Wajah Glowing, ATM Bersinar! Ini Dia Cara Memulai Usaha Kecantikan

Pamungkas
1 tahun lalu
Bisnis
Tips memulai usaha kecantikan

Bisnis skincare merupakan salah satu usaha yang paling hits dari tahun ke tahun. Pasarnya pun tak pernah surut sebab makin banyak konsumen yang sadar akan pentingnya merawat diri. Ini adalah peluang besar bisnis bagi Anda. Lalu bagaimana cara memulai usaha kecantikan ini?

Tentunya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat bisnis skincare atau kecantikan. Mulai dari riset pasar, memperkirakan modal yang dibutuhkan hingga cara pemasaran produknya.

Supaya tak berlama-lama lagi, sebaiknya Anda langsung saja menyimak bagaimana cara memulai usaha atau bisnis kecantikan ini. Berikut KiriminAja akan rangkum dan jelaskan langkah-langkahnya.

Cara Memulai Usaha Kecantikan Bagi Pebisnis Online Pemula

Sebagai seorang pebisnis online dan baru saja mengenal dunia usaha, memahami langkah-langkah awal dalam menentukan usaha seperti bisnis kecantikan dan skincare adalah hal yang penting.

Hal tersebut bersifat vital sebab bisa menentukan arah jalannya usaha Anda kedepannya. Bisnis skincare atau usaha kecantikan memerlukan langkah awal yang cermat. Maka dari itu simaklah beberapa cara-cara memulai usaha kecantikan di bawah ini:

Menentukan Terlebih Dahulu Jenis Usahanya

Memulai sebuah bisnis kecantikan tak harus mengeluarkan modal yang sangat besar dan tempat usaha. Anda bisa memulainya dengan menggunakan budget yang dirasa cukup dan efektif. Salah satu caranya adalah dengan menjadi dropshipper atau jastip (jasa titip).

Jenis bisnis seperti itu harus Anda tentukan terlebih dahulu agar bisa memperkirakan seberapa besar biaya dan tenaga yang diperlukan. Anda juga boleh memulai bisnis kecantikan dengan membuat brand sendiri.

Namun yang perlu diperhatikan adalah Anda harus menyusun semua hal mulai keuangan hingga produksi secara rinci agar tidak terjadi sebuah kesalahan nantinya.

Memahami Tren dan Melakukan Riset Pasar

Setelah Anda menentukan jenis bisnis yang akan dijalankan, jangan lupa untuk meneliti tren skincare apa yang jadi topik hangat. Dengan demikian Anda bisa melakukan riset pasar sekaligus.

Riset pasar ini berguna untuk menentukan produk apa yang akan dirilis. Dengan riset pasar, berbagai macam insight mengenai produk bisa Anda dapatkan.

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam menentukan riset pasar. Anda perlu mendalami berbagai teknik dan cara riset pasar di tautan langkah riset pasar untuk pemula bisnis skincare ini. 

Pada uraian itu, Anda akan mendapatkan berbagai teknik lengkap riset pasar untuk memulai bisnis. Harapannya, Anda bisa melakukan riset pasar dengan tepat agar bisa menjalankan bisnis dengan lebih strategis.

Jika sudah Anda pun bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu menentukan target audiens atau konsumen.

Tentukan Siapa Target Pasar Anda

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda dan sangat beragam. Hal ini membuat produk kecantikan Anda harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Nah dari permasalahan tersebut, Anda bisa mengetahui produk apa yang akan dibuat dengan menentukan terlebih dahulu siapa yang akan menggunakannya. Misalnya, Anda menyasar target pasar dengan permasalahan kulit berjerawat.

Maka dari itu, produk yang dibuat harus bisa mengatasi masalah tersebut. Menentukan audiens adalah hal penting supaya produk bisa tepat sasaran ke pelanggan sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Memilih Distributor dan Supplier yang Kredibel

Anda tentunya tak mau mendapatkan komplain dari pelanggan bukan? Maka dari itu, salah satu cara memulai usaha kecantikan yang harus banget diperhatikan adalah memilih distributor dan supplier kredibel.

Iya, pastikan bahwa Anda sudah mencari, memilah, dan memilih distributor serta supplier yang bisa dipercaya.

Memiliki supplier yang seusia dengan kebutuhan usaha memang bukan hal yang mudah. Oleh karena itu anda perlu melakukan riset dan perbandingan antara satu supplier dengan yang lainnya.

Jika sudah pas dan tepat Anda bisa menggunakan suplier dan distributor tersebut untuk memasarkan produk ke depannya.

Memastikan Produk Aman dan Punya Izin

Bisnis skincare atau kecantikan tidak bisa dilakukan hanya dengan sekadar menjualnya. Anda memerlukan yang namanya izin edar sehingga bisa dipastikan produk yang dijual sudah aman dan resmi terdaftar di BPOM atau DinKes.

Anda perlu mendaftarkan produk terlebih dahulu di sana untuk mendapatkan izin edar. Jika sudah, produk Anda pun dapat dipercaya oleh para pelanggan.

Buat Promosi yang Edukatif di Sosial Media

Berbisnis tak hanya perihal mencari keuntungan tapi juga soal memberikan edukasi dan manfaat produk ke para konsumen.

Maka dari itu Anda perlu mengedukasi para pelanggan mengenai produk kecantikan tersebut. Anda bisa memulainya dengan sosial media, selain itu hal ini bisa menjadi promosi tersendiri bagi brand Anda.

Sosial media adalah kunci dari suksesnya bisnis digital sebab kebanyakan pelanggan mencari informasi produk melalui sosmed.

Selain itu manfaatkan pula marketplace yang ada karena memang bisnis online memerlukan hal tersebut. Dengan marketplace, jangkauan produk dan bisnis Anda bisa makin luas dan banyak dikenal orang.

Utamakan Kualitas Pelayanan

Satu hal ini tak kalah penting dari hal sebelumnya. Mengutamakan kualitas pelayanan dan produk adalah sesuatu yang sangat penting bagi bisnis yang Anda jalani.

Maka dari itu berikan service sebaik mungkin untuk menciptakan kepuasan pelanggan supaya produk tetap laku dan bisnis tetap berjalan.

Ini adalah strategi penting dalam bisnis, selain itu Anda juga memerlukan cara lain agar bisnis bisa menarik di mata konsumen. Strategi ini ada dalam hal pengiriman barang. Hal ini memang sering diabaikan namun Anda harus mengutamakan.

Itulah pembahasan tentang cara memulai usaha kecantikan, selain itu Anda juga bisa membaca artikel dalam link berikut mengenai cara berbisnis skincare yang bikin pendapatan tetap mulus.

Pilih Layanan Kirim Paket yang Reliable

Menjalankan bisnis kecantikan online harus memikirkan bagaimana manajemen dan teknis pengiriman produk yang tepat waktu, hemat, serta aman. 

Iya, manajemen pengiriman paket adalah hal krusial bagi bisnis kecantikan online. Sebab, pengiriman paket dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan dan reputasi bisnis Anda. 

Jika manajemen pengiriman paket tidak berjalan baik, maka sangat mungkin terjadi kesalahan, seperti 

  • Paket terlambat sampai
  • Kerusakan pada produk
  • Kehilangan paket
  • Paket salah tujuan

Tentu saja, kesalahan-kesalahan itu akan menimbulkan ketidakpuasan pelanggan. Bahkan bisa berdampak lebih parah, seperti penurunan penjualan serta reputasi bisnis.

Karenanya, KiriminAja dapat membantu bisnis kecantikan Anda mengatur pengiriman paket dengan layanan yang andal, hemat, cepat, dan aman.

Sebagai aplikasi kirim paket #1 di Indonesia, KiriminAja menawarkan layanan manajemen logistik yang mendukung Anda fokus mengembangkan bisnis kecantikan. 

KiriminAja mengerti betapa pentingnya waktu dan keamanan untuk bisnis online Anda. Ada banyak fitur KiriminAja yang bisa Anda manfaatkan untuk mendukung bisnis Anda, seperti transaksi COD, tracking secara real-time, dan pengiriman ke seluruh Indonesia.

Jadi, lupakan ragu Anda dan mari bergabung bersama 200.000++ online seller yang optimis mengembangkan bisnisnya bersama KiriminAja. 

Jadi, salah satu cara memulai usaha kecantikan hanya mendaftar gratis di dashboard KiriminAja, melakukan beberapa verifikasi, dan mulai menikmati layanan aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.