Cara Menambahkan Lokasi bisnis di Google Maps Untuk Keperluan Promosi

Dwika
1 tahun lalu
Teknologi Bisnis
Tempat bisnis di Google Maps

Anda tentu sudah familiar dengan Google Maps, bukan? Ya, aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi yang cukup banyak digunakan. Hanya saja, cukup banyak pengguna smartphone yang hanya menggunakan aplikasi Google Maps untuk menemukan lokasi tujuan saja. Padahal, aplikasi ini bisa dijadikan salah satu aplikasi untuk pemasaran bisnis.

Lantas, bagaimana cara melakukan bisnis di Google Maps tersebut?

Sebenarnya, untuk memanfaatkan Google Maps sebagai platform bisnis, Anda tidak perlu bergeser pada manfaat utama dari aplikasi ini, yaitu penunjuk tempat. Nah, terkait bisnis, Anda bisa menambahkan lokasi bisnis Anda di Google Maps untuk memudahkan konsumen menemukan lokasi tersebut.

Hal ini sebenarnya cukup sederhana. Namun, tentu, dengan kemudahan penemuan lokasi bisnis, bisa jadi bisnis Anda akan mendapatkan insight yang lebih menarik dan lebih banyak konsumen yang nantinya akan datang.

Kenapa Perlu Menambahkan Tempat Bisnis di Aplikasi Google Maps?

Menemukan lokasi bisnis yang dikelola dengan lebih mudah adalah keuntungan utama ketika Anda menambahkan lokasi bisnis di aplikasi Google Maps. Terlebih, di Indonesia sendiri, Google Maps adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan dengan total pemakai hingga 140 juta.

Jumlah pemakai ini tentu bisa dikonversi menjadi target market yang sangat potensial. Jika Anda bisa memanfaatkannya, maka bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan sokongan bisnis yang lebih besar.

Nah, selain keuntungan di atas, ada beberapa hal lain yang bisa dijadikan alasan kenapa Anda sebaiknya menambahkan lokasi bisnis yang dikelola di Google Maps. Beberapa keuntungan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Memberikan Titik Lokasi

Google Maps memang akan membantu konsumen untuk menemukan lokasi tempat bisnis Anda berada. Tidak hanya lokasi secara garis besar saja, melainkan lokasi dengan ketepatan yang akurat.

Perlu diketahui bahwa di dalam Google Maps terdapat fitur Google Street View. Nah, ini adalah fitur di mana bisa dimanfaatkan menjadi sebuah penunjuk arah dengan gambar penuh 360 derajat. Tentu, dengan menggunakan fitur ini, maka pengguna nantinya bisa melihat foto sekitar lokasi bisnis Anda untuk memastikan lokasi yang tepat.

Adanya Fitur Google Bisnis

Apakah Anda pernah mencari informasi terkait bisnis tertentu dan nantinya akan muncul informasi yang dicari di bagian kanan layar Google? Nah, kotak berisi informasi tersebut adalah fitur Google Bisnis yang secara gratis disediakan oleh Google Maps.

Apabila Anda menambahkan lokasi bisnis yang dikelola di Google Maps, maka Anda bisa memanfaatkan fitur ini. Tentu saja, dengan adanya fitur ini, bisnis yang Anda kelola pun akan terlihat lebih profesional.

Adanya Informasi yang Membantu Promosi

Google Maps menjadi salah satu platform menarik yang bisa digunakan untuk melakukan promosi. Pasalnya, selain menambahkan lokasi bisnis yang Anda kelola, dengan aplikasi ini, Anda bisa menambahkan detail lainnya, misalnya foto tentang menu yang disajikan, daftar harga atau informasi lainnya yang membantu calon konsumen.

Tidak hanya itu, Anda pun bisa berinteraksi dengan konsumen yang bertransaksi. Ketika konsumen membuka profil bisnis Anda di Google Maps, maka ada kesempatan untuk memberikan bintang dan juga komentar. Nah, Anda memiliki akses untuk memberikan tanggapan pada komentar tersebut.

Barometer Kepuasan Pelanggan

Jika Anda ingin melakukan evaluasi pada bisnis yang dikelola, maka menambahkan detail bisnis di aplikasi Google Maps nantinya juga bisa menjadi aspek pertimbangan. Dalam hal ini, bintang dan komentar yang didapatkan dari pelanggan adalah sebuah testimoni berharga untuk kelangsungan bisnis yang Anda kelola.

Tentu, jika Anda mendapatkan rating dan komentar yang baik, maka tingkat kepuasan konsumen bisa dikatakan baik pula. Namun, jika ternyata ada komentar yang buruk, maka Anda bisa menjadikannya acuan untuk melakukan perbaikan.

Bisa dikatakan bahwa keuntungan menambahkan bisnis di Google Maps cukup banyak dan baik untuk menunjang pengelolaan bisnis. Terlebih, beragam fitur menarik di Google Maps bisa dimanfaatkan dengan gratis tanpa adanya biaya.

Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Lalu, bagaimana cara untuk menambahkan lokasi bisnis yang dikelola di Google Maps? Untuk menambahkan lokasi bisnis Anda di Google Maps, ada beberapa cara yang bisa Anda pilih, yaitu:

Melalui Website Google Bisnis

Sebagaimana disinggung di awal, Google Bisnis adalah fitur Google Maps yang bisa dimanfaatkan untuk mengelola bisnis dengan lebih baik. Tentu, salah satu layanan yang diberikan adalah penambahan lokasi bisnis.

Untuk menambahkan lokasi bisnis dengan cara ini, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, yaitu:

  • Kunjungi website Google Bisnis dan kemudian lakukan pendaftaran akun seperti biasanya
  • Masukkan nama bisnis yang Anda kelola yang ada di halaman selanjutnya
  • Tentukan kategori bisnis yang Anda miliki
  • Jika sudah, klik opsi selanjutnya
  • Berikan jawaban ya pada pertanyaan keinginan untuk menambahkan lokasi bisnis yang bisa dikunjungi oleh pelanggan
  • Setelah itu, masukkan alamat dari bisnis yang Anda kelola tersebut sesuai dengan ketentuan dalam sistem
  • Berikan tanda pada lokasi bisnis yang sudah Anda tambahkan di Google Maps dan pastikan jika penandaan tersebut sudah tepat
  • Pilih jawaban untuk pernyataan terkait adanya layar antar atau tidak
  • Tentukan informasi bisnis yang hendak Anda tampilkan, seperti nomor kontak, situs yang dimiliki, dan lainnya
  • Pilih opsi untuk menerima newsletter atau tidak
  • Jika sudah, lakukan verifikasi

Setelah langkah di atas, Anda hanya perlu menunggu proses verifikasi dari Google. Jika tidak ada kesalahan dalam pengisian formulir dan langkah, nantinya Google akan memberikan verifikasi pada alamat bisnis yang Anda tambahkan tadi.

Mendaftar Langsung Melalui Google Maps

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menambahkan lokasi bisnis di aplikasi Google Maps adalah dengan menambahkan lokasi tersebut secara langsung dari aplikasi. Nah, untuk menambahkan lokasi bisnis langsung di aplikasi, langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Google Maps yang sudah diinstal di smartphone Anda
  • Setelah itu, klik pada simbol tiga garis di pojok kiri untuk menampilkan menu Google Maps
  • Klik opsi tambahkan bisnis Anda
  • Masukkan beragam informasi tentang bisnis yang Anda kelola sesuai dengan form yang sudah ditampilkan. Pastikan jika isian form tersebut benar dan sesuai. Secara umum, pengisian bisa dilakukan seperti cara pertama tadi
  • Jika proses pengisian sudah selesai, maka Anda perlu mengajukan verifikasi
  • Tunggu proses verifikasi dan nantinya Google akan memberikan notifikasi terkait verifikasi tersebut

Nah, apabila proses verifikasi berhasil, maka bisnis Anda akan tampil di laman Google Maps. Tentu, Anda bisa mengeceknya untuk memastikan. Selain itu, jika ada perubahan, Anda bisa mengedit data bisnis dan menyimpannya.

Demikian beberapa ulasan tentang keuntungan dan cara menambahkan bisnis di Google Maps. Dengan beragam fitur yang dimiliki, tentu, menambahkan bisnis di aplikasi Google Maps bisa menjadi salah satu mekanisme promosi yang menyenangkan untuk dicoba.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Dwika
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.