Ini Cara Kirim Paket Motor Anti Lecet Via Ekspedisi

Danusantoso
8 bulan yang lalu
Bisnis
cara kirim paket motor via jasa ekspedisi

Kamu punya motor yang ingin dikirim ke tempat lain dengan aman dan nyaman? Nah, KiriminAja akan memberikan tutorial langkah demi langkah cara kirim paket motor dengan ekspedisi nih.

Iya, mengirim motor melalui jasa ekspedisi adalah pilihan yang tepat untuk memastikan pengiriman motor milikmu berjalan lancar.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengirim motor lewat cargo.

Kamu ga perlu lagi bingung cara paketin motor karena di bawah ini banyak penjelasannya kok. Mulai dari tips-tips penting dalam mengemas motor hingga persyaratan yang harus kamu penuhi.

Nah sebelum itu, apakah kamu sudah daftar di Dashboard KiriminAja?Dengan masuk dan gabung di sana kamu bisa kirim banyak paket sekaligus tanpa susah payah. Jadi daftar sekarang juga ya!

Yuk, mari kita mulai!

Cara Kirim Paket Motor Via Jasa Ekspedisi Biar Enggak Lecet

Berikut ini adalah beberapa cara kirim motor yang bisa kamu gunakan untuk kirim motor lewat jasa ekspedisi, simak agar motor yang kamu kirim tetap aman sampai tujuan:

Packing Motor dengan Benar

Sebelum mengirim motor, langkah pertama yang krusial adalah memastikan motor terkemas dengan benar dan aman. Berikut adalah beberapa tips packing motor yang perlu diperhatikan:

Bersihkan Motor Terlebih Dahulu

Sebelum memulai proses pengemasan, pastikan kamu sudah membersihkan motor dari debu dan kotoran. Hal ini akan membantu menjaga motor tetap bersih selama proses pengiriman.

Lindungi Bagian Rentan

Pastikan untuk melindungi bagian-bagian yang rentan seperti spion, pegangan, dan knalpot dengan bubble wrap atau kain tebal. Langkah ini akan mengurangi risiko kerusakan pada bagian-bagian sensitif motor saat dikirim atau ketika dalam perjalanan.

Mesin dan Bahan Bakar

Sebelum mengirim motor, pastikan kamu sudah mengosongkan bahan bakar hingga setengah tangki dan pastikan mesin dalam keadaan mati atau off. Langkah ini diperlukan untuk menghindari kebocoran dan masalah keamanan selama pengiriman.

Lumasi Bagian Penting

Sebagai langkah pencegahan tambahan, sebelum mengemas motor, ada baiknya melumasi bagian-bagian yang membutuhkan pelumas seperti rantai, tuas rem, dan tuas gas. Ini akan membantu melindungi motor dari gesekan berlebihan selama proses pengiriman.

Pelumasan ini diperlukan karena selama perjalanan kita tidak tahu medan yang dilewati akan seperti apa. Maka dari itu pelumasan menjadi salah satu langkah pencegahan yang efektif dan efisien. Hal ini juga akan bisa mengurangi tingkat kerugian yang kamu dapatkan atau bahkan tak rugi sama sekali.

Periksa Motor saat Akan Dijemput

Sebelum ekspedisi datang menjemput motormu, ada beberapa hal yang perlu diperiksa untuk memastikan proses pengiriman berjalan dengan lancar:

Dokumen Kendaraan

Pastikan kamu melengkapi semua dokumen kendaraan seperti STNK, BPKB, dan surat-surat lain yang diperlukan oleh jasa ekspedisi.

Foto Motor

Ambil beberapa foto motor dari berbagai sudut sebelum dikemas. Foto-foto ini akan menjadi bukti kondisi motor sebelum dikirim, jika terjadi masalah selama proses pengiriman.

Pastikan Motor dalam Keadaan Off

Sebelum motor dijemput, pastikan motor berada dalam keadaan mati (off) dan kunci kontak dilepas.

Hal ini untuk menghindari risiko kecelakaan atau masalah keamanan selama pengiriman. Dengan mematikan mesin motor, motor akan semakin aman dan terhindar dari risiko meledak atau hal lain yang tidak diinginkan.

Syarat Pengiriman Paket Motor via Ekspedisi Cargo

Untuk mengirim paket motor, kamu harus memenuhi beberapa syarat kirim motor lewat ekspedisi.

Syarat-syarat kirim motor ini dapat bervariasi antara ekspedisi satu dan lainnya, namun beberapa persyaratan umumnya meliputi:

Persiapan Dokumen

Pertama, kamu perlu menyiapkan dokumen-dokumen seperti fotokopi KTP, STNK, BPKB, surat kuasa (jika diperlukan), dan dokumen lain yang diminta oleh jasa ekspedisi. Jadi, buat kamu yang tanya apakah bisa kirim motor tanpa STNK? Kamu sudah tau jawabannya dari syarat dokumen di atas ya.

Ini diperlukan karena identitas pemilik maupun penerima harus jelas karena motor adalah salah satu barang berharga dan mahal.

Biaya Pengiriman

Kedua, kamu harus mengetahui dengan jelas biaya pengiriman motor. Biasanya, biaya ini akan bergantung pada tujuan dan dimensi motor.

Selalu tanyakan lebih dahulu berapa biayanya agar bisa menyiapkan uang yang pas. Cari juga di internet untuk cek dua kali agar tak mengalami kerugian yang tidak diinginkan.

Jenis Pelayanan Pengiriman Motor Oleh Ekspedisi

Tiap jasa ekspedisi pastinya akan dengan maksimal memberikan pelayanan terbaik mereka. Nah untuk pengiriman motor ini, jenis pelayanannya hanya ada dua yaitu:

Melalui Jalur Darat

Yang pertama ini adalah jalur darat, salah satu jalur yang paling banyak digunakan. Biasanya menggunakan sistem trucking karena sepeda motor akan diangkut ke dalam mobil dengan box besar atau truk.

Jika motor yang dikirim jumlahnya banyak biasanya akan diangkut dengan truk yang memiliki bagian belakang terbuka. Kalau motor yang dikirim hanya 1 atau 2 biasanya memakai truk kecil atau bisa via kereta api.

Melalui Jalur Laut

Yang kedua adalah lewat jalur laut. Jalur laut ini menggunakan kapal untuk mengangkut motor-motor yang sedang dikirim. Jalur laut digunakan untuk mengirim motor antar pulau dengan jarak yang jauh.

Penentuan Ongkos Kirim

Nah kalau kamu sudah menentukan jalur pengiriman mana yang akan dipakai, selanjutnya adalah menentukan ongkir atau ongkos kirim.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:

Perhitungan Berat Motor

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah berat motor, tiap kendaraan memiliki standar berat yang berbeda satu sama lain. Untuk motor bebek misalnya, beratnya sekitar 100kg.

Kapasitas Mesin

Hal lain yang bisa mempengaruhi besarnya ongkos kirim adalah kapasitas mesin. Tapi kadang hanya berlaku dalam keadaan tertentu seperti jarak antar kota maupun daerah terdekat.

Waktu dan Lokasi Pengambilan Motor

Ini juga menjadi salah satu faktor ongkos kirim karena semakin jauh jarak pengambilan motor maka akan semakin mahal biaya jemputnya atau pengantarannya.

Biaya Tambahan Lain

Misalnya seperti jasa pengemasan, bongkar muatan, keamanan tambahan dan asuransi motor. Hal-hal tersebut bisa jadi salah satu faktor biaya tambahan lain.

Ongkos Kirim Paket Motor

Ongkos kirim motor melalui jasa ekspedisi cargo akan berbeda tergantung pada jarak pengiriman dan ukuran motor.

Pastikan kamu telah mendapatkan informasi lengkap tentang tarif ongkos kirim sebelum mengirimkan motor.

Nah, kamu sekarang sudah tahu panduan lengkap tentang cara kirim motor lewat jasa ekspedisi. Dari tips packing yang benar hingga persyaratan yang perlu dipenuhi, semoga artikel ini membantu kamu dalam mengirimkan motor dengan aman dan nyaman.

Pastikan untuk mengikuti semua petunjuk dengan cermat agar motor tiba di tujuan dengan selamat.

Motor dikirim menggunakan ekspedisi cargo karena termasuk barang berukuran besar. Lalu bagaimana dengan barang besar lainnya selain motor? Apakah bisa dikirim melalui kargo? Jawabannya tentu bisa.

Selama tahu bagaimana cara, syarat dan proses kirimnya maka semua barang yang ingin dikirim bisa dikirim lewat ekspedisi cargo. Makanya, kami berikan panduan cara kirim barang ekspedisi cargo yang bisa kamu baca agar pengiriman barang tetap aman sampai tujuan.

Kamu tentu ingin bisnis tetap menarik di mata konsumen, bukan? Selain mengikuti panduan sebelumnya tentang cara mengirim motor lewat cargo jasa ekspedisi, ada strategi lain yang dapat membantu bisnis tetap kompetitif dan menarik bagi pelanggan loh.

Salah satu faktor penting dalam bisnis adalah menyediakan layanan logistik yang handal. Dengan KiriminAja, kamu bisa menawarkan pengiriman motor dengan harga hemat tanpa mengorbankan kualitas pengiriman.

KiriminAja memberikan kebebasan buat kamu untuk mengatur margin keuntungan secara fleksibel. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan harga produk dan layanan sesuai dengan pasar dan kebutuhan pelanggan.

Kamu tidak perlu khawatir tentang usaha yang berlebihan. KiriminAja memberikan kemudahan dengan proses pendaftaran gratis di Dashboard KiriminAja.

Dengan mendaftar sebagai mitra KiriminAja, kamu dapat mengakses berbagai layanan prima tanpa kesulitan, memungkinkan bisnis untuk tetap fokus menjangkau konsumen baru dan meningkatkan keuntungan.

Mari bergabung dengan cara mendaftar gratis di dashboard KiriminAja demi bisa menjaga kelangsungan bisnis. Yuk, bermitra dengan KiriminAja untuk mencapai kesuksesan bisnis yang lebih baik!

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.