Tarik Konsumen ala PlayBoy: Rahasia Cara Mencapai Target Penjualan

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
cara-capai-target-penjualan

Banyak orang sales yang keringat dingin karena penjualannya tidak on-target. Karenanya, KiriminAja memberi panduan cara mencapai target penjualan di sini.

Apalagi, menetapkan target penjualan memang perlu dilakukan sebagai tujuan dan dasar menyusun strategi pemasaran. 

Daripada kelamaan, yuk simak pembahasan bagaimana cara bisa on target ala-ala playboy good looking tapi ga good rekening di sini.

Pengertian Target Penjualan

Target penjualan adalah nominal atau jumlah penjualan yang harus dicapai oleh suatu bisnis dalam kurun waktu tertentu. Nominal tersebut dapat menjadi tolak ukur keberhasilan dalam menjual produk atau jasa yang ditawarkan.

Target penjualan biasanya disusun dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti kualitas produk atau jasa yang ditawarkan, sumber daya dan kemampuan bisnis, serta pasar yang menjadi sasaran.

Membuat target penjualan penting untuk dilakukan karena dapat menjadi tujuan bisnis dan dasar dalam membuat strategi pemasaran dan penjualan produk.

Cara Mencapai Target Penjualan

Target penjualan dapat tercapai dengan merancang strategi yang sesuai dengan bisnis Anda. Berikut langkah-langkah umum yang perlu diperhatikan untuk mencapai target penjualan.

Buat Target Penjualan yang Spesifik dan Realistis

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat target penjualan yang jelas dan spesifik. Tetapkan angka penjualan yang ingin dicapai dalam kurun waktu tertentu.

Target tersebut dapat dibuat untuk kurun waktu bulanan atau tahunan. Selain itu, pastikan target yang ditetapkan realistis, sehingga dapat dicapai dengan usaha yang memadai.

Riset Target Pasar

Setelah menetapkan target, langkah selanjutnya ialah mempelajari pasar yang menjadi sasaran. Cari tahu apa yang diinginkan dan menjadi kebutuhan pasar.

Selain itu, carilah informasi lain untuk membuat strategi penjualan. Seperti preferensi konsumen, perilaku konsumen, hingga tren yang sedang berkembang.

Susun Strategi Pemasaran

Setelah mempelajari target pasar, buatlah strategi pemasaran yang tepat. Gunakan hasil riset pemasaran sebagai dasar pembuatannya agar strategi yang dibuat lebih terukur dan optimal.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun strategi ini antara lain penentuan harga yang tepat, promosi penjualan yang menarik, dan manajemen distribusi yang tepat.

Lakukan Campaign Pemasaran

Setelah strategi pemasaran dibuat, implementasikanlah dengan cara yang efektif. Lakukan campaign pemasaran baik secara langsung maupun online.

Anda dapat memanfaatkan media sosial dan metode pemasaran digital lainnya untuk promosi yang lebih praktis. Lakukan campaign pemasaran tersebut secara konsisten dan terukur.

Pantau Penjualan Secara Berkala

Selanjutnya, pantau kinerja penjualan secara berkala. Cari tahu apakah target dapat dicapai dan apa saja kendala yang ditemui dalam proses pemasaran. Lakukan pemantauan secara berkala agar proses penjualan berjalan lancar.

Evaluasi Strategi Penjualan

Langkah terakhir ialah menyusun evaluasi dari strategi penjualan yang sudah dilakukan. Pelajari kendala yang dihadapi dan tentukan cara mengatasinya.

Selain itu, selalu upgrade strategi penjualan karena pasar akan selalu mengalami perubahan. Sehingga strategi yang Anda miliki selalu relevan dengan keadaan pasar.

Cara Meningkatkan Target Penjualan

Anda tentu ingin bisnis yang dijalankan terus berkembang bukan? Salah satu indikasi bisnis yang berkembang ialah meningkatkan angka penjualan secara berkelanjutan.

Nah, untuk mencapainya Anda perlu meningkatkan target penjualan. Berikut telah KiriminAja rangkum langkah-langkah yang harus dilakukan untuk meningkatkan target penjualan.

Analisis Data Penjualan

Analisis data penjualan perlu dilakukan untuk mengetahui apakah strategi yang dijalankan efektif atau tidak. Yaitu dengan melihat kemampuan bisnis dalam mencapai target dan variabel yang mempengaruhi penjualan.

Dengan begitu dapat dilihat produk seperti apa yang dibutuhkan pasar dan kendala apa saja yang dihadapi dalam aktivitas penjualan.

Terus Memantau Pasar

Hal yang perlu diperhatikan dalam memantau pasar adalah perilaku konsumen, preferensi konsumen, dan tren yang berkembang. Sebab, ketiga hal tersebut akan selalu berubah.

Dengan memahami pasar, strategi penjualan yang Anda buat dapat terus diperbaiki untuk menyesuaikan perubahan pasar.

Tingkatkan Kualitas Produk

Kualitas produk menjadi salah satu pertimbangan bagi konsumen untuk melakukan pembelian. Dengan terus meningkatkan kualitas produk, konsumen akan semakin tertarik untuk membeli produk Anda.

Cari tahu masukan apa saja dari pelanggan tentang produk Anda. Sehingga perbaikan kualitas dapat menjawab kebutuhan mereka.

Menerapkan Strategi Pemasaran dengan Optimal

Strategi pemasaran yang baik tidak akan mendatangkan penjualan jika implementasinya tidak optimal. Untuk itu, lakukanlah semua strategi yang dibuat dengan semaksimal mungkin.

Misalnya dengan intensif melakukan campaign, baik secara offline maupun online. Strategi marketing campaign ini dapat mengenalkan produk ke pasar yang lebih luas.

Akan tetapi, hal ini perlu dilakukan dengan perencanaan matang agar mendatangkan penjualan. Anda dapat mempelajari lebih jauh tentang marketing campaign agar dapat mengoptimalkan strategi pemasaran.

Kunjungi artikel tentang bagaimana Anda bisa mengoptimalkan marketing campaign dan pelajari 5 cara sukses menembus pasar yang lebih luas. 

Sehingga, Anda memiliki langkah-langkah strategis bagaimana seharusnya  target penjualan bisnis Anda dapat berjalan dan terus ditingkatkan.

Evaluasi dan Perbaiki Strategi

Evaluasi perlu dilakukan untuk mencari tahu apakah strategi penjualan sudah tepat atau belum. Serta variabel apa saja yang menghambat aktivitas penjualan.

Dengan demikian, Anda dapat mengambil langkah selanjutnya untuk memperbaiki strategi agar penjualan terus meningkat. Lakukanlah evaluasi dan perbaikan strategi ini secara berkala.

Beri Layanan Kirim Paket Reliable

Salah satu masalah sepele yang jarang digarap dengan baik adalah problem pengiriman paket. Walau terkesan sepele, tapi ternyata di mata konsumen Anda, soal kurir adalah soal penting.

Karena itulah, Anda wajib menerapkan kebijakan tertentu terkait jasa ekspedisi yang digunakan. 

Anda harus bisa memastikan memakai jasa kurir yang reliable bagi Anda sendiri sebagai produsen sekaligus reliable bagi konsumen.

Untuk itulah, Anda bisa memakai KiriminAja sebagai mitra bisnis yang siap meng-handle urusan ekspedisi produk-produk bisnis online.

Sebagai aplikasi kirim paket #1 Indonesia, KiriminAja memudahkan Anda mengelola pesanan dan pengiriman.

Dengan memilih KiriminAja sebagai mitra bisnis di sektor logistik, Anda akan mendapatkan layanan manajemen ekspedisi paket yang punya biaya efisien dan reliable.

Melalui KiriminAja, Anda tidak perlu cemas pada masalah pengiriman, seperti paket yang hilang atau rusak. Apabila ada kendala, layanan pelanggan kami yang responsif siap membantu Anda.

Ditambah lagi, Anda juga bisa mendapatkan fitur inovatif KiriminAja yang bernama COD Advance. Dengan fitur ini, Anda dapat mencairkan dana COD sampai 50% saat paket telah berada di tangan kurir.

Benar sekali, Anda tak perlu menunggu hingga paket sampai ke tangan pelanggan. Dengan demikian, bisnis Anda dapat menjaga #CashFlowAman.

Ini artinya, KiriminAja memberikan kontrol penuh atas sistem logistik bisnis, memungkinkan Anda untuk mengatur margin keuntungan, serta menjaga cash flow bisnis tetap stabil.

Dengan begitu, Anda dapat lebih leluasa mengembangkan bisnis, seperti menjangkau pelanggan baru tanpa takut adanya error berlarut-larut.

Berita baiknya, untuk mendapatkan semua manfaat dan layanan premium ini, Anda tidak perlu repot.

Anda hanya perlu melakukan registrasi gratis di dashboard KiriminAja, lalu verifikasi data, dan langsung rasakan manfaat aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi?! Coba KiriminAja sekarang, demi menjaga #CashFlowAman Anda, fokus pada inovasi produk baru, memaksimalkan keuntungan, dan menjadikan bisnis lebih tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.