Bagaimana Cara Melakukan Analisis Pasar Efektif untuk Bisnis Online di 2023

Pamungkas
1 tahun lalu
Ecommerce
Cara Melakukan Analisis Pasar

Menjalankan bisnis, bukan hanya sekadar menciptakan produk yang menarik. Akan tetapi, bagaimana produk tersebut dapat diterima sebagai solusi masalah konsumen. Karenanya, strategi marketing Anda harus didukung dengan cara melakukan analisis pasar yang tepat.

Analisis pasar merupakan proses sistematis dalam mempelajari pasar suatu sektor industri. 

Tujuan analisis pasar adalah untuk mengetahui volume dan nilai pasar, kelompok konsumen potensial, perilaku konsumen, kompetisi, dan sebagainya.

Pertanyaan yang Perlu Dijawab Sebelum Melakukan Analisis Pasar

Untuk dapat mencapai tujuan-tujuan tersebut, setidaknya analisis pasar dilakukan dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut.

  • Siapa yang menjadi sasaran konsumen potensial bisnis Anda?
  • Bagaimana pola konsumen target pasar Anda?
  • Seberapa luas target pasar yang Anda bidik?
  • Berapa kisaran harga yang tepat untuk target pasar Anda?
  • Siapa saja yang menjadi kompetitor bisnis Anda?
  • Apa keunggulan dan kekurangan bisnis kompetitor?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat disimpulkan menjadi satu pertanyaan besar, yaitu: Apakah penawaran yang Anda berikan sesuai dengan target pasar?

Mungkin Anda berpikir bahwa melakukan analisis pasar akan sulit dilakukan. Akan tetapi, Anda tidak dapat mengabaikan proses yang satu ini jika ingin bisnis Anda berkembang. Sebab, analisis pasar akan memberikan manfaat besar untuk bisnis yang Anda kembangkan.

Sebagai partner pelaku bisnis online, KiriminAja akan membantu mengurai sejumlah kendala agar Anda dapat melakukan analisis pasar yang efektif.

Langkah-langkah Melakukan Analisis Pasar

Keterampilan melakukan analisis pasar perlu dimiliki untuk membuat bisnis Anda semakin berkembang. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda pelajari dalam melakukan analisis pasar.

Tentukan Pasar

Dalam menjalankan bisnis, Anda tidak hanya cukup menghasilkan produk saja. Untuk menawarkan produk kepada konsumen, Anda perlu menentukan target pasar yang sesuai.

Setelah menemukan target pasar yang paling sesuai, Anda akan lebih mudah menyusun strategi marketing. Dengan begitu, produk Anda dapat diterima dengan baik oleh konsumen.

Mengidentifikasi Target Konsumen Potensial

Setelah menentukan pasar, Anda dapat melakukan identifikasi lebih jauh untuk menemukan peluang yang lebih besar dalam menjangkau pasar.

Selain itu, Anda juga dapat menciptakan kepuasan terhadap konsumen. Dengan menciptakan kepuasan, konsumen akan memberikan loyalitas dan tetap memakai produk Anda.

Hal ini, dapat menjadi salah satu faktor yang akan membuat bisnis Anda bertahan dan berumur panjang. Serta membuat bisnis Anda terus berkembang menjadi lebih baik.

Menganalisis Permintaan Primer

Selanjutnya, langkah analisis pasar yang dapat Anda lakukan ialah dengan menganalisis permintaan primer. Yaitu, kebutuhan utama yang ada dalam target pasar Anda.

Melalui analisa ini, Anda juga dapat memiliki gambaran umum/ideal karakteristik dan profil target potensial konsumen.

Dengan begitu, Anda dapat memahami faktor-faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya proses pembelian produk Anda.

Menganalisis Permintaan Selektif

Permintaan selektif ialah permintaan pada sebuah merek atau brand yang sifatnya spesifik dan khusus. Hal ini juga tidak boleh luput dari perhatian Anda sebagai pelaku bisnis. Sebab, permintaan selektif akan menciptakan sebuah pasar khusus untuk produk Anda.

Pada tahap ini, Anda perlu memahami faktor yang menjadi latar belakang bagi konsumen untuk membeli atau mengkonsumi di dalam pasar khusus tersebut.

Menetapkan Segmen Pasar

Langkah analisis pasar yang kelima ialah membuat segmentasi pasar. Langkah ini dapat dilakukan dengan mengelompokkan konsumen ke dalam beberapa segmen.

Konsumen yang dikelompokkan dalam setiap segmen, harus yang memiliki respon sama. Setelah itu, Anda dapat membuat produk spesifik yang sesuai dengan masing-masing segmen.

Mempelajari Kompetitor

Langkah analisis produk yang terakhir ialah mempelajari kompetitor bisnis Anda. Langkah ini dapat Anda lakukan dengan mengumpulkan informasi penting kompetitor, seperti data aktivitas marketing, data sebaran konsumen, data jasa kurir yang dipakai, dan lain sebagainya.

Kemudian, Anda dapat mengolah informasi tersebut untuk jadi bagian dari strategi membuat produk yang lebih unggul.

Apa Saja Manfaat Melakukan Analisis Pasar?

Kenapa analisis pasar jadi terlihat kompleks dan tidak bisa dikerjakan dalam waktu singkat? Sebab, analisis pasar adalah landasan utama Anda menjalankan bisnis agar tetap berjalan dalam jangka panjang.

Selain itu, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat tambahan untuk bisnis, seperti:

Menjangkau Konsumen

Melalui analisis pasar, Anda dapat mengetahui target konsumen yang sesuai dengan produk. Anda dapat mempelajari target tersebut untuk mengembangkan produk.

Sehingga, produk yang Anda tawarkan dapat menjawab kebutuhan konsumen secara umum. Anda juga dapat menawarkan variasi kualitas produk sesuai keinginan konsumen.

Dengan analisis pasar yang akurat, Anda lebih mudah menjangkau konsumen untuk meningkatkan penjualan produk.

Mengetahui Kompetitor

Dalam setiap jenis usaha, pasti terdapat kompetitor yang menawarkan produk sama. Anda tidak perlu khawatir akan hal ini.

Dengan melakukan analisis pasar, Anda dapat mengetahui keunggulan dan kekurangan masing-masing kompetitor.

Dengan mempelajari hal tersebut, Anda dapat menentukan strategi marketing untuk memenangkan pasar dengan cara yang sehat.

Mengetahui Tren

Mengikuti tren menjadi salah satu tantangan yang perlu Anda perhatikan sebelum menawarkan produk. Sebab, produk yang akan laku ialah produk yang sesuai dengan tren yang berkembang.

Dalam melakukan analisis pasar, Anda dapat mengetahui tren yang berkembang di pasar. Anda dapat menyesuaikan produk dengan tren yang berkembang agar meningkatkan penjualan. 

Meminimalisir Risiko

Setiap bisnis, tentu memiliki risikonya masing-masing. Risiko yang Anda temukan dalam bisnis, dapat diminimalisir dengan melakukan analisis pasar.

Selain mengendalikan risiko bisnis Anda sendiri, Anda juga dapat mempelajari kegagalan yang dialami bisnis kompetitor. Hal ini penting, agar bisnis Anda tidak mengalami kegagalan serupa.

Demikian langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat analisis pasar. Setelah melakukan analisis pasar, tugas Anda selanjutnya adalah membuat strategi marketing yang efektif.

Ada banyak strategi marketing yang dapat Anda coba. Salah satunya ialah dengan strategi marketing campaign. Yaitu, strategi yang memungkinkan bagi Anda untuk memperluas pasar.

Tentu saja untuk memperluas pasar, Anda butuh daya tarik. Salah satu daya tarik yang bisa Anda tawarkan ke konsumen adalah harga ongkos kirim yang lebih hemat dengan sejumlah layanan ekstra.

Sayangnya, tidak semua jasa kurir bisa memberikan harga ongkir reliable bagi konsumen dan penjual. Karena itulah, KiriminAja mendukung Anda dengan menyediakan dashboard KiriminAja.

Dengan mendaftar di tautan dashboard KiriminAja tadi, Anda akan mendapatkan berbagai opsi layanan jasa ekspedisi terbaik Indonesia dengan harga lebih hemat.

KiriminAja juga menyediakan berbagai fitur dan layanan menarik untuk meningkatkan kemampuan dan daya tarik bisnis Anda di mata konsumen. 

Artinya, dengan KiriminAja, praktik digital marketing jadi lebih menarik dan mudah menggaet konsumen untuk berbelanja di bisnis Anda.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.