Meremehkan Bubble Wrap Adalah Mengabaikan Kepercayaan Konsumen

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
harga-plastik-bubble-wrap

Bubble wrap adalah salah satu jenis bahan kemasan yang terdiri dari gelembung-gelembung kecil berisi udara. Bahan ini biasanya digunakan untuk melindungi paket agar tidak rusak saat dikirim atau dipindahkan.

Anda mungkin pernah mengalami masalah saat mengemas barang untuk dikirimkan, seperti khawatir barang akan pecah atau rusak saat dalam perjalanan.

Namun, dengan bubble wrap, Anda dapat merasa lebih tenang karena bahan ini akan menyerap guncangan dan tekanan yang mungkin terjadi selama pengiriman.

Meskipun demikian, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan bubble wrap agar barang Anda tetap aman dan terlindungi dengan baik. Nah ada juga nih alternatif pengganti bubble wrap yang ramah lingkungan kalau bisnismu mengusung ramah lingkungan.

Berikut ini adalah artikel yang akan membahas apa itu bubble wrap, fungsi, jenis, ukuran dan informasi harganya agar Anda bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan pengiriman paket yang aman dan nyaman.

Definisi Bubble Wrap

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan istilah tersebut apalagi jika Anda seorang seller online yang sering mengirim paket melalui jasa ekspedisi.

Bubble wrap merupakan sebuah bahan kemasan plastik yang punya banyak gelembung-gelembung kecil berisi udara. Bubble wrap berfungsi untuk melindungi barang-barang agar tidak rusak saat dikirim atau dipindahkan.

Biasanya digunakan untuk melapisi packingan paket yang berisi barang mudah pecah. Selain itu juga digunakan sebagai pengisi ruang kosong yang tersisa di dalam box agar barang yang ada di dalamnya tidak bergerak dan aman saat pengiriman.

Ketika Anda menggunakan bubble wrap, gelembung-gelembung kecil pada bahan ini akan menyerap guncangan dan tekanan yang mungkin terjadi selama pengiriman. Paket yang Anda kirimkan pun akan tetap aman dan tidak rusak.

Bubble wrap ini dapat dipakai pada berbagai jenis barang, seperti piring, botol, hingga barang elektronik yang rentan terhadap benturan.

 

Fungsi Bubble Wrap

Bubble wrap tentu memiliki banyak fungsi yang menguntungkan bagi keamanan paket, berikut adalah beberapa manfaat dan fungsi dari bubble wrap:

  • Melindungi barang dari kerusakan karena bisa meredam dan mengurangi benturan serta guncangan.
  • Dapat mencegah pecahnya barang dalam paket dengan gelembung-gelembung udara yang ada.
  • Dapat menjadi pengisi ruang kosong dalam kotak pengiriman sehingga barang tak bergeser selama pengiriman,
  • Mudah digunakan karena bisa dipotong sesuai dengan kebutuhan.
  • Sebagai pengaman terhadap air atau bungkus waterproof karena bahannya terbuat dari plastik.

Dari penjelasan di atas, bubble wrap berperan sebagai pengaman utama dalam keamanan barang. Selain aman, bahannya pun mudah dimodifikasi dan disesuaikan dengan ukuran paket Anda.

Kenapa Packing Harus Pakai Bubble Wrap

Packing menggunakan bubble wrap adalah pilihan krusial untuk melindungi barang konsumen Anda saat pengiriman. Berikut adalah beberapa alasan mengapa packing harus menggunakan bubble wrap: Kurang lebihnya, kelebihan bubble wrap dalam packing adalah:

  • Perlindungan terhadap benturan. Bubble wrap memberikan lapisan tambahan perlindungan dari benturan dan goresan yang mungkin terjadi selama pengiriman. 
  • Ringan. Bubble wrap ringan dan tidak akan menambah berat paket secara signifikan.
  • Fleksibel. Bubble wrap sangat fleksibel dan mudah dibentuk mengikuti bentuk barang yang akan dikirim.
  • Tahan air. Bubble wrap tahan air, sehingga paket Anda akan tetap kering meski terkena air atau kelembaban selama pengiriman.
  • Hemat biaya. Bubble wrap relatif murah dan mudah didapatkan di sejumlah toko online atau offline.

Akan tetapi, Anda tidak bisa asal-asalan melakukan packing dengan bubble wrap. Untuk itulah, Anda perlu mengetahui panduan packing paket Anda agar aman, selamat, dan utuh.

KiriminAja sudah menyiapkan panduan packing dengan bubble wrap khusus untuk bisnis online. Jadi, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu mengekplorasi cara packing.

Setidaknya, Anda tidak akan salah packing dan mempercepat waktu packing dengan panduan tersebut.

Apa Saja Jenis Bubble Wrap?

Bubble ternyata memiliki beberapa macam atau jenis lho, Anda bisa membaca jenis-jenis berikut sesuai dengan kebutuhan bisnis dan produk yang dijual:

  • Bubble Wrap Standar, merupakan jenis paling umum dari bubble wrap yang banyak digunakan di pasaran.
  • Anti-Statis Bubble Wrap, jenis yang bisa melindungi barang elektronik dari listrik statis.
  • Bubble Wrap Warna, merupakan jenis wrap yang banyak digunakan untuk kebutuhan kreatif atau dekorasi dalam bisnis.
  • Bubble Wrap Lapis, memiliki dua lapisan plastik dengan gelembung di antaranya, lebih tebal dan lebih aman dari jenis biasa.
  • Bubble Wrap Kertas, terbuat dari kertas dan ada gelembung udaranya. Lebih ramah lingkungan karena mudah terurai saat menjadi sampah.
  • Bubble Wrap Besar, jenis ini mempunyai ukuran gelembung yang lebih besar dari biasanya dan biasa digunakan untuk membungkus paket berukuran besar dan berat.

Ukuran Bubble Wrap

Secara umum bubble wrap memiliki ukuran yang beragam bergantung pada jenis serta pemakaiannya. Jika Anda membeli bubble wrap yang ada di toko atau marketplace biasanya tersedia ukuran 1 roll yaitu dengan lebar sekitar 1,25 meter dan panjang 50 meter (1,25 x 50).

Ukuran tersebut adalah ukuran pada umumnya, namun Anda juga bisa membeli ukuran yang lebih kecil dengan memesan beberapa meter saja. Ini bergantung di mana Anda membelinya dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Berapa Harga Plastik Bubble Wrap?

Harga plastik bubble wrap dapat bervariasi tergantung pada ukuran, jenis, dan kuantitas yang dibeli.

Namun, secara umum, harga bubble wrap standar mulai berkisar dari Rp 5.000 - Rp 15.000 per meter, tergantung pada lebar, panjang, dan ketebalannya.

Bubble wrap anti-statis dan bubble wrap berlapis biasanya lebih mahal dari bubble wrap standar karena memiliki fitur khusus.

Selain itu, harga juga dapat bervariasi tergantung pada toko atau supplier yang menyediakan bubble wrap tersebut. Untuk bubble wrap 1 roll biasanya dipatok dengar harga di bawah 100 ribu. Jadi Anda bisa membeli sesuai kebutuhan dan budget yang tersedia.

Menggunakan bubble wrap tentunya akan membuat paket aman selama pengiriman dan bisa membuat pembeli percaya dengan bisnis Anda. Tapi jangan merasa cukup dulu dengan hal tersebut, Anda harus punya strategi pengiriman lain yang menarik.

Salah satunya adalah dengan memberikan layanan logistik berharga murah serta berdiskon namun kualitas pengirimannya tetap reliable. Nah Anda bisa mewujudkan hal tersebut melalui KiriminAja.

Jika bubble wrap membuat paket aman, maka KiriminAja akan membuat paket Anda cepat sampai tujuan dan tentunya aman juga.

Selain itu, dengan KiriminAja, Anda bahkan bisa mengatur margin profit dan manajemen produk secara bebas via online store yang disediakan.

Dengan demikian, cash flow terjaga, paket aman dan pengiriman jadi serba cepat. Anda pun bisa lebih fokus lagi dalam berbisnis.

Kabar baiknya, tak butuh effort besar untuk itu, cukup daftar secara gratis saja di dashboard KiriminAja, lakukan beberapa verifikasi, dan Anda bisa langsung menikmati layanannya. Dijamin paket Anda berada di tangan profesional, sehingga mendukung bisnis makin lancar di tahun ini.

Jadi, yuk demi #CashflowAman dan bisnis jadi tenang, mari percayakan proses logistik Anda ke aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.