Serupa tapi Tak Sama; Beda Scale Up dan Scale Out dalam Ads Bisnis

Danusantoso
7 bulan yang lalu
Bisnis
cara-scale-up-dan-scale-out-dalam-ads

Memahami beda scale up dan scale out dalam ads akan membuat strategi iklan Anda jadi lebih tepat sasaran. Mengingat kedua aktivitas iklan tersebut sebenarnya berbeda dan punya manfaatnya sendiri-sendiri.

Scale Up dan Sacale Out dalam konten iklan merupakan strategi yang digunakan untuk meningkatkan kinerja campaign dalam bisnis.

Meskipun memiliki tujuan yang sebenarnya sama, tetapi keduanya memiliki fungsi dan cara yang berbeda. Yuk, langsung saja simak pengertian Scale Up dan Scale Out Ads, fungsi, dan cara melakukannya.

Pengertian Scale Up dalam Ads

Scale up dalam konteks iklan mengacu pada proses meningkatkan skala dan jangkauan campaign iklan. Tujuannya untuk mencapai audiens yang lebih banyak atau mengoptimalkan hasil yang lebih besar.

Dalam hal ini, upaya yang dilakukan ialah meningkatkan kapasitas dan kinerja iklan dengan meningkatkan sumber daya yang ada di dalam suatu entitas,

Adapun strategi yang biasa digunakan seperti meningkatkan anggaran iklan, menargetkan keywords yang populer, atau penggunaan taktik iklan yang lebih efektif untuk menjangkau lebih banyak orang.

Contohnya, Anda memiliki campaign iklan di platform Facebook Ads, kemudian Anda meningkatkan anggaran iklan tersebut untuk mendapatkan lebih banyak penayangan dan klik.

Selain scale up iklan, terdapat juga istilah scale up bisnis yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah usaha menjadi lebih besar. Kami sudah menyiapkan penjelasan apa itu scale up bisnis dan bagaimana efeknya bagi perusahaan Anda.

Scale Up Bisnis: Definisi, Faktor Pendukung, dan Kenapa Perlu Dilakukan

Pengertian Scale Out dalam Ads

Sedangkan Scale Out Ads merujuk pada strategi meningkatkan jangkauan campaign iklan dengan memperluas distribusi melalui berbagai saluran atau platform yang berbeda.

Fokus utamanya adalah untuk menjangkau audiens yang lebih luas dengan cara menyebarkan iklan di lebih banyak tempat, termasuk media sosial, situs web mitra, aplikasi mobile, dan platform iklan lainnya.

Misalnya, Anda hanya mengiklankan produk melalui Google Ads. Kemudian, Anda memutuskan untuk memperluas campaign ke platform lain seperti Facebook Ads atau Instagram Ads.

Fungsi Scale Up dan Scale Out dalam Ads

Fungsi scale up dan scale out dalam iklan memiliki peran yang berbeda dalam mencapai tujuan pemasaran. Berikut penjelasannya:

Scale Up

Fungsi scale up dalam iklan adalah untuk meningkatkan skala dan hasil dari campaign iklan. Ini dilakukan dengan meningkatkan anggaran iklan untuk mencapai audiens yang lebih besar atau meningkatkan eksposur iklan di platform yang sudah ada.

Dengan scale up, Anda dapat mencapai lebih banyak orang, meningkatkan brand awareness, dan meningkatkan hasil yang lebih besar dalam campaign iklan.

Scale Out

Fungsi scale out dalam iklan adalah untuk memperluas jangkauan kampanye iklan dengan menambah saluran atau platform baru. Ini melibatkan menyebarkan iklan ke berbagai saluran seperti media sosial, situs web mitra, aplikasi mobile, atau platform iklan lainnya.

Dengan scale out, Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas dengan mendiversifikasi penempatan iklan. Hal ini dapat membantu meningkatkan eksposur merek, mencapai beragam kelompok audiens, dan meningkatkan peluang konversi.

Dalam praktiknya, Anda dapat menerapkan scale up dan scale out secara bersamaan untuk mencapai tujuan pemasaran yang lebih besar.

Dimana scale up digunakan untuk meningkatkan hasil dari campaign yang sudah ada, dan scale out untuk memperluas jangkauan campaign ke saluran baru untuk mencapai lebih banyak audiens.

Cara Scale Up dan Scale Out dalam Ads

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menerapkan scale up dan scale out dalam campaign iklan yang dapat Anda lakukan:

Scale Up:

Tingkatkan Anggaran

Salah satu cara paling sederhana yang dapat Anda lakukan untuk melakukan Scale Up adalah dengan meningkatkan anggaran iklan.

Dengan mengalokasikan lebih banyak dana untuk iklan, Anda dapat meningkatkan frekuensi iklan, memperluas target audiens, atau menjangkau platform iklan yang lebih mahal untuk mencapai audiens yang lebih besar.

Optimasi Taktik Iklan

Identifikasi taktik iklan yang paling efektif dalam campaign Anda dan fokus untuk mengoptimalkan titik tersebut.

Misalnya, jika iklan video di platform media sosial menghasilkan hasil yang baik, pertimbangkan untuk meningkatkan jumlah iklan video yang diproduksi dan memperluas penempatan di platform lain.

Scale Out:

Diversifikasi Saluran Iklan

Scale Out dapat Anda lakukan dengan menggunakan berbagai saluran iklan seperti media sosial, situs web mitra, aplikasi mobile, atau jaringan iklan untuk memperluas jangkauan campaign.

Pertimbangkan untuk beriklan di saluran yang memiliki audiens yang berbeda tetapi masih relevan dengan tujuan dan segmen target Anda.

Kustomisasi Konten

Sesuaikan konten iklan dengan saluran yang berbeda untuk mencapai audiens dengan cara yang lebih efektif. Misalnya, sesuaikan format dan gaya iklan untuk media sosial tertentu, atau gunakan kata kunci yang relevan dalam iklan yang akan ditampilkan di situs web mitra.

Analisis dan Pengoptimalan

Lakukan analisis reguler untuk melihat kinerja iklan di berbagai saluran. Identifikasi saluran yang memberikan hasil terbaik dan alokasikan sumber daya Anda secara cerdas untuk memperkuat kehadiran iklan di saluran tersebut.

Selanjutnya, agar Scale Up dan Scale Out lebih efektif mendatangkan konversi, Anda perlu menambahkan strategi lain yang dapat menarik minat pelanggan.

Salah satu strategi pelayanan yang sangat krusial bagi konsumen adalah servis logistik reliable dengan harga hemat. Sebagai aplikasi kirim paket #1 Indonesia, KiriminAja sudah terbukti melayani berbagai jenis dan skala bisnis.

Iya, kami ingin memudahkan berbagai bisnis, termasuk bisnis Anda, menjalankan sistem pengiriman paket reliable bagi konsumen dan tetap menguntungkan bisnis itu sendiri.

Sehingga Anda bisa lebih fokus menjangkau konsumen baru, mengembangkan operasional usaha, dan lain sebagainya yang lebih esensial bagi pertumbuhan bisnis Anda.

Ada banyak fitur di KiriminAja yang memungkinkan bisnis Anda menjaga #CashFlowAman sehingga bisnis jadi tenang dan bisa lebih fokus menjangkau konsumen baru.

Anda juga bisa mendapat KA Poin dalam setiap transaksi pengiriman. Jadi, bisnis Anda tetap tumbuh sambil meraih reward tambahan, konsumen Anda puas dapat layanan kurir reliable, dan kami juga ikut tumbuh.

Berita baiknya, Anda cuma perlu mendaftar gratis di dashboard KiriminAja! Setelah itu, langsung akses semua layanan dan fitur berkualitas tinggi yang kami miliki untuk memperkuat bisnis Anda.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.