Cara Buat Logo Olshop yang Profesional Biar Dilirik Pelanggan

Danusantoso
11 bulan yang lalu
Bisnis
contoh-logo

Mengetahui cara buat logo online shop berarti menghilangkan biaya menyewa graphic designer. Bagi bisnis, penghematan ini sangat berarti. Apalagi harga jasa graphic designer memang mahal.

Sedangkan di sisi lain, logo adalah simbol atau gambar yang merepresentasikan identitas suatu bisnis. Kehadiran logo membantu meningkatkan brand awareness bisnis Anda. 

Untuk itu, penting untuk Anda membuat logo sebaik mungkin agar bisnis lebih mudah dikenali. Anda dapat mempelajari pembahasan lengkap tentang logo dalam artikel ini. 

Namun, sebelum mempelajari tentang logo, akan lebih baik jika Anda mempelajari terlebih dahulu alasan pentingnya logo dalam usaha kecil sekalipun. Anda hanya perlu membaca artikel tentang perlunya logo profesional untuk UMKM berikut ini untuk mempelajari lebih lanjut. 

Kemudian, barulah Anda dapat mempelajari definisi, fungsi, jenis, contoh, dan cara membuat logo yang baik dalam artikel ini. 

Definisi Logo

Logo merupakan simbol atau gambar yang merepresentasikan identitas visual suatu bisnis. Bentuk logo bisa berupa simbol, ekon, teks, atau kombinasi dari elemen tersebut.

Tujuan pembuatan logo yaitu agar mudah dikenali dan diingat oleh pelanggan. Sehingga, kehadiran logo juga dapat menunjang brand awareness bisnis Anda.

Makannya, logo harus dibuat seefektif mungkin agar dapat merefleksikan nilai dan citra bisnis, serta dapat menjadi pembeda dengan kompetitor.

Nah, ada satu cara nih agar logo bisa jadi alat efektif untuk menampilkan citra bisnis, caranya adalah dengan membuat logo menjadi watermark. Anda bisa menyimak cara membuat watermark dan menyelami lebih jauh tentangnya di link tersebut.

Fungsi Logo

Berikut beberapa fungsi penting logo dalam sebuah bisnis:

  • Merepresentasikan Identitas Bisnis
  • Meningkatkan Kesan Profesional
  • Membedakan dari Kompetitor
  • Meningkatkan Citra dan Merek
  • Memudahkan Branding
  • Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Dari fungsi-fungsi tersebut, dapat kita lihat bahwa logo memiliki peranan dalam membangun brand identity bisnis Anda. Brand identity ini yang akan meningkatkan kualitas bisnis Anda. 

Selain logo, terdapat aspek lain untuk membangun brand identity, lho. Anda bisa membaca uraian tentang brand identity ini untuk memahami brand identity lebih detail lagi dan bagaimana perannya bagi bisnis. 

Jenis Logo

Berikut beberapa jenis logo yang umum digunakan dalam dunia bisnis:

Logo Huruf (lettermark)

Jenis logo yang terdiri dari huruf atau inisial dari nama bisnis.

Logo Kombinasi (combination mark)

Jenis logo yang menggabungkan antara simbol atau gambar dengan teks atau nama bisnis.

Logo Gambar (pictorial mark)

Jenis logo yang hanya menggunakan gambar atau simbol tanpa ada teks atau nama bisnis.

Logo Emblem

Jenis logo yang mirip dengan logo gambar, namun biasanya terdapat tulisan di dalam atau di sekitar gambar.

Logo Abstrak (Abstract Mark)

Jenis logo yang menggunakan bentuk abstrak yang tidak memiliki arti yang jelas.

Logo Mascot

Jenis logo yang menggunakan karakter atau tokoh sebagai representasi bisnis.

Logo Watermark

Jenis logo yang hanya digunakan sebagai latar belakang atau bayangan pada media promosi, seperti brosur atau kartu nama.

Contoh Logo Bisnis

Logo dibuat dengan menyesuaikan jenis bisnisnya. Berikut KiriminAja kasih contoh beberapa logo dari bisnis toko baju dan skincare.

Contoh Logo Toko Baju

Berikut beberapa contoh logo toko baju dari brand terkenal:

Zara

Logo Zara terdiri dari huruf Z yang terbalik dengan garis horizontal di atasnya. Logo ini terkesan minimalis dan modern.

H&M

Logo H&M terdiri dari huruf H dan M yang disatukan dengan garis horizontal di tengahnya. Logo ini terkesan simpel dan elegan.

Nike

Logo Nike terdiri dari sebuah simbol sederhana berbentuk "swoosh" (sebuah garis melengkung) yang melambangkan gerakan dan kecepatan.

Contoh Logo Toko Skincare

Berikut beberapa contoh logo toko skincare dari brand terkenal:

Glossier

Logo Glossier berupa teks dengan font minimalis dan garis tipis, dengan warna merah muda yang segar dan elegan.

Herbivore Botanicals

Logo Herbivore Botanicals terdiri dari gambar tanaman monstera dalam bentuk garis tipis dengan warna hijau segar, dengan teks yang ditulis dalam huruf kapital yang simpel.

Drunk Elephant

Logo Drunk Elephant berupa gambar gajah dengan garis tipis, font sederhana, serta warna putih yang simpel dan elegan.

Cara Membuat Logo Olshop

Berikut beberapa langkah dalam membuat logo olshop:

Tentukan Konsep Logo

Pertama, tentukan konsep atau ide dasar untuk logo olshop Anda. Carilah inspirasi dari merek  lain di industri yang sama. 

Tentukan Warna dan Font

Pilihlah warna dan font yang mencerminkan merek dan produk olshop Anda. Selain itu, pastikan juga logo mudah dibaca dan menarik. 

Buatlah Beberapa Sketsa

Buatlah beberapa sketsa kasar logo olshop Anda dengan menggunakan pensil atau alat desain lainnya. Fokuslah pada bentuk dan komposisi dasar terlebih dahulu. 

Pilihlah Sketsa Terbaik

Pilihlah sketsa terbaik dari beberapa pilihan yang telah Anda buat. Kemudian perbaiki  dengan mengubah beberapa detail atau menambahkan elemen baru.

Gunakan Software Desain

Setelah memiliki ide dasar dan sketsa yang solid, Anda dapat menggunakan software desain seperti Adobe Illustrator, Canva, atau CorelDRAW untuk membuat logo olshop Anda dengan lebih rapi dan detail.

Ujilah pada Berbagai Media

Setelah logo olshop Anda jadi, uji pada berbagai media seperti di website, kemasan produk, dan media sosial. Pastikan logo Anda terlihat baik pada berbagai tampilan dan format.

Revisi Jika Diperlukan

Jika ada yang perlu diperbaiki atau diubah, lakukan revisi pada logo sampai Anda mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan.

Dengan membuat logo profesional, bisnis Anda akan lebih menarik di mata pelanggan. PR selanjutnya adalah memastikan pelanggan tetap setia belanja di toko Anda. 

Untuk itu, Anda perlu menambahkan strategi di sistem logistik. Anda bisa memberikan layanan logistik dengan harga hemat tapi memiliki kualitas pengiriman yang reliable. 

Kabar baiknya, Anda tidak perlu effort banyak untuk layanan prima seperti itu. Cukup daftar gratis di dashboard KiriminAja sekarang juga, lakukan beberapa verifikasi, dan nikmati servis reliable dari aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.