Cara Melihat Insight Instagram Semudah Ngerti Rumitnya Oppenheimer

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
cara-melihat-insight-instagram-selebgram

Panduan cara melihat insight instagram yang akan dibahas di sini bertujuan agar Anda bisa lebih mampu membuat analisa media sosial lebih komprehensif.

Dengan demikian, Anda dapat memanfaatkannya untuk menganalisis, dan mengukur efektivitas campaign promosi di Instagram. Plus, Anda juga bisa menilai kinerja setiap postingan untuk dijadikan bahan evaluasi dan perbaikan.

Eits, sebelum masuk lebih dalam lagi, daftar dulu di Dashboard KiriminAja, dengan KiriminAja pengiriman Anda bisa jadi lebih cepat, aman dan banyak diskon ongkir juga. Kalau sudah begitu kan mengurus Instagram bisnis jadi lebih fokus deh.

Seperti yang kita ketahui bersama, Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan di seluruh dunia. Tak heran jika banyak pelaku bisnis yang memanfaatkannya untuk media berbisnis.

Namun, sebelum lebih jauh membahas cara melihat insight, Anda juga harus memastikan follower akun bisnis Anda cukup. Terasa sia-sia mempelajari insight Instagram saat follower masih sedikit.

Karena itulah, sebagai panduan awal, Anda bisa membaca uraian detail bagaimana cara menambah follower ig dengan organik dan tanpa harus membeli.

Setelah itu, Anda dapat melanjutkan pembahasan dalam artikel ini terkait cara melihat insight Instagram. Yuk, simak penjelasannya sampai akhir.

Cara Melihat Insight Instagram Tanpa Akun Bisnis

Agar dapat melihat Insight, biasanya pengguna diarahkan untuk merubah akun Instagram menjadi akun profesional atau bisnis. 

Namun, tanpa menggunakan akun bisnis pun sebenarnya Anda juga bisa melihat insight Instagram lho. Yaitu dengan menggunakan icon burger di pojok atas tampilan Instagra. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Pertama, buka aplikasi Instagram di perangkat Anda
  • Log-in akun yang hendak dilihat insight-nya
  • Klik menu profil di pojok kanan bawah layar
  • Pilih icon Burger atau Titik Tiga di bagian pojok kanan atas
  • Kemudian pilih menu Get Insight
  • Insight Instagram Anda pun akan ditampilkan secara otomatis

Cara Melihat Insight Instagram Orang Lain

Dengan cara sebelumnya, Anda dapat melihat insight akun Instagram bisnis Anda sendiri. Namun, bagaimana kalau Anda ingin melihat insight akun lain, seperti partner bisnis atau kompetitor? 

Sayangnya, Instagram belum menyediakan fitur yang dapat digunakan untuk melihat insight Instagram orang lain. Namun, Anda dapat melihatnya dengan menggunakan beberapa situs seperti Social Tracker, Social Blade,  Analisa.io, dan Instastatistics.

Cek Insight Menggunakan Situs Analisa.io

Analiso.io merupakan situs analisis yang dapat memberikan informasi sangat lengkap. Bahkan Anda dapat memperoleh data terkait perkembangan akun kompetitor dengan jelas.

Situs ini dapat digunakan untuk melihat beberapa platform media sosial seperti Instagram dan TikTok. Berikut penjelasan untuk melakukan cek insight Instagram menggunakan situs Analiso.io.

  • Buka aplikasi browser di perangkat Anda
  • Kemudian kunjungi situs Analiso di alamat berikut: analiso.io
  • Setelah halaman utama ditampilkan, pilih menu Instagram Analytic di bagian kiri atas
  • Kemudian Anda akan diberi tiga pilihan analisis, yaitu Profile Analytic, Hashtag Analytic, dan Followers Analytic. Pilih metode analisis yang Anda butuhkan.
  • Selanjutnya, masukkan nama akun yang hendak dicari insight-nya di kolom bawah opsi analisis yang dipilih
  • Klik Enter dan tunggu beberapa saat untuk proses menganalisis akun tersebut
  • Setelah proses berhasil, Anda akan memperoleh data lengkap terkait perkembangan akun Instagram tersebut.

Cara Melihat Insight Instagram Selebgram

Untuk melihat insight Instagram miliki selebgram sebenarnya sama dengan cara melihat insight orang lain seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

Namun, hal yang penting sebelum melakukan cek insight adalah mencari selebgram yang memiliki sekiranya relevan dengan produk atau layanan yang bisnis Anda tawarkan.

Hal ini agar kerjasama promosi atau campaign dapat lebih optimal karena sasaran audiensnya relevan. Setelah menemukan selebgram yang cocok, Anda dapat melihat insightnya sebagai pertimbangan lanjutan apakah hendak bekerja sama atau tidak.

Jika sebelumnya sudah dibahas terkait cara melihat insight Instagram melalui situs Analiso.io, selanjutnya akan KiriminAja kasih tahu caranya jika melalui situs Social Tracker. 

Cek Insight Menggunakan Situs Social Tracker

Social Tracker merupakan situs yang menyediakan layanan untuk melihat insight berbagai media sosial seperti YouTube, Instagram, Twitter, Twitch, dan lainnya.

Layanan ini dapat Anda gunakan secara gratis tanpa registrasi. Namun, layanan gratis tersebut hanya menampilkan hasil cukup terbatas.

Untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap, Anda dapat melakukan registrasi dan mengaktifkan metode berbayar yang disediakan Social Tracker.

Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk cek insight orang lain dengan menggunakan Social Tracker:

  • Buka aplikasi browser di perangkat Anda
  • Kemudian kunjungi situs Social Tracker di alamat berikut: socialtracker.io
  • Selanjutnya, tulis akun yang hendak dilihat insight-nya di kolom kosong yang ada di bagian sebelah kiri
  • Pastikan nama akun Instagram sudah benar, kemudian klik enter
  • Tunggu beberapa saat, kemudian Social Tracker akan menunjukkan beberapa akun yang memiliki nama serupa
  • Selanjutnya, ubah kolom di bagian tengah menjadi “Instagram”
  • Kemudian klik akun yang sedang Anda cari
  • Tunggu beberapa saat sampai data terkait perkembangan selama beberapa hari terakhir dan beberapa data lain tentang akun tersebut muncul.

Dengan mempelajari cara melihat insight, Anda dapat menganalisis akun Instagram bisnis Anda sendiri, partner promosi, hingga kompetitor.

Informasi tersebut tentu akan sangat berguna sebagai pertimbangan kerjasama atau pun bahan evaluasi terkait strategi promosi di Instagram yang sudah dijalankan.

Sebagai contoh, tahu kan bagaimana kecenderungan konsumen Indonesia yang sangat memperhitungkan faktor ekspedisi ini.

Konsumen kita ingin dapat layanan kurir yang reliable tapi punya harga hemat. Karena itulah, layanan ekspedisi sangat menentukan apakah konsumen jadi check out atau tidak.

Nah, dengan melihat insight Instagram, Anda bisa lebih memperkirakan kecenderungan spesifik konsumen bisnis Anda itu seperti apa. Apakah sangat selektif dengan biaya ongkir atau tidak?

Setelah itu, Anda bisa memakai KiriminAja yang ready memberikan treatment ekstra dalam pengiriman paket.

Iya, KiriminAja memungkinkan bisnis Anda bisa mengirim paket tanpa kendala, cepat, aman, tepat, dan berharga hemat.

Anda hanya perlu mendaftar di dashboard KiriminAja, melakukan verifikasi data, dan langsung merasakan layanan prima dari aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Jadi, bisnis Anda yang berani tumbuh itu bisa disokong oleh layanan kirim paket yang mampu menjaga #CashFlowAman sehingga bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.