Cara Pasang Iklan di Google Ads Indonesia - Panduan Update 2023

Bagas
1 tahun lalu
Ecommerce
Cara pasang iklan google ads

Menggunakan Google Ads (sebelumnya dikenal sebagai Google Adwords) mungkin jadi keputusan marketing paling menguntungkan untuk bisnis Anda. Untuk itu, KiriminAja memberi uraian lengkap cara pasang iklan di Google Ads Indonesia.

Kenapa pasang iklan di google ads terhitung potensial dan menguntungkan? Google merilis data di awal 2023 yang mencatat bahwa sepanjang 2019-2022 telah tumbuh 35 juta pengguna internet baru.

Dengan pertambahan itu, maka ada 220 juta pengguna internet di Indonesia sepanjang 2022. Besar kan?! Anggap saja Anda hanya berhasil menarik konsumen sebanyak 0,1% dari aktivitas ads sederhana dari Google. Sudah ada 200.000 konsumen, lho.

Jadi, yuk mari bahas bagaimana sih cara beriklan di Google Ads di sini.

Tahapan Pasang Iklan di Google Ads Indonesia

Saat memasang iklan di Google Ads Indonesia, Anda akan diminta melewati sejumlah tahapan. Akan tetapi sebelum lebih jauh membahasnya, perlu diketahui bahwa uraian ini tidak membahas cara pasang iklan di Google gratis.

Walau tidak gratis, beriklan di Google Ads terhitung sangat terjangkau. Apalagi dengan jangkauan audiens dan konsumen potensial yang didapatkan.

Sehingga, Anda sebaiknya tidak perlu repot-repot mencari cara pasang iklan di Google gratis. Sebab, pada akhirnya, beriklan gratis sebenarnya membutuhkan effort non-uang yang tidak sedikit.

Ini dia tahap demi tahap cara beriklan di Google Ads.

Tentukan Tujuan Beriklan di Google Ads Indonesia

Menentukan tujuan, bisa dibilang, adalah salah satu langkah paling dasar ketika Anda akan beriklan di Google ads.

Apa saja tujuan aktivitas Iklan Google Ads yang bisa Anda pilih? Bisa berupa traffic yang banyak, review lokasi/produk di Google Maps, pembelian di toko online, atau mungkin panggilan bisnis.

Sebenarnya, masih ada banyak tujuan lain. Karena itulah, Anda harus mengidentifikasi dan menentukan tujuan apa yang dipilih.

Tentukan Lokasi Beriklan

Salah satu cara mudah ads dengan Google adalah menentukan lokasi target audiens. Sebab, internet terlalu luas dan mahal jika Anda ingin beriklan di semua tempat.

Layaknya dunia nyata, Anda memerlukan biaya lebih jika ingin muncul di beragam platform di internet.

Karenanya, tentukan lokasi spesifik, misal negara Indonesia, Jawa Barat, atau luar negeri.

Riset Kata Kunci

Salah satu tahapan penting dalam beriklan di Google Ads adalah melakukan riset keyword.

Sebab, cara iklan di Google Ads yang efektif adalah menempatkan kata kunci yang spesifik dan tepat sesuai produk atau konsumen Anda.

Cari tau kata kunci yang banyak digunakan orang lain untuk mengetahuinya bisa dengan riset menggunakan tools yang ada, Sehingga iklan Anda tepat sasaran.

Tentukan Budget

Budget adalah hal krusial. Karena itu, selalu tanamkan di kepala Anda bahwa tidak ada Google Ads gratis. Walau tidak gratis, biaya Google Ads tetap terjangkau.

Untuk itu, tahapan menentukan budget harus Anda lewati. Sebab, Google ingin penggunanya sadar bahwa uang yang dikeluarkan harus diikuti dengan strategi tertentu. Alias, Google tidak ingin Anda asal-alan dalam beriklan.

Biasanya, semakin besar jangkauan maka budget yang harus disiapkan harus sedikit lebih besar.

Tenang, walau tidak gratis, Anda bisa beriklan dengan nominal kecil, seperti Rp50.000. Dengan begitu, Anda bisa mengeksplorasi banyak hal terlebih dahulu sebelum membuat strategi iklan dengan biaya lebih besar.

Cara Pasang Iklan di Google Ads Indonesia

Setelah melewati tahap-tahap di atas, Anda akan diarahkan untuk melakukan sejumlah formulir lainnya.

Secara umum, cara pasang iklan di Google Ads Indonesia terbagi dalam 12 langkah, yaitu:

  • Buka terlebih dahulu Google Ads
  • Klik “Mulai Sekarang”
  • Masukan tujuan campaign
  • Pilih jenis google ads yang Anda inginkan lalu klik “Continue”
  • Tentukan target lokasi dan bahasa
  • Tentukan target audiens iklan Anda
  • Tentukan budget harian
  • Tentukan Bidding
  • Tambahkan informasi pendukung lainnya
  • Masukan kata kunci yang telah disiapkan
  • Buat tampilan iklan sesuai yang diinginkan
  • Siapkan detail penagihan

Bagaimana KiriminAja Mendukung Iklan Anda di Google Ads?

Dengan KiriminAja, Anda bisa memberikan harga ongkos kirim yang lebih murah dan aman. Sehingga dapat menjadi salah satu daya tarik bisnis di mata konsumen.

Tidak hanya itu, KiriminAja juga bisa mendukung iklan bisnis Anda di Google Ads. Anda bisa mencantumkan KiriminAja sebagai layanan manajemen jasa kurir untuk menarik lebih banyak konsumen.

Dengan begitu, audiens dan konsumen potensial bisnis Anda tahu bahwa produk yang akan dibeli ditangani dengan aman, profesional, dan tepat.

Tak hanya itu, KiriminAja juga memberi harga hemat, memudahkan pelaporan keuangan, melacak aktivitas pengiriman, dan banyak hal lain.

Harapannya, Anda semakin mudah melakukan manajemen paket, menjaga #CashFlowAman, dan lebih fokus menumbuhkan bisnis. Sehingga bisnis Anda jadi tenang dari waktu ke waktu.

Jadi, tunggu apa lagi?! Nikmati semua manfaat KiriminAja sekarang untuk bisa mengembangkan kepuasan konsumen, peningkatan layanan, kenaikan penjualan, dan pertumbuhan profit.

Setelah itu, langsung praktikkan cara pasang iklan di google ads indonesia di atas dan cantumkan KiriminAja sebagai layanan manajemen jasa kurir Anda. Demi menarik daya tarik konsumen dan peningkatan penjualan.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Bagas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.