Cara Menulis Konten Viral dan Unik Dengan Cepat

Kinanthi Haksari
3 bulan yang lalu
445
Cara Menulis Konten Viral dan Unik Dengan Cepat

Di zaman serba digital dan sosial media ini, konten memang menjadi salah satu elemen yang sangat penting. Baik untuk sebuah portal edukasi hingga bisnis atau biasa disebut dengan berjualan. Namun tentu saja membuat sebuah konten yang sesuai dengan yang dibutuhkan bukanlah hal yang mudah.

Ya, membuat konten berkualitas tinggi dan viral secara teratur memanglah sulit. Namun customer, traffic, dan penjualan akhirnya Anda dapatkan dari hasil membuat konten tersebut. Ada beberapa cara untuk lebih mudah membuat konten yaitu dengan cara:

1. Menaikkan anggaran biaya (menyewa copywriter)

2. Memberikan lebih banyak waktu dalam membuat konten

3. Menulis konten dengan lebih cepat.

Cara pertama dan kedua sering kai di luar kendali dengan kata lain untuk bisnis baru kecil kemungkinannya untuk bisa dilakukan. Namun teruntuk cara ketiga, kemungkinan besar Anda bisa melakukannya. Jika Anda belum mencoba untuk mengoptimalkan kebiasaan menulis Anda, pertimbangkan lebih dulu untuk melakukanya sekarang. Ini mungkin dapat digunakan untuk menggandakan produktivitas Anda setelah beberapa penyesuaian.

Jika Anda bisa menghasilkan sebuah artikel lebih cepat dari yang Anda lakukan biasanya, mudah-mudahan Anda dapat mengambil beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan segera untuk mengurangi jumlah waktu yang Anda habiskan dalam membuat konten.

Menulis konten viral unik dan cepat adalah sebuah pilihan. Anda dapat memilih mengalokasikan waktu yang harus dibutuhkan untuk bekerja menciptakan sebuah konten yang menarik dan membangun brand Anda dengan baik.

Ciri Konten Berkualitas

Berikut ciri artikel berkualitas, yang dimana jika konten Anda memenuhi semua standar ini maka  bisa dikatakan bahwa Anda sudah melakukan permulaan dengan baik.

1. Konten yang Berkualitas Dapat Mudah Ditemukan (Findable)

Konten Anda akan percuma jika tidak ada yang membacanya. Karena itu, konten Anda harus mudah ditemukan setidaknya dengan dua cara sebagai berikut:

Dari dalam situs Anda. Jika seseorang sudah ada di dalam situs Anda, mereka harus bisa menemukan konten terbaru dan terbaik versi Anda.

Dri luar situs Anda. Hal ini berarti melalui mesin pencari. Orang-orang yang belum tau Anda tau website Anda harus dapat menemukan konten kam melalui pencarian Google.

Cara terbaik supaya mudah ditemukan mesin pencari yaitu menyesuaikan konten dengan kata kunci yang relevan. Lalu optimalkan konten Anda untuk kata kunci tersebut.

2.  Konten yang Berkualitas Dapat Dengan Mudah Dibaca dan Dipahami (Readable)

Keterbacaan merupakan hal yang penting untuk sebuah teks. Design yang bagus dan tulisannya yang baik terkait di dalamnya, konten yang terbaca berarti tidak berat untuk mata, jadi perhatikan hal-hal berikut ini:

Ukuran tulisan

Warna teks dan latar belakang. Misalnya coklat pada latar belakang hitam bukanlah ide yang baik.

Luas kolom. Terlalu luas suatu kolom akan membuat pembaca tersesat ketika bergerak kembali ke margin sebelah kiri.

Leading (jarak vertikal antar garis tidak terlalu dekat).

3.  Konten yang Menarik Selalu Mudah Diingat (Memorable)

Suatu konten yang menarik atau tidaknya itu hanya menghibur Anda selama 2 menit kemudian akan hilang dari pikiran, namun membuat Anda mengunjunginya dan merekomendasikannya ke teman atau kolega. Anda dapat membuat konten lebih mudah diingat dengan memastikan menjawab pertanyaan, “So what?”.

4.  Konten yang Menarik Dapat Dibagikan (Shareable)

Terdapat dua hal yang membuat konten dapat dibagikan, yaitu:

Orang ingin membagikannya. Ketika orang menemukan konten yang sangat menarik, mereka ingin menyebarkannya setidaknya mencantumkan di timeline Instagram

Konten mudah dibagikan. Buat lah konten yang mudah dibagikan oleh orang orang.

6 Cara Untuk Membuat Konten yang Berkualitas

Berikut adalah beberapa cara untuk membuat konten yang berkualitas:

1. Lakukan Riset Konten

Pahami benar tren belakangan ini. Selain itu, lakukan riset kepada pembaca agar konten Anda dapat tersalurkan dengan baik. Pantau konten dari kompetitor sebagai bahan perbandingan. Selain berkualitas, kemungkinan Anda juga dapat melebihi kompetitor Anda. Jadi, riset konten teliti supaya menghasilkan konten berkualitas.

2. Riset Keyword

Sering melakukan riset keyword setelah menemukan ide konten yang menarik. Sekarang ini, semua orang berbondong-bondong untuk membuat konten yang berkualitas agar dapat muncul di halaman pertama Google.

Salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan strategi content marketing ialah dengan cara melakukan riset keyword. Anda bisa menggunakan berbagai macam tools untuk riset keyword, seperti Ahrefs, Ubersuggest, dan lain sebagainya.

Kumpulkan beragam kata kunci yang akan dihasilkan dari ide konten yang sudah didapatkan. Kemudian, riset satu per satu sehingga menemukan kata kunci yang tepat.

3. Fokus Untuk Membuat Headline yang Kuat

Setelah menemukan ide konten serta kata kunci yang tepat, sebaiknya Anda fokus untuk membuat headline yang juga kuat. Pasalnya dilansir dari Neil Patel, headline atau judul yang bagus akan menarik perhatian yang besar terhadap para pembaca.

Tidak hanya itu saja, statistik dari Copyblogger juga menunjukkan bahwa 80% orang akan membaca headline-mu, tetapi hanya 20% dari orang-orang itu yang akan membaca sisa kontenmu. Kendati demikian, bukan berarti Anda hanya membuat headline yang kuat namun isi kontennya lemah.

Ingat, orang-orang akan kembali membaca website Anda jika kontenmu berkualitas Apabila isi kontenmu lemah, besar kemungkinan mereka tidak akan kembali lagi.

4. Cari Perspektif yang Unik

Ketika membuat konten berkualitas, sebisa mungkin cari cara untuk menemukan perspektif menarik. Hal ini diperlukan supaya hasil karya terlihat berbeda dari konten lain. Tonjolkan beberapa bagian yang sekiranya berbeda dan bahkan tidak ada dari konten lain.

Dengan begitu, bisa dipastikan orang akan tertarik untuk membaca kontenmu. Kembali lagi ke persoalan awal, salah satu caranya adalah dengan melakukan riset kompetitor. Sering kali semakin Anda rajin melakukan riset, akan semakin mudah menemukan perspektif unik yang akan dibuat.

5. Pilih Sumber Informasi yang Akurat

Berhati-hatilah dalam memilih sumber informasi untuk konten Anda. Usahakan untuk memilih sumber yang memiliki kredibilitas yang tinggi dan akurat. Karena semakin tinggi kredibilitas sumber informasi yang Anda pilih, pembaca akan semakin percaya lewat informasi-informasi yang Anda sajikan lewat kontenmu.

6. Kemas Konten Dengan Menarik

Bagaimana caranya supaya dapat mengemas konten dengan menarik? Salah satu caranya yaitu dengan membuat konten yang interaktif. Libatkan audiens di dalam konten Anda lewat beberapa pertanyaan yang Anda harus ajukan.

Meski dirasa sedikit ribet, namun percayalah jika Anda terus melatih diri untuk membuat konten viral yang juga berkualitas, maka Anda akan terbiasa dan tidak terjebak dalam pembuatan konten yang “asal viral”. Semoga membantu.