Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan dengan Brand Promise yang Jelas

Pamungkas
1 tahun lalu
Bisnis
Brand promise adalah janji merek

Brand promise adalah janji merek yang dapat menarik pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Sehingga, penting bagi pelaku bisnis seperti Anda untuk menerapkannya.

Sebelumnya, mari kita kupas terlebih dahulu apa sih brand promise itu. Berikut telah KiriminAja rangkum pembahasan terkait pengertian, faktor, dan ciri-ciri brand promise yang baik.

Apa Itu Brand Promise ?

Brand promise adalah janji yang dibuat oleh suatu perusahaan atau merek untuk memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggannya. Atau dapat disebut juga sebagai penawaran untuk menarik pelanggan.

Strategi ini berupa penciptaan citra merek yang kuat dan positif agar memiliki perbedaan dengan kompetitor. Tujuannya agar pelanggan lebih memiliki brand tersebut.

Selain itu, brand promise juga berguna sebagai pengikat antara perusahaan dan pelanggan. Sebab, pelanggan dapat melihat penawaran serta jaminan kualitas produk atau layanan yang akan diterima.

Jika kualitas produk atau layanan sesuai dengan yang dijanjikan, ini dapat membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap brand. Apalagi jika perusahaan melakukannya dalam jangka panjang.

Mengapa Brand Promise Diperlukan untuk Bisnis Anda?

Brand promise memiliki manfaat besar untuk bisnis Anda. Utamanya adalah membangun kepercayaan dan kesetiaan pelanggan terhadap brand Anda.

Dengan memberikan janji yang jelas dan dapat dipercaya, Anda dapat memastikan bahwa konsumen akan memiliki pengalaman positif dengan produk atau layanan yang mereka dapatkan.

Selain itu, brand promise juga dapat membuat brand Anda memiliki identitas dan nilai sendiri. Sehingga dapat membedakan dengan brand kompetitor.

Apa Saja Faktor yang Membentuk Brand Promise ?

Setelah mengetahui manfaatnya, kini Anda mengerti kan pentingnya brand promise untuk bisnis Anda. Nah, sekarang tinggal kita pelajari apa saja sih elemen yang harus ada dalam brand promise.

Berikut beberapa faktor yang diperlukan untuk menciptakan brand promise yang kuat dan menarik.

Brand Compass

Brand compass adalah alat atau kerangka kerja pengorganisasian dalam perusahaan. Fungsinya yaitu sebagai pedoman untuk mengarahkan perusahaan dalam mencapai tujuan branding.

Tujuan brand compass ini adalah untuk memusatkan perencanaan hingga pengambilan keputusan dalam semua aktivitas bisnis. Caranya dengan menggabungkan visi, misi, tujuan, value, dan strategi perusahaan. 

Brand Archetype

Faktor lain yang perlu diperhatikan adalah brand archetype. Yaitu bagaimana cara Anda menampilkan merek atau representasi merek di hadapan pasar.

Tujuan dari diciptakannya brand archetype adalah menciptakan narasi merek dan membangun hubungan emosional dengan target pasar.

Brand Personality

Brand personality merupakan wajah merek yang Anda bangun secara konsisten. Yaitu bagaimana Anda menampilkan merek dengan pola intelektual, emosional, atau dengan perilaku unik.

Caranya dengan membuat rencana yang terukur agar dapat membuat target pasar mempresentasikan produk, jasa, dan misi brand. Hal ini menjadi dasar untuk menciptakan hubungan baik dengan pelanggan.

Competitive Advantage

Faktor yang tak kalah penting lainnya adalah competitive advantage. Yaitu berupa unsur-unsur yang membuat brand Anda lebih unggul dari kompetitor. Sehingga dapat memenangkan persaingan di pasar.

Brand Promise

Terakhir adalah wujud brand promise itu sendiri. Yaitu berupa janji merek atau penawaran kepada konsumen agar mereka menerima value dan experience produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Brand promise sendiri dapat diwujudkan secara implisit maupun eksplisit. Caranya dapat melalui iklan, tagline, campaign, dan sebagainya.

Bagaimana Brand Promise yang Baik?

Selain mempelajari faktor pembentuknya, Anda juga perlu mengetahui ciri-ciri brand promise yang baik. Sehingga Anda dapat membuat strategi yang ideal untuk membangun brand promise.

Berikut beberapa hal yang menandakan suatu brand promise yang baik:

Simple

Brand promise merupakan janji merek kepada pelanggan. Sehingga, akan lebih baik jika dibuat secara sederhana agar tidak terkesan menjilat. 

Akan tetapi, buatlah dengan strategi yang efektif agar pesan atau penawaran dapat tersampaikan kepada pelanggan dengan mudah.

Consistent

Ciri yang lainnya adalah konsistensi janji yang diberikan. Hal ini harus sejalan juga dengan kualitas produk atau layanan yang ditawarkan. Sehingga, pelanggan tetap mempercayai brand Anda.

Indicative

Brand promise yang baik juga dapat menjadi indikasi nilai brand Anda. Caranya dengan membagikan pengalaman atau kepercayaan pelanggan terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

Differentiating

Selanjutnya, brand promise yang baik dapat menunjukan keunikan atau perbedaan dengan kompetitor. Untuk itu, Anda perlu mempelajari bisnis kompetitor agar dapat menciptakan penawaran yang berbeda kepada konsumen.

Creates Value with Actionable Language 

Ciri yang lain adalah memuat alasan mengapa pelanggan harus memilih produk Anda. Dengan kata lain, apa manfaat yang akan diperoleh pelanggan jika menggunakan produk Anda.

Speaks to What Matters Most

Brand promise bukanlah janji yang menyasar semua kalangan. Strategi ini tentu disesuaikan juga dengan target pasar yang sudah dirancang. Oleh sebab itu janji ini bisa jadi tidak diterima oleh semua orang.

Measurable

Terakhir, brand promise harus dibuat secara terukur agar pelanggan dapat memahami pesan yang hendak disampaikan. Caranya dapat dengan melibatkan aspek-aspek waktu, emosi, kualitas, jarak, atau tabungan.

Selain itu, brand promise juga dapat menjadi dorongan untuk Anda mempertahankan kualitas produk agar tetap memenuhi harapan pelanggan.

Cara KiriminAja Mendukung Bisnis Anda Memberi Brand Promise

Seperti kita alami bersama, dalam bisnis online, pengiriman paket menjadi salah satu faktor kunci dalam memberikan brand promise yang tepat kepada pelanggan.

Karenanya KiriminAja, manajemen jasa ekspedisi terpadu, adalah solusi tepat bagi Anda dan online seller lain yang ingin memberikan layanan pengiriman reliable masing-masing konsumen. 

Bagaimana KiriminAja membantu Anda memberikan brand promise terbaik?

Pertama-tama, KiriminAja memberikan pilihan layanan pengiriman yang beragam, seperti pengiriman kilat, reguler, dan ekonomis. Berbagai layanan itu memungkinkan Anda menyesuaikan tipe pengiriman paket dengan kebutuhan pelanggan.

Selain itu, KiriminAja juga memberikan fitur pelacakan paket secara real-time. Pelanggan Anda dapat dengan mudah memantau status pengiriman paket mereka. Sehingga mereka merasa lebih tenang dan percaya bahwa paket mereka akan sampai dengan tepat waktu dan kondisi yang baik.

Jadi, dengan KiriminAja, benefit yang didapatkan konsumen Anda adalah kepastian pengiriman paket dilakukan dengan cepat, aman, hemat, dan terpercaya. 

Sedangkan, benefit KiriminAja bagi Anda dan online seller lainnya adalah harga terjangkau, layanan pelanggan responsif, dukungan memberikan brand promise, dukungan menjaga #CashFlowAman, sehingga bisnis jadi tenang

Untuk itu, Anda hanya perlu mendaftar gratis di dashboard KiriminAja, melakukan beberapa verifikasi, dan mulai memberikan pengalaman pengiriman terbaik untuk pelanggan Anda.

Karena dengan KiriminAja, pelanggan Anda yakin bahwa brand promise yang diberikan bukan hanya omong kosong ala cowok mokondo.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.