Cash On Delivery (COD)

Kinanthi Haksari
1 bulan lalu
147
Cash On Delivery (COD)

Belakangan ini sistem Cash On Delivery (COD) menjadi sebuah sistem perdagangan yang tengah trend di kalangan masyarakat, banyak pelaku bisnis online yang kerap menerapkan sistem ini karena dinilai lebih efisien dan efektif, lantas apa itu Cash On Delivery ? berikut ulasannya.


Sistem Cash on Delivery (COD)

Merupakan sebuah layanan pembayaran secara langsung atau tatap muka ketika produk sampai di tempat pembeli/ tempat yang disepakati. Adanya fitur COD ini sangat bermanfaat bagi para customer karena mereka tidak harus repot membayar via online dan e-wallet, para customer dengan mudah dapat secara langsung bertemu dan melakukan pembayaran kepada penjual atau pihak perantara.

Adanya sistem COD juga dianggap cukup menguntungkan karena dapat meminimalkan dan menghindari penipuan yang kerap terjadi dalam proses jual beli online, apabila customer tidak mengaktifkan fitur COD ini makan secara otomatis produk tersebut akan dikirim ke alamat yang telah diberikan sebelumnya. Umumnya keberadaan fitur COD juga kerap dijadikan tolok ukur dari kredibilitas suatu toko online, karena itu sangat penting untuk Anda para pelaku bisnis memberikan kesempatan untuk para pelanggan memilih sistem ini dalam proses pembayarannya, metode pembayaran Cash On Delivery (COD)  memungkinkan para customer untuk dapat melakukan pengecekan produk terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran sehingga mampu memberi rasa aman dan percaya kepada customer.


Lalu Bagaimana Biaya Ongkos Kirimnya ?

Karena sistem pembayaran dilakukan pada tempat pembeli atau tempat yang disepakati tentunya para pemilik bisnis harus merogoh kocek lebih untuk biaya operasional pengiriman produk, sehubungan dengan hal ini maka Anda harus mempertimbangkan ada dan tidaknya serta besar dan kecilnya ongkos kirim yang dipatok, sebenarnya soal biaya ongkos kirim dari cash on delivery service tergantung dari kesepakatan tersendiri antara pemilik bisnis dan calon pembeli, jika dirasa range wilayah sang pembeli terlalu jauh dari wilayah Anda berada saat ini, Anda dapat memberikan tambahan biaya untuk pelanggan Anda ataupun yang lain, terima kasih.

Itu dia penjelasan mengenai apa itu cash on delivery, semoga penjelasan tersebut dapat memberi wawasan dan manfaat ya untuk Anda.