. Jangan sampai kelewatan ya...

Pengertian Segmen Pasar

Jika dilihat dari katanya segmen berarti pengelompokan. Secara tidak langsung, segmen pasar bisa dianggap sebagai pengelompokan yang terjadi di pasar atau tempat beredarnya produk.

Untuk lebih memahami apa itu segmen pasar berikut akan kami jabarkan pengertiannya menurut para ahli.

Menurut Dharmmesta, segmentasi pasar adalah pemetaan terhadap konsumen atau target tertentu untuk kemudian dijadikan sebagai sasaran dari penjualan dan marketing produk tertentu.

Selain itu, pendapat lain dari Kotler dan Amstrong menyatakan jika segmen pasar merupakan sebuah kelompok konsumen atau pembeli yang berbeda-beda.

Kelompok itu ditargetkan untuk bisa mencapai nilai jual dari produk.

Umumnya, kelompok itu didasarkan pada kebutuhan, keinginan dan karakter masing-masing kelompok, segmentasi pasar bisa dilakukan.

Berdasarkan beberapa pendapat ahli di atas, dapat ditarik kesimpulan jika segmen pasar adalah pembagian konsumen menjadi beberapa kelompok yang memiliki keinginan serta kebutuhan sendiri.

Kelompok tersebut dijadikan sasaran penjualan produk yang berdasarkan keinginan dan kebutuhannya yang sesuai.

Segmen pasar memiliki beberapa jenis sebagai berikut yang akan diuraikan di bawah ini.

Jenis-jenis Pasar Berdasarkan Segmentasi Pasarnya

Karena banyaknya berbagai macam karakter serta golongan, segmentasi pasar terbagi menjadi beberapa jenis, berikut jenis-jenisnya:

Segmentasi Perilaku

Jenis segmen satu ini merupakan salah satu segmen yang mengandalkan berbagai macam perilaku atau behavior para konsumen.

Jenis ini biasanya dilihat dari kebiasaan, relasi, dan sikap para pemakai produk bisnis. Selain itu, ada juga yang terkait dengan proses pengambilan keputusan atau decision making dari konsumennya.

Segmentasi Psikografis

Segmen satu ini digolongkan berdasarkan aspek psikologis dari para pelanggan maupun konsumen. Biasanya ditengarai dengan aktivitas apa saja yang digemari oleh konsumen.

Selain itu juga pendapatan konsumen diperhitungkan di sini. Hal yang bisa dilakukan dalam segmen ini adalah melakukan survey pada kelompok konsumen tertentu.

Segmen ini memungkinkan Anda mengetahui preferensi target pangsa pasar sehingga akan lebih mudah menyusun strategi.

Segmentasi Geografis

Jenis ini merupakan pengelompokan konsumen berdasarkan lokasi dan wilayah yang sudah ditentukan secara teknis.

Lokasi dan wilayah ini bisa membantu Anda untuk menentukan sebuah produk yang sesuai dengan lokasi target dan karakter lingkungannya.

Segmentasi Demografis

Jenis ini menentukan segmen melalui aspek demografis seperti jenis kelamin, pekerjaan, usia, status pendidikan, dan pekerjaan.

Jenis ini merupakan segmen paling dasar karena memuat berbagai macam informasi setiap orang yang bisa Anda gunakan untuk menentukan target dan pemasaran produk.

Anda bisa mengerucutkan lingkup target sehingga persebaran produk akan terfokus dan khusus.

Segmentasi Firmografis

Jenis lain adalah segmentasi firmografi. Segmentasi ini dapat membantu bisnis Anda dalam memposisikan di mana produk serta layanan akan dipasarkan.

Caranya adalah dengan mengumpulkan berbagai data yang kemudian diidentifikasi guna mengetahui kondisi perusahaan.

Segmen ini bisa menargetkan para calon pelanggan dan membantu perusahaan dalam membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Jenis ini biasanya digunakan perusahaan business to business (B2B).

Segmen Pasar Musiman

Seperti namanya, segmen ini didasarkan pada musim seperti apa saja yang sedang “musim” atau sedang digemari para pelanggan di pasaran.

Segmen ini biasanya melakukan riset terhadap hal sedang trending. Hal ini juga akan membantu penjualan produk terjadi secara cepat dan masif.

Kadang kala tujuan segmen ini jangka pendek karena bergantung pada musim tertentu.

Contoh Segmen Pasar

Salah satu contoh dari segmen pasar adalah segmentasi produk kecantikan. Dengan menyebut produk kecantikan saja, secara otomatis sudah terbayang siapa target pasarnya, yaitu perempuan.

Segmentasi ini bisa diperkecil lagi ke dalam segi usia misalnya 17 sampai 23 tahun.

Dalam satu produk bisa digunakan beberapa segmen, misal segmen geografis dari produk kecantikan adalah para wanita yang ada di perkotaan.

Selain itu, aspek psikologis atau behavior seperti ingin selalu tampil cantik dan merawat diri bisa dijadikan data dan alasan mengapa produk kecantikan itu nanti disebarkan di kelompok tersebut.

Menariknya lagi, ada juga kelompok konsumen yang sangat mempertimbangkan jasa kurir pengiriman barangnya.

Biasanya, kelompok konsumen ini menimbang bagaimana harga, ketepatan waktu, keamanan, dan layanan pelanggan jasa ekspedisi yang akan digunakan.

Lebih menariknya lagi, tidak banyak seller online yang mempertimbangan kelompok konsumen ini punya pengaruh signifikan bagi penjualan produknya. 

Padahal jumlah segmen pasar yang mempertimbangkan jasa kurir terbilang cukup banyak dan signifikan.

Untuk menghadapi segmen pasar semacam itu, seller online bisa mengandalkan KiriminAja

Sebagai agregator logistik,KiriminAja menyediakan berbagai macam opsi pengiriman yang tentunya cepat, aman, dan sesuai kebutuhan seller serta konsumen

Anda hanya perlu mendaftar di Dashboard KiriminAja untuk mendapat layanan reliable dari kami.

Ada banyak opsi pilihan jasa pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan bisnis serta keinginan pelanggan Anda

Jadi, tidak usah khawatir lagi jika ingin pengiriman barang yang cepat, tepat, dan hemat sesuai segmen pasar. 

Bagaimanapun juga, KiriminAja akan mendukung setiap seller online memuaskan pelanggan sambil tetap menjaga #Cashflowaman agar bisnis jadi tenang di tengah ancaman resesi 2023.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.