Cara Cek Resi J&T Economy dengan Mudah

Pamungkas
1 tahun lalu
Teknologi Bisnis
Cara Cek Resi JNT Economy lengkap

Salah satu layanan unggulan JNT adalah JNT Economy yang banyak digunakan masyarakat. Untuk itu, sebagai orang yang aktif di bisnis online, Anda perlu tahu cara cek resi JNT Economy.

JNT atau yang secara resmi dikenal sebagai J&T adalah salah satu layanan jasa kurir terbaik di Indonesia. Bagi Anda yang sering ada di ekosistem belanja online pasti sudah tidak asing lagi bukan?!

Sebagai penyedia jasa pengiriman yang cukup besar, JNT memiliki jangkauan cukup luas. JNT memiliki hampir sekitar 100 pusat gerbang dan lebih dari 4.000 outlet di seluruh wilayah Indonesia.

Hal tersebut memungkinkan bagi JNT untuk melakukan pengiriman ke berbagai wilayah dengan mudah. Misalnya pengiriman antar kota, antar provinsi, hingga ke luar luar pulau. 

Dengan menggunakan JNT, Anda dapat memilih berbagai layanan pengiriman yang ditawarkan. Salah satunya adalah JNT ekonomi. Yaitu pengiriman dengan harga yang terjangkau atau ekonomis.

Akan tetapi, layanan ini hanya tersedia untuk penjual terpilih di sejumlah kota. Yaitu kota Bekasi, Bogor, Depok, Jakarta, Bandung, Tangerang, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

Jika menggunakan layanan ini, Anda dapat memilih opsi pengiriman barang dengan pick up atau antar ke counter. Syaratnya, barang atau paket yang akan dikirim memiliki berat maksimal 50 kg.

Menariknya lagi, Anda juga dapat melihat status pengiriman paketnya lho. Yaitu dengan melakukan cek resi JNT Economy. Lalu bagaimana cara mengeceknya?

Berikut telah KiriminAja rangkum beberapa cara untuk cek resi JNT Economy. Akan tetapi kita bahas terlebih dahulu apa itu resi ya agar lebih mudah dalam melakukan pengecekan.

Apa itu Resi Pengiriman?

Resi pengiriman adalah dokumen yang cukup penting untuk diketahui pembeli. Sebab, resi menjadi bukti bahwa barang telah diterima oleh jasa ekspedisi dan siap untuk diantarkan.

Sehingga, dokumen ini dapat Anda gunakan jika terjadi masalah dalam proses pengiriman. Seperti barang rusak, barang hilang, dan sebagainya.

Bentuk resi biasanya berupa kumpulan nomor unik yang diberikan oleh penyedia jasa ekspedisi atau pihak JNT. Di mana nomor tersebut diperoleh setelah Anda menyelesaikan transaksi pembayaran.

Dalam resi pengiriman, biasanya tercantum informasi tentang pengirim, penerima, tanggal kirim, dan jalur pengiriman. 

Selain menjadi bukti pengiriman, resi juga memiliki fungsi lain lho. Yaitu dapat digunakan untuk melihat status pengiriman paket. Tujuannya adalah untuk melacak lokasi dan mencari tahu kapan paket akan datang.

Resi adalah identitas unik untuk setiap paket pengiriman. Sebagai contoh, resi untuk JNT Economy tentu beda dengan resi J&T Cargo. Perbedaan lainnya adalah cara cek resinya.

Tentu saja, Anda bisa tracking J&T Cargo dengan berbagai cara. Untuk memahaminya, KiriminAja sudah menyiapkan panduan tracking J&T Cargo yang memang berbeda dengan JNT Economy.

Lalu bagaimana cara melakukan cek resi? Kita lanjut ke pembahasan berikutnya ya.

Cara Cek Resi JNT Economy

Ada beberapa alternatif yang digunakan untuk melakukan cek resi JNT Ekonomi. Yaitu dengan melalui website JNT, marketplace, outlet JNT, dan KiriminAja.

Berikut pembahasan lengkapnya.

Cek Resi JNT Economy Melalui Website

Metode pertama yang dapat Anda coba untuk cek resi ialah melalui website resmi JNT. Berikut langkah-langkahnya:

  • Dapatkan nomor resi terlebih dahulu. Anda dapat memintanya ke penjual atau cek langsung di marketplace yang digunakan.
  • Kemudian, kunjungi website resmi JNT, yaitu Jet.co.id melalui ponsel Anda
  • Pada tampilan awal akan ada kolom TRACE & TRACK. Masukan nomor resi ke kolom tersebut kemudian klik Search
  • Tunggu proses selesai dan Anda akan mendapatkan informasi tracking paket secara live.

Cek Resi JNT Economy Melalui Outlet JNT Langsung

Cek resi JNT Economy juga dapat dilakukan melalui outlet JNT secara langsung. Berikut langkah-langkahnya.

  • Carilah outlet JNT terdekat lewat google maps
  • Datang ke outlet dan katakan kepada petugas bahwa Anda ingin melakukan cek resi JNT Economy
  • Kemudian berikan nomor resi kepada petugas
  • Tunggu sebentar lalu petugas akan memberitahu posisi paket Anda sudah sampai di mana
  • Jika paket tersebut sudah sampai di gudang kantor cabang tersebut, Anda juga dapat mengambilnya langsung tanpa harus diantar oleh kurir.

Cek Resi JNT Economy Melalui KiriminAja

Sebagai platform penyedia jasa aggregator ekspedisi, KiriminAja juga menyediakan fitur untuk cek resi berbagai ekspedisi. Termasuk cek resi untuk pengguna JNT Economy.

Sebab, JNT telah mensinergikan layanannya dengan KiriminAja untuk memaksimalkan pelayanan kepada pelanggan. 

Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk cek resi JNT Economy melalui KiriminAja.

  • Pastikan Anda sudah memiliki nomor resi JNT Economy via KiriminAja terlebih dahulu
  • Kemudian, buka website KiriminAja.com
  • Selanjutnya klik garis tiga di bagian pojok atas
  • Pilih menu Lacak
  • Masukan nomor resi ke dalam kolom No Resi dan klik Lacak Paket
  • Tunggu sebentar, kemudian Anda akan mendapatkan informasi terkait tracking paket Anda

KiriminAja hadir agar Anda tidak sekedar bisa cek resi J&T economy. KiriminAja juga hadir agar Anda tidak perlu bingung atau kesal menghadapi urusan pengiriman paket.

Selain itu, dengan KiriminAja, Anda juga bisa pilih berbagai layanan ekspedisi yang super handal dan terpercaya. 

Tak cuma sampai di situ, KiriminAja memungkinkan Anda dapat layanan kirim paket dengan harga hemat tapi berkualitas. Jadi, enggak perlu takut lagi deh kalo paketnya hilang atau bermasalah.

Yuk, mendaftar di dashboard KiriminAja untuk menikmati berbagai layanan manajemen jasa kurir unggulan Indonesia.

Jadi, hidup Anda tidak akan terbebani dengan cek resi JNT Economy atau permasalahan pengiriman paket lainnya. Sehingga bisnis jadi tenang dan hidup Anda makin happy.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.