Cara Memulai Usaha Baju Brand Sendiri yang Ga Seribet Lupakan Mantan

Pamungkas
1 tahun lalu
Bisnis
Tips memulai usaha baju dengan brand sendiri

Anda tertarik punya bisnis clothing tapi masih belum tahu detail model bisnisnya? Atau Anda ingin tahu bagaimana cara memulai usaha baju brand sendiri?

Anda berada di tempat yang tepat. KiriminAja akan membahas secara detail bagaimana cara bisnis clothing sendiri tanpa perlu keribetan berarti. Yuk, langsung saja kita bahas.

Cara Memulai Usaha Baju Brand Sendiri atau Bisnis Clothing

Sebelum itu, apa pengertian dari bisnis clothing? Ini adalah ide bisnis yang menjual berbagai produk pakaian yang berkaitan dengan fashion. Mulai dari celana, kemeja, baju, jaket, pakaian jas dan aksesoris lainnya.

Usaha jenis ini terus berkembang dan selalu masuk ke dalam tren pasar. Selain itu, peluang bisnis ini cukup besar karena banyak peminatnya apalagi pakaian adalah kebutuhan primer. Ditambah lagi banyaknya orang yang ingin bergaya dengan stylenya masing-masing.

Lalu bagaimana caranya memulai usaha brand baju ini? Berikut langkah-langkahnya yang akan kami paparkan di bawah ini:

Mulai dengan Riset Produk

Hal paling pertama dalam bisnis yang dilakukan ketika ingin membuat produk adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu. Ini menentukan mengenai produk apa yang akan Anda jual. Untuk menentukan itu Anda bisa mengamati trens yang sedang terjadi di pasar.

Trens-tren ini bisa Anda lihat melalui google trens, survei konsumen, atau bahkan media sosial. Dengan melihat tren apa saja yang sedang terjadi Anda bisa menentukan jenis produk clothing yang akan dibuat nantinya.

Mengenal Target Pasar atau Audiens

Setelah langkah di atas sudah dilakukan selanjutnya adalah Anda harus mengenal target dari produk Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan cara asumsi pribadi, dari kompetitor, komunikasi konsumen dan membuat persona.

Dengan asumsi pribadi Anda bisa mengira-ngira bagaimana target pasar Anda. Selain itu perlu Anda lihat juga kompetitor menyasar siapa saja. Atau bisa langsung Anda tanyakan ke konsumen melalui survei.

Dengan cara-cara di atas Anda bisa membuat buyer persona yaitu berupa gambaran target audiens yang akan disasar. Anda Pun akan mendapatkan gambaran penuh bagaimana dan siapa target Anda dalam pemasaran produk.

Susun Business Plan

Setelah data-data terkumpul, hal selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah membuat rencana bisnis. Ini akan menentukan bagaimana konsep bisnis yang akan Anda jalankan.

Anda harus hati-hati dan teliti di tahap ini. Salah satu hal esensial di rangkaian cara memulai usaha baju brand sendiri adalah menyusun business plan dengan detail dan terperinci.

Rencana bisnis bisa menjadi pedoman ketika menjalankan usaha clothing. Untuk membuat ini tentunya tak bisa dilakukan secara sembarangan, Anda bisa memulai dengan membuat ringkasan bisnis, analisis pasar yang berisi data terkumpul.

Selain itu perlu juga deskripsi brand clothing yang sesuai dan apa saja produk yang akan dikeluarkan. Jangan lupa juga membuat strategi pemasaran serta analisis keuangan supaya bisnis tetap berjalan dengan aman.

Siapkan Modal dan Produk

Hal penting lainnya yang tak boleh Anda lupakan adalah mempersiapkan modal dan produk. Kedua hal tersebut tentunya sangat penting sebab modal akan menentukan jalannya keuangan bisni.

Anda perlu menghitung berapa saja biaya yang dibutuhkan seperti bahan baku, pembuatan produk dan lain sebagainya. Anda juga bisa mencari modal dari berbagai sumber seperti pinjaman tau modal pribadi terlebih dahulu.

Produk juga perlu dipersiapkan dengan cara membuat desainnya yang menarik dan khas. Anda juga perlu membuat logo brand yang eye catching supaya calon konsumen makin tertarik.

Buat Toko Online Khusus Bisnis Clothing

Di zaman serba digital sekarang ini, toko online lebih banyak diminati sehingga Anda perlu juga membuatnya untuk bisnis clothing yang akan dijalani.

Namun membuat toko online saja tidak cukup sebab diperlukan pemotretan produk yang menarik dan sesuai. Tak lupa juga Anda harus memuat detail produk agar pelanggan bisa yakin ketika ingin membelinya.

Hal tersebut berguna ketika produk clothing atau brand baju sendiri telah dirilis. Dengan informasi lengkap dan foto yang menarik pelanggan akan merasa lebih mantab dan tertarik untuk membelinya.

Guna menambah pelanggan, Anda juga bisa memberikan diskon soft launching sebab hal ini akan membuat pelanggan merasa untung. Anda pun bisa menciptakan pelanggan yang loyal jika sering mengadakan diskon tertentu.

Kelima langkah di atas adalah dasar dari bagaimana Anda memulai sebuah bisnis brand baju sendiri. 

Untuk lebih menambah wawasan, Anda juga bisa membaca tips memulai bisnis fashion dari nol hingga sukses ini sebagai referensi dalam berbisnis.

Ulasan di tautan tersebut perlu Anda baca sebagai referensi kedua setelah cara-cara di atas. Apalagi, bisnis clothing online sudah memiliki banyak kompetitor. 

Sehingga Anda perlu pemahaman yang lebih strategis, terstruktur, dan terukur. Karena itulah, Anda perlu membaca referensi tersebut.

Cara KiriminAja Mendukung Usaha Baju Anda

Apalagi, dalam usaha baju secara online, Anda perlu layanan pengiriman paket yang cepat, aman, dan murah. Sebab, dengan begitu, produk Anda bisa sampai ke tangan konsumen dalam waktu singkat dan aman.

Karena itulah, KiriminAja siap membantu memudahkan hidup Anda sebagai online seller yang ingin memulai usaha baju brand sendiri. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, KiriminAja akan membantu Anda mengirimkan paket dengan reliable, menjaga #CashFlowAman, sehingga bisnis jadi tenang. 

Menggunakan KiriminAja berarti Anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah logistik dan keuangan dalam bisnis Anda. 

Artinya, Anda dapat dengan mudah mengatur pengiriman paket dengan harga terjangkau, tracking yang akurat, serta mendapatkan layanan manajemen stok secara efektif. 

Sehingga, Anda dapat fokus pada bisnis Anda tanpa harus khawatir dengan masalah logistik dan keuangan.

Jadi, yuk segera mendaftar gratis di dashboard KiriminAja dan rasakan kemudahan dalam memulai bisnis baju brand sendiri. 

Bersama dukungan KiriminAja, berbagai cara memulai usaha baju brand sendiri di atas dapat Anda praktikkan dan rasakan manfaatnya.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.