Contoh Brand Promise Unik yang Bikin Konsumen Ngomong I Love You

Pamungkas
1 tahun lalu
Ecommerce
Contoh brand promise yang keren

Contoh brand promise yang ada di artikel ini bisa Anda jadikan rujukan bagaimana bisnis lebih menonjol dan menarik perhatian konsumen. Sebab, harus diakui, membuat brand promise membutuhkan effort yang cukup banyak.

Apalagi, saat berbicara terkait brand, maka bukan hanya sekadar kualitas yang diciptakan. Akan tetapi, bagaimana kualitas tersebut dapat dipahami oleh pelanggan.

Salah satu cara untuk memperkenalkan kualitas produk atau jasa yang Anda tawarkan ialah dengan membuat brand promise. Apa itu brand promise?

Yap, brand promise adalah janji merek yang dibuat oleh perusahaan untuk memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggannya. 

Untuk penjelasan lebih lengkap, Anda dapat mengunjungi artikel berikut yang membahas tentang pengertian, faktor, dan ciri brand promise yang baik.

Setelah mengenal apa itu brand promise, selanjutnya KiriminAja akan bagikan cara dan contoh brand promise dalam artikel ini. Sehingga, Anda dapat memahami lebih jauh dan menerapkannya ke bisnis Anda.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menciptakan Brand Promise?

Brand promise merupakan salah satu strategi yang dapat menarik pelanggan. Untuk itu, Anda dapat menerapkannya pada bisnis yang dijalankan. Lalu bagaimana cara menciptakannya?

Sebelum mempelajari cara membuat brand promise, berikut KiriminAja kasih tahu apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membuat brand promise.

Pelajari Bisnis Anda

Untuk membuat janji merek yang terukur, Anda perlu memahami bisnis yang dijalankan terlebih dahulu. Apa saja tujuan dan visi misi yang hendak dicapai.

Pelajari Target Pasar

Sebelum membuat brand promise, Anda juga perlu mempelajari target pasar yang disasar. Apa saja kebutuhan dan harapan yang mereka inginkan. Barulah Anda dapat menciptakan brand promise yang dapat menjawabnya.

Pelajari Kompetitor

Mempelajari kompetitor juga penting dilakukan sebelum membuat brand promise. Anda dapat menawarkan penawaran yang lebih menarik dari kompetitor agar brand Anda memiliki keunikan dan mudah dikenal.

Pelajari Produk Lebih Jauh

Terakhir, pelajari lebih jauh produk yang Anda tawarkan. Cari tahu keunggulan dan kelemahan produk. Kemudian Anda dapat menciptakan brand promise yang menarik, tetapi berdasarkan fakta.

Bagaimana Cara Menciptakan Brand Promise?

Setelah mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan, selanjutnya kita bahas cara membuat brand promise yang kuat dan menarik. Berikut penjelasan lengkapnya!

Fokus pada Sasaran Audiens

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mempelajari sasaran audiens terlebih dahulu. Sebab, brand promise berkaitan dengan komitmen brand Anda dengan audiens.

Tentukan terlebih dahulu siapa yang menjadi sasaran audiens bisnis Anda. Kemudian pelajari apa yang menjadi harapan atau kebutuhan mereka terkait produk yang Anda tawarkan.

Selain itu, pahami juga apa yang menjadi tujuan brand Anda dan dapat dipenuhi oleh audiens. Barulah buat brand promise yang dapat menjawab kebutuhan konsumen dengan tetap mempertimbangkan tujuan brand Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan penawaran yang diberikan kompetitor. Sehingga Anda dapat memberikan janji merek yang berbeda.

Mempelajari Sudut Pandang Konsumen

Dalam menyusun brand promise, Anda juga perlu melihat dari sudut pandang konsumen. Tujuannya agar lebih memahami apa saja yang diharapkan konsumen atas brand Anda.

Misalnya apa saja yang dibutuhkan konsumen atau experience seperti apa yang mereka harapkan. Barulah buat brand promise yang menjawab kebutuhan tersebut. 

Meskipun terdengar biasa, akan tetapi cara ini perlu dilakukan agar akurasi brand promise yang dibuat sesuai dengan keinginan konsumen.

Buat Brand Promise yang Simple

Brand promise dapat dibuat dengan sesederhana mungkin asal tetap memuat pesan yang ingin disampaikan dengan baik. Sebab, brand promise merupakan janji merek yang jika dibuat berlebihan akan terlihat menjilat.

Buatlah dalam bentuk yang simple dan mudah dipahami audiens. Serta jangan lupa untuk tetap memberikan sentuhan penawaran menarik agar konsumen mau menggunakan produk Anda.

Contoh Brand Promise

Setelah mempelajari apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat brand promise hingga cara membuatnya, selanjutnya KiriminAja kasih tau contohnya.

Sehingga Anda dapat memperoleh gambaran yang lebih konkrit tentang brand promise. Simak penjelasannya berikut.

Nike

Contoh brand promise yang diberikan brand Nike ialah berupa tagline yang berbunyi “JUST DO IT”. Artinya, Nike menjanjikan dapat memberikan inspirasi dan inovasi terhadap seluruh atlet di dunia.

Nike juga membuat brand promise yang mengatakan bahwa “jika Anda memiliki tubuh, Anda adalah seorang atlet”. Sehingga audiens yang disasar lebih luas, mulai dari atlet hingga orang biasa yang gemar berolahraga.

Starbucks 

Starbucks memposisikan dirinya sebagai perusahaan yang bukan hanya memberikan secangkir kopi yang enak. Melainkan brand yang memberikan pelayanan eksklusif.

Ia membangun branding sebagai merek gaya hidup dengan brand promise: “coffee that inspires”, “Beware of a cheaper cup of coffee. It comes with a price”, “We’ve always been crazy about coffee. Now we’re certified”.

Selain membuat branding yang kuat, Starbuck juga menciptakan brand promise yang dipercaya oleh pelanggan. Sehingga mereka tetap bertahan dan terus berkembang.

Coca-Cola

Selanjutnya, merek Coca-Cola juga memiliki brand promise. Diantaranya “Untuk menyegarkan dunia”, “Untuk menginspirasi momen optimisme dan peningkatan”, “Untuk menciptakan nilai dan membuat perbedaan.”

Brand promise bisnis terkenal di atas bisa Anda jadikan contoh untuk membuat brand promise Anda sendiri. 

Selain itu jangan lupakan membuat tagline juga, tak perlu bingung cara membuatnya, kami telah menyediakan artikel mengenai tagline dan cara buatnya yang bisa Anda baca ini.

Dukungan KiriminAja untuk Brand Promises Bisnis Anda 

KiriminAja, aplikasi kirim paket #1 di Indonesia, dapat menjadi partner bisnis yang tepat dalam menghasilkan brand promise yang positif di mata konsumen. 

Dengan menggunakan KiriminAja, Anda dapat memberikan pengalaman pengiriman yang memuaskan dan diingat konsumen.

Tapi jangan sampai tagline yang bagus terbuang sia-sia karena konsistensi yang kurang. Pastikan bisnis Anda memberikan pengalaman pengiriman yang konsisten dengan brand promise yang sudah Anda ciptakan.

Dengan KiriminAja, Anda dapat menciptakan brand promise yang unik dan bikin konsumen ngomong I love you.

Jadi, tunggu apa lagi!? Yuk, segera mendaftar gratis di dashboard KiriminAja dan segera nikmati layanan prima KiriminAja.

Anda bisa menghasilkan brand promise yang positif sekaligus mampu menjaga #CashFlowAman dan bisnis jadi tenang.

Nah, ingin contoh brand promise yang unik? Bagaimana dengan "Yang Urus Paketnya KiriminAja, lho"? Tagline ini akan membuat konsumen merasa aman dan nyaman dalam mengirimkan paket mereka.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.