Omset Besar Tanpa Ribet: Trik Jitu Naikin Jualan Jajanan Tradisional Online

Akhmad Ilham Cahyono
4 bulan yang lalu
Bisnis
Cerita di setiap produk

Siapa bilang bisnis jajanan tradisional nggak bisa bersaing di dunia online? Masih banyak yang mengira kalau jajanan tradisional tidak bisa bersaing di dunia bisnis online.

Padahal faktanya, jajanan tradisional kini malah banyak digemari orang-orang. Banyak yang menggemarinya karena berbagai faktor seperti rasanya yang enak, karena nostalgia dan lain sebagainya.

Nah, buat kamu yang sedang bejualan jajanan tradisional dan ingin menaikkan penjualannya di online atau kamu yang baru mau menjajal bisnis ini, maka ini adalah tempat yang tepat.

Yuk, kita bahas bareng cara-cara agar penjualan jajanan tradisionalmu semakin meroket. Gak perlu bingung, karena tips ini pas banget buat kamu! Langsung saja kita bahas di bawah ini:

Penampilan Produk yang Menggoda

Jajanan tradisional biasanya punya keunikan tersendiri bahkan dari looks-nya saja sudah pasti unik dan menarik.

Hal yang harus kamu perhatikan jika ingin penjualan naik adalah soal penampilan produkmu di sosmed atau platform online lain.

Pastikan setiap produkmu terlihat menggoda di foto. Gunakan pencahayaan yang baik, tata letak yang apik, dan background yang pas. Kamu bisa mencoba variasi presentasi agar terlihat menarik.

Cerita di Setiap Produk

Jangan lupa sampaikan cerita di setiap produkmu, ini adalah daya tarik yang sekarang ini banyak digemari para pelanggan.

Ceritakan asal-usul, cara pembuatan, atau bahan-bahan unik yang kamu gunakan. Pelanggan suka merasa terhubung secara emosional dengan produk yang mereka beli. Bubuhkan hal-hal yang menyentuh hati biar konsumen merasa tersentuh.

Jelajahi Fitur Instagram Shopping dan Fitur Platform Lain

Instagram punya fitur khusus untuk penjualan online, namanya Instagram Shopping. Kamu bisa langsung menandai produkmu di postingan dan stories. Gampang banget kan, langsung klik beli!

Kalau kamu merasa belum cukup dengan Instagram, kamu bisa mencoba e-commerce, Facebook, Whatsapp, atau situs web sendiri.

Semakin besar kamu membuat daya jangkau maka kemungkinan produk jajanan tradisionalmu dikenal banyak orang.

Kolaborasi dengan Food Vlogger atau Influencer Lokal

Maksimalkan kekuatan kolaborasi dengan food blogger atau influencer lokal. Mereka punya daya pengaruh besar di dunia online.

Berikan mereka sedikit cerita tentang produkmu dan biarkan mereka berbagi pengalaman positif kepada followers mereka.

Pastikan juga kamu mengenal dengan baik food vlogger atau influencer itu agar tidak ada hal yang tidak diinginkan terjadi, ini juga salah satu langkah mengantisipasi adanya kerugian.

Program Diskon dan Promo Menarik

Siapa yang nggak suka diskon? Bikin program diskon atau promo menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu.

Ini bisa meningkatkan rata-rata keranjang belanja dan membuat pelanggan merasa mendapatkan nilai lebih.

Kemasan Menarik dan Ramah Lingkungan

Perhatikan kemasan produkmu. Kemasan yang menarik bisa meningkatkan daya tarik konsumen.

Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan kemasan ramah lingkungan. Pelanggan semakin peduli dengan hal ini dan bisa meningkatkan citra positif bisnismu.

Apalagi jajanan tradisional sangat cocok jika disandingkan dengan kemasan yang ramah lingkungan.

Strategi Penjualan Flash atau Limited Edition

Ciptakan keadaan darurat belanja dengan strategi penjualan flash atau limited edition.

Penjualan dengan jumlah terbatas atau waktu terbatas bisa menciptakan kegembiraan dan kebutuhan mendesak di mata konsumen.

Strategi ini akan membuat jajanan tradisionalmu terkesan eksklusif, dengan kesan mewah ini maka konsumen akan semakin yakin dengan produk bisnis jajanan tradisional kamu.

Konten Edukasi di Media Sosial

Manfaatkan media sosial untuk memberikan konten edukatif.

Bisa berupa cara membuat jajanan tradisional, cerita seputar warisan kuliner, atau informasi seputar kesehatan dari bahan-bahan yang digunakan.

Ini bisa membangun kepercayaan konsumen kepada produkmu.

Program Loyalitas Pelanggan

Bangun program loyalitas pelanggan. Berikan poin atau diskon khusus untuk pelanggan setia. Mereka yang merasa dihargai biasanya akan menjadi pelanggan yang setia juga.

Kemitraan dengan Platform Pengiriman Makanan

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk bekerja sama dengan platform pengiriman makanan. Ini memperluas jangkauan bisnismu dan memudahkan konsumen untuk mendapatkan jajanan tradisionalmu.

Ingat, keberhasilan dalam bisnis jajanan tradisional online membutuhkan kombinasi kreativitas, dedikasi, dan pemahaman mendalam tentang pasar dan pelanggan.

Tapi bagaimana misal kamu udah coba semua cara tapi belum juga omset naik? Tenang, KiriminAja punya trik jitu untuk bantuin bisnismu makin sukses!

Jadi, bayangkan aja, kamu lagi sibuk bikin kue lebaran atau makanan tradisional unik lainnya buat dijual online.

Tapi, yang bikin pusing, gimana caranya supaya produkmu sampai ke pelanggan dengan cepat dan aman? Ini dia jawabannya!

Dengan KiriminAja, aplikasi kirim paket #1 di Indonesia, kamu nggak perlu ribet lagi mikirin masalah pengiriman.

Kenapa? Karena KiriminAja punya kecepatan dan keamanan pengiriman yang juara! Jangan heran kalau pelanggan bakal senang dan puas deh.

Dengan KiriminAja, arus kas bisnismu aman dan bisnismu jadi lebih tenang. Keren, kan?

Gimana caranya? KiriminAja ngasih solusi pengiriman yang cepat, aman, dan terpercaya.

Jadi, nggak perlu khawatir lagi soal paket yang hilang atau rusak. Ini dia cara supaya jualan online jajanan tradisionalmu makin melejit.

KiriminAja punya jaringan luas dan teknologi canggih, jadi paketmu bisa sampai lebih cepat ke pelanggan. Pelanggan senang, omsetmu senang!

Setiap pengiriman paketmu dengan KiriminAja sudah termasuk asuransi gratis. Jadi, kalau ada apa-apa, KiriminAja yang nanggung. #CashFlowAman!

Kamu bisa lacak paketmu dari hape, lho! Jadi, nggak perlu mikirin, "Paketku udah sampai belum ya?" Dijamin pelanggan makin percaya.

KiriminAja punya promo ongkir yang bikin hemat banget. Jadi, nggak perlu takut ongkos kirim bikin pelanggan kabur!

Jadi, Kamu yang lagi fokus naikin penjualan jajanan tradisional online, yuk langsung aja daftar gratis di Dashboard KiriminAja biar #CashFlowAman, bisnis jadi tenang, omset makin besar! Coba sekarang, rasain bedanya!

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Akhmad Ilham Cahyono
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.