Cara Praktis Atasi Penjualan dan Pendapatan Biar Nggak Macet

Akhmad Ilham Cahyono
4 bulan yang lalu
Bisnis
Dampak Penjualan dan Pendapatan yang Macet

Kamu pasti pernah mengalami masa-masa di mana penjualan dan pendapatan terasa macet, bukan? Terus caranya gimana ya biar penjualan dan pendapatan tak macet lagi?

Tenang saja, ada trik dan caranya kok yang bisa kamu lakukan. Halangan semacam itu adalah tantangan yang sering dihadapi oleh banyak pengusaha.

Biar kamu tak melulu mumet mikirin caranya, yuk kita simak galam artikel ini tentang pembahasan cara mengatasinya. Jadi, simak terus sampai akhir ya!

Faktor Penyebab Pendapatan dan Penjualan Macet

Penjualan dan pendapatan yang macet tentunya bukan suatu hal yang terjadi tanpa alasan, mungkin kamu tidak menyadari ada faktor-faktor yang bisa mempengaruhinya seperti di bawah ini:

Rendahnya Visibilitas Online

Faktor utama yang seringkali menjadi penyebab penjualan dan pendapatan yang macet adalah rendahnya visibilitas online.

Kamu mungkin memiliki produk atau layanan yang luar biasa, tapi jika tidak terlihat oleh calon pelanggan, bisnismu akan kesulitan berkembang.

Visibilitas online ini adalah ajang di mana kamu harus bersaing untuk terlihat di antara para pesaing lainnya, kalau bisnismu di-notice sama pelanggan pastinya mereka akan menuju produkmu.

Jika tidak terlihat tentunya produkmu nggak akan dibeli sama sekali. Maka dari itu kamu harus sadar akan hal ini.

Strategi Pemasaran yang Kurang Efektif

Strategi pemasaran yang kurang efektif juga bisa menjadi penyebab utama. Mungkin iklanmu tidak mencapai target audiens dengan baik, atau pesan pemasaranmu tidak cukup kuat untuk memikat calon pembeli.

Selain itu mungkin kamu juga melakukan strategi pemasaran yang salah atau mungkin tidak mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara iklan bekerja.

Untuk itu, diperlukan riset yang cukup agar strategi pemasaranmu berjalan dengan lancar.

Dampak Penjualan dan Pendapatan yang Macet

Penjualan yang macet pasti sangat berdampak pada bisnismu, dampak ini jelas akan merugikan jika tidak ditangani secepatnya, tapi kamu nggak perlu khawatir karena di bawah nanti akan ada cara mengatasinya.

Di bawah ini adalah beberapa dampak yang harus kamu ketahui:

Menurunnya Kepercayaan Pelanggan

Penjualan dan pendapatan yang macet dapat merusak kepercayaan pelanggan. Jika mereka melihat bisnismu stagnan, mereka mungkin akan mencari alternatif lain yang lebih aktif dan inovatif.

Jika kepercayaan pelanggan hilang lalu tidak ada konsumen yang tertarik dengan bisnis maka kamu bisa saja mengalami kebangkrutan. Jadi jangan dibiarkan saja ya.

Gangguan pada Arus Kas

Selain itu, dampak finansial juga bisa terasa. Penjualan yang tidak berjalan lancar dapat mempengaruhi arus kas bisnismu, menyebabkan ketidakstabilan dan membatasi kemampuan untuk mengembangkan atau memperbaiki bisnismu.

Kalau arus kas sudah terganggu ini artinya nyawa bisnis mulai terancam, tapi jangan takut, kamu bisa melakukan cara-cara seperti yang bisa kamu lakukan di bawah ini.

Cara Atasi Penjualan dan Pendapatan yang Macet

Sekarang kita akan masuk ke dalam pembahasan mengenai cara apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi penjualan dan pendapatan yang macet, langsung aja kita bahas bersama berikut ini:

Tingkatkan Visibilitas Online dengan Konten Berkualitas

Hal pertama yang harus diperbaiki adalah visibilitas bisnismu, dengan membuat usaha online dan produkmu terlihat maka pelan-pelan nantinya penjualan juga akan naik. Ada pun yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan visibilitas online adalah:

Perbarui dan Optimalkan Website

Mulailah dengan memperbarui dan mengoptimalkan website bisnismu. Pastikan informasi produk atau layanan terbaru, dan website dapat diakses dengan baik di berbagai perangkat.

Aktif di Media Sosial

Manfaatkan media sosial untuk meningkatkan visibilitas. Posting secara teratur, berinteraksi dengan pelanggan, dan gunakan iklan yang sesuai untuk menjangkau target audiensmu.

Perbarui dan Kembangkan Strategi Pemasaran

Setelah melakukan cara di atas, kamu juga bisa melakukan step selanjutnya dengan memperbarui atau mengembangkan strategi pemasaran yang sebelumnya kurang baik. Caranya adalah sebagai berikut:

Analisis dan Evaluasi Strategi Pemasaran

Lakukan analisis menyeluruh terhadap strategi pemasaranmu. Apakah iklanmu efektif? Apakah pesan pemasaranmu jelas? Sesuaikan strategi pemasaranmu dengan kebutuhan dan selera pasar saat ini.

Kamu bisa menggunakan Meta Ads atau jenis ads lainnya, jika budgetmu minim kamu bisa melakukan promosi dan pemasaran di sosial media.

Berikan promosi yang menarik namun tetap tidak merugikanmu. Bangun pelang-pelan dan jangan terburu-buru yang penting konsisten dan percaya diri.

Libatkan Pelanggan dalam Pengembangan

Libatkan pelanggan dalam pengembangan strategi pemasaran. Mintalah umpan balik, ide, dan saran agar produk atau layanan yang kamu tawarkan lebih sesuai dengan keinginan mereka.

Pendapat pelanggan adalah kunci sukses bisnismu, kalau kamu terbuka dan mau mendengarkan mereka pastinya kamu akan tahu kebutuhannya.

Dengan memberikan kebutuhan itu konsumen akan tertarik dan needs mereka terpenuhi.

Jadi, kamu yang tengah berjuang melawan penjualan dan pendapatan yang macet, jangan khawatir terlalu lama.

Dengan pemahaman yang baik terhadap faktor penyebab dan dampaknya, serta langkah-langkah praktis untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa memulihkan bisnismu ke jalur yang benar.

Kamu harus tetap semangat dan melakukan strategi yang lebih baik lagi misalnya dengan pengiriman yang cepat dan andal.

Konsumen sekarang ini sangat senang jika produk yang mereka beli secara online bisa sampai dengan cepat ke tangan mereka.

Kamu nggak perlu pusing mikirin biaya ongkirnya karena ada KiriminAja, sebagai agregator logistik yang siap membantu memajukan bisnismu dengan pengiriman cepat, KiriminAja menyediakn banyak pilihan ekspedisi yang andal.

Kamu bisa cek dan gabung dengan daftar gratis di Dashboard KiriminAja, di dalamnya banyak banget fitur mulai dari manajemen order hingga tracking paket real time.

Dengan demikian, penjualan dan pendapatanmu yang macet akan jadi lancar, keuangan juga terjaga dan bisnis bisa tetap berjalan dengan #CashflowAman serta bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Akhmad Ilham Cahyono
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.