Cara Bisnis Tanaman Hias Biar Nggak Dikira Mageran Sama Gebetan

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
strategi-bisnis-tanaman-hias

Berbagai peluang bisnis dapat Anda manfaatkan untuk mencari peruntungan. Salah satunya yang bisa Anda coba ialah membuat bisnis tanaman hias.

Apalagi jika Anda memiliki minat lebih dengan tanaman, bisnis ini perlu dicoba karena memiliki potensi pasar yang besar dengan permintaan yang cukup stabil.

Namun, untuk memulai bisnis tentu tidak hanya bermodalkan minat atau kesukaan saja. Anda perlu mempelajari peluangnya, ciri-ciri bisnis tersebut, strategi yang cocok, dan cara memulainya.

Tenang saja, KiriminAja telah merangkum semuanya untuk Anda. Yuk mulai bisnis tanaman hias bersama KiriminAja dengan membaca tuntas artikel ini agar bisa memulai bisnis tanaman hias dengan lancar.

Bagaimana Peluang Bisnis Tanaman Hias?

Peluang bisnis tanaman hias cukup menjanjikan karena semakin banyak orang yang tertarik mendekorasi rumah ataupun tempat bisnis mereka dengan tanaman hias.

Berikut beberapa alasan mengapa peluangnya cukup menjanjikan:

Angka Peminat Besar

Tanaman hias dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi setiap orang. Selain berfungsi sebagai dekorasi, juga dapat menjadi sumber oksigen yang segar.

Oleh sebab itu, peminatnya akan selalu ada karena semakin banyak orang yang tertarik untuk memiliki tanaman hias di rumah mereka.

Potensi Pasar Besar

Tanaman hias dapat dijual melalui toko bunga, pasar online, atau media sosial. Pasar dari bisnis ini cukup beragam, mulai dari kolektor tanaman hias, pecinta tanaman, hingga orang umum.

Permintaan Stabil

Tanaman hias adalah produk yang relatif stabil permintaannya karena terlepas dari fluktuasi ekonomi atau musim. Selama orang masih menikmati tanaman hias, permintaan akan tetap ada.

Potensi Profit Tinggi

Tanaman hias dapat dijual dengan harga yang relatif tinggi tergantung pada jenis dan ukurannya. Apalahi, jika dikelola dengan baik, bisnis tanaman hias dapat memberikan profit yang menguntungkan.

Ciri-ciri Sekaligus Strategi Bisnis Tanaman Hias Sukses

Setiap jenis usaha tentu memiliki tipikal yang berbeda. Untuk itu, Anda perlu mempelajari ciri-ciri bisnis yang dapat berjalan sukses.

Berikut telah KiriminAja rangkum ciri-ciri bisnis tanaman hias yang sukses agar Anda dapat mempersiapkan strategi yang akurat:

Memiliki Pengetahuan Baik tentang Pasar

Dengan memiliki pengetahuan pasar yang baik, pelaku bisnis dapat memilih produk yang dijual sesuai dengan kebutuhan dan permintaan konsumen. Selain itu, juga memudahkan untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat. 

Memiliki Pengetahuan Terkait Tanaman Hias 

Ciri selanjutnya ialah adanya pemahaman yang baik terkait tanaman hias, mulai dari jenis, karakteristik, hingga cara perawatannya. 

Sehingga akan lebih mempermudah dalam menentukan jenis tanaman hias yang banyak diminati dan dapat merawatnya agar tetap sehat dan indah.

Kualitas Tanaman Hias Terjaga

Apa pun jenis produk yang dijual, kualitas menjadi salah satu aspek penting yang harus selalu dijaga. Begitu pula dengan bisnis tanaman hias.

Berbagai aspek yang menentukan kualitas tanaman hias antara lain media tanam, pupuk, pencahayaan, dan penyiraman.

Penyajian Produk Menarik

Cara menyajikan tanaman hias yang menarik bisa dengan menggunakan pot yang sesuai, mengatur bentuk tanaman, atau dengan mengkombinasikan berbagai jenis tanaman yang berbeda.

Strategi Promosi Efektif

Seberapa pun baik kualitas dan penyajian tanaman hias, tidak akan terjadi penjualan jika produk tidak bisa menjangkau konsumen. Oleh sebab itu, strategi promosi yang efektif sangat diperlukan.

Pelaku bisnis dapat menggunakan strategi digital marketing dengan memanfaatkan berbagai media sosia. Misalnya melalui website, berbagai marketplace, dan berbagai media sosial.

Layanan Pelanggan Optimal

Sebagai pelaku bisnis, Anda juga harus memberikan layanan yang optimal kepada pelanggan. Sehingga mereka dapat memiliki pengalaman belanja yang memuaskan dan menjadi pelanggan tetap.

Jika Anda menjalankan bisnis secara online, aspek layanan yang tidak boleh terlewatkan ialah manajemen pengiriman. Hal ini dapat memastikan produk Anda sampai ke tangan pelanggan dalam keadaan baik dan tepat waktu.

Untuk layanan pengiriman yang optimal, Anda tidak perlu mengeluarkan effort banyak, lho. Sebagai platform penyedia jasa aggregator logistik, KiriminAja dapat membantu Anda.

Cukup daftar secara gratis di dashboard KiriminAja, kemudian online store Anda pun dapat memiliki kebebasan mengatur margin profit, manajemen pengiriman, dan cash flow pun jadi aman.

Cara Mulai Bisnis Tanaman Hias

Berikut beberapa langkah yang dapat membantu Anda memulai bisnis tanaman hias:

Riset Pasar 

Riset pasar diperlukan untuk mengetahui permintaan pasar, jenis tanaman yang diminati, dan harga jual yang kompetitif.

Buat Rencana Bisnis 

Buat rencana bisnis yang mencakup tujuan, target pasar, strategi, dan keuangan. Hal ini dapat membantu Anda mengatur bisnis secara efektif dan menghindari kemungkinan risiko.

Cari Pemasok Terpercaya 

Cari pemasok tanaman hias yang terpercaya dan menyediakan produk berkualitas. Anda juga dapat mencari informasi mengenai jenis tanaman yang cocok dijual dan keuntungan yang dapat diperoleh.

Tentukan Lokasi dan Metode Penjualan 

Tentukan lokasi dan metode penjualan yang tepat. Anda dapat membuka toko fisik atau menjual secara online melalui media sosial atau marketplace.

Promosikan Bisnis Anda 

Promosikan bisnis bertujuan untuk menarik pelanggan baru dan meningkatkan brand awareness. Anda dapat  menggunakan strategi digital marketing maupun promosi secara konvensional

Pelayanan yang Baik 

Berikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, seperti memberikan informasi tentang perawatan tanaman hias atau memberikan layanan konsultasi tentang desain interior dengan tanaman hias.

Evaluasi Secara Rutin

Evaluasi bisnis Anda secara rutin dan lakukan perbaikan yang diperlukan. Hal ini dapat membantu Anda mengetahui kekurangan dalam bisnis dan meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.