Calon Pembeli Perhitungan Dalam Hal Ongkir? Terapkan Strategi ini!

Updated May 18, 2022 • Created 6 bulan yang lalu
Calon Pembeli Perhitungan Dalam Hal Ongkir? Terapkan Strategi ini!

Ketika anda berbelanja online mungkin anda sudah tidak asing dengan istilah “Ongkir” atau kepanjangannya adalah “ongkos kirim” dan ini adalah salah satu elemen penting serta hal yang paling dipertimbangkan oleh anda sebagai customer, bukan?

Selama eksisnya budaya belanja online ini sangat jarang menemukan penjual tidak menyajikan biaya ongkos kirim ini dari barang yang mereka jual, kalau pun penjual memberikan subsidi ongkir. Mereka akan memberikan subsidi beberapa persen saja dari total ongkir yang dibutuhkan.

Jika anda adalah seorang customer yang seringkali membeli barang secara online, mungkin anda berpikir apa sih yang mempengaruhi biaya transportasi dan perhitungan biayanya ongkir? Karena terkadang untuk barang tertentu akan mendapatkan biaya ongkir yang lebih rendah maupun lebih mahal.

Ternyata ada beberapa faktor yang mempengaruhinya dan hal tersebut terkait dengan produknya, diantaranya adalah

  • Faktor pertama adalah kepadatan barang yang merujuk pada berat barang maupun volume dari sebuah produk.

  • Kemampuan produk tersebut yang mengisi ruang tersedia di dalam kendaraan transportasi pengiriman barang.

  • Kemudahan dan juga kesulitan dalam menangani produk yang anda kirimkan melalui ekspedisi tersebut.

  • Jenis produk yang memiliki berat dan volume tertentu atau resiko mudah rusak seperti barang pecah dll biasanya akan dikenakan tarif ongkir lebih tinggi dari biasanya.

Faktor yang menentukan biaya ongkir juga terkait dengan hal lain diantaranya adalah faktor pasar, berikut penjelasannya :

  • Lokasi pasar juga menjadi penentu, misalnya jarang transportasi barang yang harus diambil maupun diangkat.

  • Faktor alam dan juga faktor pengembangan peraturan pemerintah.

  • Seimbang atau tidaknya lalu lintas setempat dari barang ke luar maupun masuk pasar tertentu.

  • Tujuan barang tersebut dikirim, domestik atau internasional.

Nah, sekarang sudah tau kan mengapa ongkir terkadang lebih mahal untuk kondisi barang tertentu, walaupun jarak pengiriman cukup dekat atau terkadang juga tujuan yang jauh biaya ongkirnya lebih murah dibandingkan jarak yang lebih dekat.

Sekarang bagaimana jika anda adalah penjual online tersebut? Pastinya anda memerlukan strategi tertentu dalam menyajikan ongkir, bukan? Nah tidak perlu risau karena kami memiliki tips dan trik dalam penyajian ongkir khusus untuk anda.

Ikuti saja petunjuk ringan dibawah ini dan semoga membantu !

  1. Pajang Biaya Ongkir Per Kota atau Per Tujuan

Strategi penyajian ongkir pertama adalah memajang biaya ongkir per kota maupun per tujuan. Cara ini bertujuan agar anda memberikan kesempatan kepada calon pembeli untuk melihat secara langsung ongkir untuk barang yang akan ia beli.

Ada berbagai format yang bisa anda gunakan dalam menyajikan informasi biaya ongkir diantaranya adalah

  • Menggunakan tabel dengan format html.

  • Screenshot gambar maupun scan tabel gambar ongkir yang nantinya bisa di download oleh calon pembeli.

  • Ditampilkan dalam format dokumen MS Word maupun PDF dan nantinya filenya di embed dengan menggunakan kode HTML di website anda atau di upload di Google Drive dan pembeli bisa klik link Google Drive tersebut.

Strategi ini, anda sebagai penjual harus bisa memastikan bahwa segala sesuatunya telah diletakan di posisi yang baik dan benar. Maksudnya adalah ongkir yang tertera sudah sesuai dengan tujuan pengiriman, jangan sampai ongkir ke Papua dan ke Jakarta justru lebih mahal ke Jakarta.

Misalnya saja ongkir ke Papua 30rb tapi ke Jakarta 50rb tapi barang dikirim dari Yogyakarta, tentu hal ini tidak logis bukan?

Cara ini memang cukup fungsional namun kekurangannya adalah tidak praktis dalam cek ongkir, agar bisa lebih mudah mungkin di website anda bisa ditambahkan fitur cek ongkir yang didesain lebih praktis daripada harus cek satu-satu tabel tujuan pengiriman.

  1. Ongkir yang Dirahasiakan/Call us

Cara ini jika melihat namanya saja mungkin terkesan tidak terbuka, bukankah dalam berbisnis online itu semuanya harus terbuka? Tentu dan yang dimaksud ongkir dirahasiakan ini bukan tidak terbuka, hanya saja anda sebagai penjual hanya menampilkan harga saja namun belum menampilkan biaya untuk ongkir pengirimannya.

Cara ini sangat cocok untuk anda yang menjual barang eksklusif, memiliki harga mahal atau barang unik. Jika anda akan menerapkan cara ini, tentunya anda harus sudah bisa memastikan bahwa calon pembeli yang anda targetkan tidak akan keberatan untuk menanyakan terlebih dahulu ongkirnya.

Anda juga harus siap untuk menerima telepon atau chat dari calon pembeli. Hal yang perlu anda catat terlebih dahulu adalah bahwa pembeli yang menghubungi anda untuk menanyakan ongkir, tentunya mereka tidak pasti membeli barang anda.

Karena seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa terkadang pembeli sangat mempertimbangkan ongkir. Siap?

  1. Patok Langsung Biaya Ongkir Per Pulau

Strategi berikutnya adalah mematok langsung biaya ongkir per pulau tujuan barang akan dikirimkan. Agar bisa terbayang kami akan berikan contoh, misalnya anda mengirim barang ke daerah pulau jawa dan dikenai biaya ongkir sebesar Rp 10.000.

Sedangkan untuk luar pulau jawa dikenakan tarif biaya ongkir sebesar Rp 15.000, tahukah anda bahwa cara ini biasa digunakan perusahaan media dalam mendistribusikan produk mereka seperti majalah, surat kabar ke setiap daerah yang ada di Indonesia.

Anda bisa melihatnya di halaman cover produk mereka, biasanya majalah maupun surat kabar suka terdapat teks sebagai berikut :

  • Rp 6.000 (Pulau Jawa dan Sumatera).

  • Rp 7.000 (Nusa Tenggara Barat dan Bali).

  • Rp 8.000 (Papua dan Ambon).

Bisa dibilang ini adalah teknik alternatif yang simple dibandingkan beberapa cara diatas. Keuntungan dari strategi ini adalah anda sebagai penjual maupun pembeli tidak akan kerepotan ketika melakukan transaksi.

Dalam implementasinya, penjual bisa memajang biaya ongkir per pulau tersebut tepat di halaman dimana produk tersebut disajikan. Hal ini bertujuan agar pembeli bisa langsung mengkalkulasikan dengan total barang yang dibeli.

  1. Berikan Free Ongkir

Bukan kah dalam pembahasan awal mustahil bagi penjual untuk memberikan free ongkir? Yap, memang mustahil tapi anda bisa menggunakan trik free ongkir ini untuk menarik perhatian calon pembeli.

Tapi tunggu dulu, bukankah jika penjual memberikan free ongkir justru dagangnya akan rugi? Tenang, jangan khawatir karena trik ini tidak akan merugikan anda. Perhatikan baik-baik trik berikut ini: 

  • Langkah pertama agar anda bisa menerapkan strategi ini adalah mengambil biaya ongkir termahal dari apa yang mungkin terjadi nantinya.

  • Biaya ongkir termahal tersebut masukan kedalam harga pokok produk yang anda jual.

  • Selanjutnya adalah menentukan untung yang mau anda ambil nantinya.

Mudah bukan? Mustahil memang memberikan biaya gratis ongkir. Tapi, tidak mustahil memberikan layanan free ongkir. 

Nah itulah beberapa informasi yang mungkin bermanfaat untuk anda mengenai penentuan biaya ongkir dan tips strategi dalam penyajian biaya ongkir untuk meningkatkan penjualan produk anda di pasar online.

Semoga anda bisa langsung bergerak untuk menerapkan beberapa strategi tersebut.

Related posts:
  1. Ini 5 Aktivitas Marketing Agar Customer Berpotensi Mau Beli
  2. 4 Langkah Dasar Sebelum Produk Diluncurkan di Market
  3. Cara Mudah Riset Produk dan Target Pasar Bisnis Online Shop Baju
  4. 7 Cara Tentukan Produsen Baju yang Tepat Agar Bisnis Melesat
  5. Strategi Jitu Menanggapi Pelanggan dengan Ramah dan Cepat
Ruth
Author
Ruth
Bagikan