Cara Membuat Brand Promise Biar Konsumen Baper, Gemes, & Sayang

Pamungkas
1 tahun lalu
Bisnis
Tips membuat brand promise terpercaya

Dalam dunia bisnis online, brand promise merupakan kunci penting untuk menarik perhatian konsumen. Tapi, bagaimana cara membuat brand promise yang bisa bikin konsumen baper, gemes, dan sayang? 

Untuk itu, KiriminAja sebagai partner bisnis Anda akan memberi dukungan wawasan terkait cara bikin brand promise. 

Jadi, langsung saja simak strategi dan cara menghasilkan brand promise yang bisa bikin konsumen baper, gemes, dan sayang.

Langkah, Tahapan dan Cara Membuat Brand Promise

Brand Promise ini penting bagi produk Anda sebab akan memberikan kesan yang menarik dan sesuai dengan keinginan pelanggan. Bisa dibilang ini mirip dengan tagline, namun bedanya ada pada nilai dan pembuktian ketika produk tersebut digunakan.

Maka dari itu, ada tahap dasar yang harus dilakukan sebagai berikut:

1. Identifikasi Lebih Dahulu Misi dan Visi Bisnis

Ini memastikan bahwa Brand Promise selaras dengan tujuan jangka panjang perusahaan. Setelah itu, melakukan analisis pasar akan membantu Anda menentukan apa yang dicari oleh target pasar dan bagaimana membedakan perusahaan Anda dari pesaing.

2. Lakukan Analisis Terhadap Pasar

Tahap selanjutnya adalah menentukan nilai-nilai inti dari bisnis Anda. Nilai-nilai ini harus mewakili perusahaan dan membedakan perusahaan dari pesaing di bidang yang sama.

Setelah nilai-nilai ditentukan, gabungkan semuanya menjadi satu pernyataan yang menggambarkan misi, visi, dan nilai-nilai perusahaan, yaitu Brand Promise.

3. Formulasikan Brand Promise yang Telah Disusun

Langkah selanjutnya adalah buatlah beberapa pertanyaan mengenai gabungan visi misi, nilai perusahaan dan hal lainnya. Beberapa elemen tersebut akan menentukan bagaimana brand promise akan dibentuk.

Elemen di atas menentukan sejauh mana brand promise akan berlaku di pasaran. Formulasi yang tepat akan membuat value dari brand Anda jadi makin baik dan menarik.

4. Tetap Komitmen dengan Brand Promise

Hal penting lainnya yang tak boleh diabaikan adalah Anda harus berkomitmen terhadap brand promise yang telah dibuat. Hal ini akan menunjukkan sejauh mana Anda melaksanakan rencana yang telah disusun. Dan menunjukkan tindakan yang sesuai dengan pernyataan.

5. Implementasi dan Evaluasi

Implementasikan Brand Promise ke dalam operasional perusahaan dan evaluasi hasilnya secara teratur untuk memastikan konsistensi dan relevansi. Tahap ini penting sebab jika suatu saat produk Anda memerlukan adaptasi dalam pasar.

Hal ini diperlukan juga supaya produk dan bisnis Anda bisa bertahan selama mungkin dan bisa selalu bersaing dengan produk dari para kompetitor.

6. Lakukan Komunikasi dengan Target Pasar

Tujuan brand promise adalah menunjukkan adanya nilai terhadap pelanggan atau yang ada di pasar. Anda perlu mengkomunikasikan hal ini kepada target supaya konsumen bisa percaya dan yakin. Anda bisa melakukannya melalui kampanye.

7. Pahami Siapa Audiens Anda

Ini adalah bentuk komitmen yang diberikan bisnis kepada konsumen. Maka dari itu Anda harus fokus dan memahami siapa saja target pasar Anda.

Pahami apakah brand tersebut menjadi sebuah kebutuhan dasar dari para pelanggan. Anda juga perlu memikirkan apakah produk yang diberikan bisa memberikan para konsumen sebuah pemenuhan kebutuhan dari barang itu saja.

8. Posisikan Diri Anda sebagai Pelanggan

Hal ini adalah sesuatu yang penting sebab dengan memahami posisi pelanggan, teknik dan strategi brand promise akan berjalan dengan lancar.

Anda bisa melakukan cara ini dengan membayangkan apa yang konsumen inginkan, kebutuhan apa saja yang mereka butuhkan dan pengalaman apa saja yang diharapkan.

9. Buat Brand Promise yang Simpel, Mudah Dipahami dan Menginspirasi

Simpel, mudah dipahami dan menginspirasi adalah kunci dari brand promise. Anda tak perlu membuat sesuatu yang terlalu megah. Buatlah statement yang lugas dan padat serta mudah dipahami oleh para konsumen.

10. Pahami Kebiasaan Konsumen

Kebiasaan pelanggan adalah kunci lain dari brand promise sebab dengan ini Anda bisa memberikan apa yang mereka inginkan berdasarkan pengalaman yang telah didapatkannya.

Dengan memahami konsumen behavior, Anda bisa mengetahui apa saja yang mereka butuhkan bahkan apa yang mereka pikirkan dan harapkan dari brand promise sebuah produk.

11. Pahami Touchpoint Konsumen

Touchpoint merupakan  semua kegiatan yang dilakukan konsumen dengan melibatkan brand dari bisnis. Lewat brand promise Anda bisa menjanjikan sebuah hal untuk konsumen berdasarkan touchpoint tersebut.

Jika sudah mengetahui apa yang menjadi keinginan konsumen maka bukan hal yang sulit lagi bagi Anda untuk memberikan produk dengan brand promise yang sudah dibuat.

Wawasan di atas adalah langkah yang perlu Anda lakukan untuk membuat brand promise yang bisa menarik para pelanggan. Namun, penggunaan brand promise tidak hanya melekat pada produk saja, melainkan dapat berhubungan dengan cara bagaimana produk tersebut sampai ke tangan pelanggan.

Maka dari itu, di zaman digital dan bisnis online seperti sekarang ini, pengiriman barang atau paket menjadi hal yang sangat vital bagi bisnis. Sebab kepuasan pelanggan akan terukur dari sana.

Jika Anda ingin membuat brand promise dalam pengiriman barang, maka buatlah brand promise yakni pengiriman praktis dan cepat. Anda tak perlu repot untuk hal ini, sebab ada KiriminAja.

Iya, KiriminAja. Apa sih KiriminAja itu? KiriminAja adalah aplikasi kirim paket #1 di Indonesia, yang dapat menjadi partner bisnis Anda menghasilkan brand promise terkait jasa ekspedisi. 

Dengan menggunakan KiriminAja, Anda dapat menunjukkan ke konsumen bahwa urusan pengiriman berada di tangan yang tepat. Karena KiriminAja memiliki jangkauan yang luas dan pengalaman yang mumpuni dalam pengiriman paket.

Anda hanya perlu menciptakan tagline yang singkat, jelas, dan mudah diingat. Gunakan kata-kata yang kuat dan mencerminkan karakter bisnis Anda.

Lalu bagaimana caranya membuat tagline yang menarik? Tenang saja, di sini ada cara membuat tagline yang bisa Anda terapkan. Segera klik dan jelajahi agar bisnis makin lancar.

Bagi Anda dan para online seller lainnya, KiriminAja punya banyak manfaat. Anda bisa mendapat harga diskon dan hemat untuk menjaga #CashFlowAman. Sehingga bisnis jadi tenang.

Dengan KiriminAja, brand promise jadi lebih mudah, atraktif, dan efektif. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, daftarkan bisnis Anda di dashboard KiriminAja sekarang…

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.